Penerapan model quantum teaching pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pungging Pasuruan / Siti Rohanah

Main Author: Rohanah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6115/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRohanahSiti.2016.PenerapanQuantumTeachingpadaPembelajaranPKnuntukMeningkatkanAltivitasdanHasilBelajarSiswaKelasIVSDNPunggingPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbig(I)Drs.DimyatiS.Pd.M.Pd(II)MuchtarS.Pd.M.Si.KataKunciQuantumTeachingaktivitashasilbelajar.BerdasarkanobservasidanwawancarakepadagurudansiswaSDNPunggingpadasaatpembelajaranPKnditemukanpermasalahan(1)gurumenggunakanpendekatankonvensionalyaituteachercenter(2)sebanyak10dari13siswamengikutipembelajarandenganpandangankosong(3)siswamengganggutemanyangmemperhatikanpenjelasangurudan(4)siswabelummampumenjawabpertanyaandariguru.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)mendeskripsikanpenerapanQuantumTeachingpadapembelajaranPKndikelasIVSDNPunggingPasuruan(2)mendeskripsikanaktivitasbelajarsiswamelaluipenerapanmodelQuantumTeachingpadapembelajaranPKndikelasIVSDNPunggingPasuruandan(3)mendeskripsikanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodelQuantumTeachingpadapembelajaranPKndikelasIVSDNPunggingPasuruan.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Pengumpulandatamenggunakantenikwawancaraobservasitesdanmetodedokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituanalisisdeskriptifkualitatifdengantahapanpemaparandatareduksidatapengelompokkansesuaifokusmasalah.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaQuantumTeachingpadapembelajaranPKndikelasIVSDNPunggingPasuruansudahditerapkandengankerangkaTANDURsecarautuhdansistematisyangterdiridari1)Ttumbuhkan2)Aalami3)Nnamai4)Ddemonstrasi5)Uulangidan6)Rrayakan.PadapratindakandataaktivitasbelajarsiswahanyamendengarkandanmencatatpadasiklusIdataaktivitassiswayaitukerangkaTANDURyangterdiridari1)menjawabpertanyaan(Ttumbuhkan)2)bermainkartu(Aalami)3)membuatbagan(Nnamai)4)bernyanyi(Ddemonstrasi)5)mengerjakanteka-tekisilang(Uulangi)dan6)mendapatbintangprestasi(Rrayakan).DarisiklusIkesiklusIIsebanyak11dari13siswamengalamipeningkatanaktivitasbelajar.PadapratindakankesiklusIsebanyak11dari13siswamengalamipeningkatanhasilbelajar.PadasiklusIkesiklusIIsebanyak11dari13siswamengalamipeningkatanhasilbelajar.BerdasarkandatadapatdisimpulkanbahwapenerapanQuantumTeachingpadapembelajaranPKndapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasIVSDNPunggingPasuruan.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankandalampelaksanaanpembelajaransebaiknyagurulebihmenumbuhkanmotivasisiswasehinggasiswamemperhatikanpenjelasangurudanmenjadilebihbersemangatketikabelajar.