Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap perilaku konsumsi mahasiswa melalui hasil belajar peserta matakuliah pengantar ekonomi mikro di Fakultas Ekonomi UM / Sulikah

Main Author: Sulikah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/61115/
Daftar Isi:
  • TesisJurusanPendidikanEkonomiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SunaryantoM.Ed(II)Prof.Dr.BambangBanuSiswoyoM.MKatakuncikecerdasanemosionalkecerdasanspiritualhasilbelajardanperilakukonsumsi.Konsumsimerupakanbagianyangtidakdapatdipisahkandarikehidupanmanusiasehari-hari.Manusiasenantiasaberusahauntukmemenuhikebutuhanhidupnyamulaidarikelahirannyadiduniahinggaakhirhidupnya.Olehkarenaitukonsumsimemegangperananpentingdalamkehidupanmanusia.MahasiswaFakultasEkonomiyangtelahmenempuhmatakuliahpengantarekonomimikrodiharapkanmampuuntukberperilakukonsumsiyangbaiktetapikenyataanyamasihjauhdariharapan.Telahbanyakdilakukanpenelitianterkaitdenganfaktor-faktoryangmempengaruhiperilakukonsumsitetapibelumadapenelitianyangmenelititentangpengaruhkecerdasanemosionaldanspiritualterhadapperilakukonsumsi.Untukitulahpenelititertarikuntukmelakukanpenelitiantentangpengaruhkecerdasanemosionalspiritualdanhasilbelajarterhadapperilakukonsumsi.Penelitianinibertujuanuntuk(1)menganalisispengaruhlangsungkecerdasanemosionalkecerdasanspiritualdanhasilbelajarterhadapperilakukonsumsimahasiswapesertamatakuliahpengantarekonomimikrodiFakultasEkonomiUM(2)menganalisispengaruhtidaklangsungkecerdasanemosionalkecerdasanspiritualterhadapperilakukonsumsimahasiswamelaluihasilbelajarpesertamatakuliahpengantarekonomimikrodiFakultasEkonomiUM.Penelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekatankuantitatifdanhubunganantarvariabelyangbersifatkausalsertadigambarkanberdasarkananalisisjalur.PenelitianinidilakukandiFakultasEkonomiUMdengansampelsebanyak80orang.Sampeldipilihdenganmenggunakanteknikproporsionalrandomsampling.Datadikumpulkandenganinstrumenberupaangketsertadokumentasiuntukvariabelhasilbelajarpengantarekonomimikro.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisjalur.Hasilpenelitianmenunjukkan1)kecerdasanemosionalberpengaruhterhadapperilakukonsumsimahasiswa2)kecerdasanspiritualberpengaruhterhadapperilakukonsumsimahasiswa3)kecerdasanemosionalberpengaruhterhadaphasilbelajarmahasiswa4)kecerdasanspiritualtidakberpengaruhterhadaphasilbelajarmahasiswa5)hasilbelajartidakberpengaruhterhadapperilakukonsumsimahasiswa6)kecerdasanemosionaltidakberpengaruhterhadapperilakukonsumsimahasiswasecaratidaklangsungmelaluihasilbelajar7)kecerdasanspiritualtidakberpengaruhterhadapperilakukonsumsimahasiswasecaratidaklangsungmelaluihasilbelajar.Terkaitdenganhasilpenelitianinimakadisarankanagar1)pembelajaranmatakuliahpengantarekonomimikrosebaiknyajugamenekankanaspekyanglainyaituafektifdanpsikomotorik.Selainitusebaiknyapelaksanaantesjugalebihvariatiflagisehinggajugadapatmengukursikap(afektif)dariparapesertamatakuliahtersebut.2)mahasiswapesertamatakuliahpengantarekonomimikrohendaknyamampumengontrolemosidenganbaikagarsuksesdalamperkuliahansertamemunculkanmotivasidalamberprestasi.