Peningkatan hasil belajar dan self esteem siswa pada mata pelajaran pelayanan kepada pelanggan melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Fan-N-Pick dengan carousel feedback (studi pada siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Eva Mirza Syafitri

Main Author: Syafitri, Eva Mirza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60961/
Daftar Isi:
  • SyafitriEvaMirza.2014.PeningkatanHasilBelajardanSelfEsteemSiswaMelaluiPenerapanKolaborasiModelPembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbackPadaMataPelajaranPelayananKepadaPelanggan(StudipadaSiswaKelasXIAPKSMKMuhammadiyah2Malang).Tesis.ProgramStudiPendidikanBisnisdanManajemenProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si.(II)Dr.SuwarniM.Si.Keywordshasilbelajarselfesteemfannpickcarouselfeedback.1228812288122881228812288RendahnyahasilbelajarsiswakelasXIAPKSMKMuhammadiyah2MalangmerupakanmasalahyangdihadapiolehgurudalammatapelajaranPelayanankepadaPelanggan.HalinidisebabkanolehtigafaktoryaitudarifaktorinternalsiswameliputikaraktersiswaXIAPKyangcepatbosansertarendahnyaselfesteemsiswadibuktikandenganhasildariangketselfesteemyangmenyatakanbahwasebagianbesarsiswaXIAPKmemilikiselfesteemrendahfaktoreksternalsiswayaitukesenjanganantarsiswadikelasdanfaktorpendekatanbelajargurubelummampumenerapkanmodelpembelajaranyangsesuai.Olehkarenaituperluditerapkanmodelpembelajaranyangtepatuntukmenyelesaikanpermasalahantersebutkarenapadabeberapapenelitianterbuktibahwapembelajarankooperatifmampumenyelesaikanpermasalahantersebut.1228812288122881228812288TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapankolaborasimodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbackdalampembelajaranPelayananKepadaPelanggandikelasXIAPKSMKMuhammadiyah2Malangdapatmeningkatkanprestasiakademikdanselfesteemsiswa.AnalisisdatapadapenelitianinimerupakananalisisdeskriptifkualitatifdenganmenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)(CAR-ClassroomActionResearch)yangterdiridariduasiklussetiapsiklusterdiriatasPlanningPerencanaanactingobservatingtindakandanpengamatanreflectingperefleksiandanreviseplanperbaikanrencana.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerobservasiwawancaratesdokumentasidancatatanlapangan.122881228812288HasilpenelitianinimenunjukanbahwasetalahpenerapankolaborasimodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbackdalampembelajaranpelayanankepadapelangganpadasiswaXIAPKSMKMuhammadiyah2Malangmampumeningkatkanhasilbelajarsiswayangmeliputinilaikognitifdanafektifsiswa.SebelumpenerapankolaborasimodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbacksebagianbesarsiswamemilikiselfesteemrendahakantetapisetelahditerapkannyakolaborasimodelinimampumeningkatkanselfesteemsiswapadamatapelajaranPelayananKepadaPelanggankelasXIAPKSMKMuhammadiyamalang.SebagianbesarsiswamemilikiselfesteemtinggisetelahditerapkannyamodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedback.1228812288122881228812288Dapatdilakukanpenelitianlebihlanjutterhadapsiswayangmasihbelummengalamipeningkatanprestasiakademikpadapenelitianini.PenelitiselanjutnyajugabisamenerapkankolaborasimodelFanNPickdenganCarouselFeedbackdenganmenggunakankompetensidansubyekpenelitianyangberbeda.