Penerapan numbered heads together dan Think Pair Share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-AK pada mata pelajaran Akuintasadi Dasar di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto / Khoirun Nadliroh
Main Author: | Nadliroh, Khoirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60996/ |
Daftar Isi:
- vABSTRAKNadlirohKhoirun.2018.PenerapanNumberedHeadsTogetherdanThinkPairShareUntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelasX-AK1padaMataPelajaranAkuntansiDasardiSMKNegeri1KemlagiMojokertoTesis.JurusanPendidikanBisnisdanManajemenProgramPascasarjanaUniversitasMalangPembimbing(1)Prof.Dr.EryTriDjatmikaR.W.W.M.A.M.Si.(2)Dr.AniekIndrawatiS.Si.M.M.KeywordNumberedHeadsTogetherdanThinkPairShareMotivasibelajarHasilbelajarPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dipadudenganThinkPairShare(TPS)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.YangmenjaditujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranNHTdanTPSsesuaidengansintaksuntukmengetahuipenerapanmodelpembelajaranNHTdanTPSdapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswadanuntukmengetahuifaktorpendukungdanpenghambatpenerapanmodelpembelajaranini.Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch).PenelitianinidilaksanakanpadabulanSeptember2017yangmeliputiduasiklusdanmasing-masingsiklusterdapatduakalipertemuan.PenelitianinimenggunakanmetodeperpaduanduamodelpembelajaranyaituNumberedHeadsTogetherdenganThinkPairSharedisetiappertemuannya.SubyekpenelitianadalahsiswaKelasX-AK1SMKNegeri1Kemlagiyangberjumlah32siswapadatahunpelajaran2017-2018.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilobservasiketerlaksanaanpenerapanmodelpembelajaranNHTdanTPSsudahsangatbaikterbuktipadasiklusIrata-rataskorsebesar8158%dansiklusIIsebesar9474%.UntukmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar1149%.HasilbelajarpadasiklusImenunjukkanpersentaseketuntasanbelajarpre-testsebesar5313%mengalamipeningkatanpadapost-testsebesar75%halinimenunjukkanadanyapeningkatanpersentasepre-testkepost-testsebesar2187%.PadasiklusIIpersentaseketuntasanbelajarpre-testsebesar7813%mengalamipeningkatanpadapost-testsebesar9375%halinimenunjukkanadanyapeningkatanpre-testkepost-testsebesar1562%.Berdasarkanrata-ratapersentaseketuntasanbelajarsiklusIdansiklusIIdapatdinyatakanmeningkatdenganadanyabuktibahwarata-ratapersentaseketuntasanbelajarpadasiklusIsebesar6407%dansiklusIIsebesar8594%sehinggaterjadipeningkatansebesar2187%.HalinidapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranNHTdanTPSsudahsesuaidengansintakspenerapanmodelpembelajaranNHTdanTPSjugadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswaKelasXAk1SMKNegeri1KemlagiKabupatenMojokerto.