Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar ekonomi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geger Madiun) / Irmawati

Main Author: Irmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/61164/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelProblemBasedLearningkualitasprosespembelajarandanhasilbelajarPembelajaranEkonomidiSMAmenekankanpemberianpengalamanbelajarsecaralangsungdengankatalainmetodepembelajarandenganteacher-centeredharusdiubahmenjadistudent-centered.Tujuannyaagarsiswamampuberpikirkritisdankreatifsertalebihpekamenghadapimasalahyangterjadidalamkehidupansehari-hari.KTSPmenekankanpembelajaranEkonomidisekolahharusmampumengarahkansiswauntukberpikirditerapkansecarainkuiriilmiah(scientificinquiry).Tujuannyaagarsiswamampuberpikirbekerjadanbersikapsertamengkomunikasikannyasebagaiaspekpentingkecakapanhidup(lifeskill).StandarisimemuatkeharusanbagigurumampumenyusunsilabussertaRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)secaramandiriyangdisesuaikandengankeadaanpadatiap-tiapsekolahhalinimenunjukkanbahwasekolahharusmampumenjadikanlingkungannyasebagaimediapembelajaranyangefektifbagisiswa.DiSMANegeri1GegerMadiunsiswabelumaktifkualitasprosespembelajaranbelumdilatihkandanhasilbelajarkognitifdibawahKKMsehinggapenelitianiniinginmenerapkanpembelajaranProblemBasedLearninguntukmeningkatkankualitasprosespembelajarandanhasilbelajarsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalamduasiklusdanmasing-masingsiklusterdiridaritigakalipertemuan.Pengumpulandatadilaksanakanmulaitanggal1Meisampai22Mei2012.SubjekyangditelitiadalahsiswakelasXASMANegeri1GegerMadiunyangberjumlah32siswaterdiridari12siswalaki-lakidan20siswaperempuan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkankualitasprosespembelajarandanhasilbelajarEkonomisiswakelasXASMANegeri1GegerMadiun.Peningkatankualitasprosespembelajarandengankriteriabaiksekali(BS)danbaik(B)darisiklusIsebanyak25siswa(78%)dansiklusIIsebanyak32siswa(100%).MeningkatnyahasilbelajarEkonomisiswadikelasXASMANegeri1GegerMadiunhalinididasarkanpadapeningkatanjumlahsiswayangtuntasbelajardarisiklusIkesiklusIIsebanyak30siswa(94%).Rata-ratanilaihasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatan76%dari777disiklusIdan853padasiklusII.Berdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilaksanakanmakapenelitidapatmemberikansaranyaitu1)bagigurubidangstudidisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajaraninipadamateridengankarakteristikyangsesuaiyaituyangberhubunganlangsungdenganlingkungandankehidupansiswa2)parapenelitilainyanginginmenggunakanmodelpembelajaranyangsamahendaknyajugamenelitiaspeklainselainaspekkognitifpadahasilbelajarsiswayaituaspekafektifdanaspekpsikomotor3)parapenelitilainhendaklahmenampilkanmasalahdaripengamatanlangsungagarsiswamelihatpermasalahansecaralangsungdenganpenugasandiluarjampelajaran.Padapenelitianinimasalahberasaldaritayanganfototujuannyauntukmenghematwaktu.