Pengembangan Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) model praktikum bagi siswa jurusan IPS kelas XI SMA Negeri8 2 Sumbawa Besar / Ansari
Main Author: | Ansari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/61135/ |
Daftar Isi:
- ProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SunaryantoM.Ed.(II)Prof.Dr.BambangSugengMA.MM.AkKatakunciPengembanganBukuLatihanSiklusAkuntansiPerusahaanJasa(BLSAPJ)ModelPraktikum.Menyusunilustrasidatatentangmaterisoaltransaksiperusahaanjasauntukduapriodepembukuandalamsebuahbukulatihanakuntansidenganmodelpraktikumsangatdibutuhkanolehsiswasebagaisaranadalammemfasilitasikesenjanganantaramateriyangdiperolehdenganpengalamansosialyangdiperolehsehari-hari.MengingatpentingnyapemenuhankebutuhanbelajarsesuaidengankarakteristiksiswamakaperludisusunsuatuBukuLatihanSiklusAkuntansiPerusahaanJasa(BLSAPJ)yangvalidpraktisdanefektifbagisiswakelasXIIPSdiSMANegeri2SumbawaBesar.TujuandaripenelitianiniadalahmenghasilsebuahprototipebahanajarberupaBukuLatihanSiklusAkuntansiPerusahaanJasa(BLSAPJ)yangvalidpraktisdanefektifbagisiswakelasXIIPSdiSMANegeri2SumbawaBesar.ModelyangdigunakandalampengembanganperangakatpembelajaraniniadalahModelThiagarajanSemmelandSemmelyanglebihdikenaldenganmodel4-D(Four-D)yangterdiridari(1)TahapDefine(pendefinisian)(2)TahapDesign(perancangan)(3)TahapDevelop(pengembangan)dan(4)TahapDisseminate(penyebaran).HasilvalidasiduavalidatorterhadapBLSAPJuntuksiswadanpegangangururata-rata89%(sangatvalid).DemikianjugadenganhasilvalidasiterhadappedomanBLSAPJuntuksiswadanpeganganguru91%(sangatvalid).Selanjutnyahasilujiperorangan(keterbacaan)terhadapBLSAPJmenunjukkan80%mudahdipahami.Kemudianujikelompokkeciltentangketerlaksanaan1dan2responsiswaterhadapBLSPJmenunjukkan88%ujiketerlaksanaanrata-rata89%termasukdalamkreteriasangatpraktisuntukdilaksanakan.Hasilpenilaianpre-testdanpos-testmenujukkanperubahanyangsignifikandimanarata-ratanilaipre-test74danrata-ratanilaipos-test85ataumengalamikenaikkannilairata-rata14%.Nilairata-ratapos-test85beradadiatasKKMyangditetapkanartinyapenggunaanBLSAPJdikatakanefektifdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Kelebihandaribukulatihanadalahdisusunsecarasistimatissesuaikarakteristiksiswadilengkapipetunjukpraktissehinggamemudahkangurumengelaborasikanmateriyangdisampaikan.Adapunkelemahandaribukulatihanyangdikembangkanadalahpembahasanteoritidakdilakukansecaramendalamsehinggamasihmemerlukankajianreferensilainuntukmemperluaspemahamansiswa.