Peningkatan hasil belajar dan self esteem siswa pada mata pelajaran pelayanan kepada pelanggan melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Fan-N-Pick dengan carousel feedback (studi pada siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Eva Mirza Syafitri
Main Author: | Syafitri, Eva Mirza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60961/ |
Daftar Isi:
- SyafitriEvaMirza.2014.PeningkatanHasilBelajardanSelfEsteemSiswaMelaluiPenerapanKolaborasiModelPembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbackPadaMataPelajaranPelayananKepadaPelanggan(StudipadaSiswaKelasXIAPKSMKMuhammadiyah2Malang).Tesis.ProgramStudiPendidikanBisnisdanManajemenProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.BudiEkoSoetjiptoM.EdM.Si.(II)Dr.SuwarniM.Si.Keywordshasilbelajarselfesteemfannpickcarouselfeedback.1228812288122881228812288RendahnyahasilbelajarsiswakelasXIAPKSMKMuhammadiyah2MalangmerupakanmasalahyangdihadapiolehgurudalammatapelajaranPelayanankepadaPelanggan.HalinidisebabkanolehtigafaktoryaitudarifaktorinternalsiswameliputikaraktersiswaXIAPKyangcepatbosansertarendahnyaselfesteemsiswadibuktikandenganhasildariangketselfesteemyangmenyatakanbahwasebagianbesarsiswaXIAPKmemilikiselfesteemrendahfaktoreksternalsiswayaitukesenjanganantarsiswadikelasdanfaktorpendekatanbelajargurubelummampumenerapkanmodelpembelajaranyangsesuai.Olehkarenaituperluditerapkanmodelpembelajaranyangtepatuntukmenyelesaikanpermasalahantersebutkarenapadabeberapapenelitianterbuktibahwapembelajarankooperatifmampumenyelesaikanpermasalahantersebut.1228812288122881228812288TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapankolaborasimodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbackdalampembelajaranPelayananKepadaPelanggandikelasXIAPKSMKMuhammadiyah2Malangdapatmeningkatkanprestasiakademikdanselfesteemsiswa.AnalisisdatapadapenelitianinimerupakananalisisdeskriptifkualitatifdenganmenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK)(CAR-ClassroomActionResearch)yangterdiridariduasiklussetiapsiklusterdiriatasPlanningPerencanaanactingobservatingtindakandanpengamatanreflectingperefleksiandanreviseplanperbaikanrencana.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerobservasiwawancaratesdokumentasidancatatanlapangan.122881228812288HasilpenelitianinimenunjukanbahwasetalahpenerapankolaborasimodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbackdalampembelajaranpelayanankepadapelangganpadasiswaXIAPKSMKMuhammadiyah2Malangmampumeningkatkanhasilbelajarsiswayangmeliputinilaikognitifdanafektifsiswa.SebelumpenerapankolaborasimodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedbacksebagianbesarsiswamemilikiselfesteemrendahakantetapisetelahditerapkannyakolaborasimodelinimampumeningkatkanselfesteemsiswapadamatapelajaranPelayananKepadaPelanggankelasXIAPKSMKMuhammadiyamalang.SebagianbesarsiswamemilikiselfesteemtinggisetelahditerapkannyamodelpembelajaranFanNPickdenganCarouselFeedback.1228812288122881228812288Dapatdilakukanpenelitianlebihlanjutterhadapsiswayangmasihbelummengalamipeningkatanprestasiakademikpadapenelitianini.PenelitiselanjutnyajugabisamenerapkankolaborasimodelFanNPickdenganCarouselFeedbackdenganmenggunakankompetensidansubyekpenelitianyangberbeda.