Studi kasus tentang kesulitan siswa dalam memahami sifat-sifat bangun datar di kelas V MI Baitur Rohman Kalipang Grati Pasuruan / Musta'in

Main Author: Musta'in
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/6084/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMustain.2015.StudiKasusTentangKesulitanSiswadalamMemahamiSifat-sifatBangunDatardiKelasVMIBaiturRohmanKalipangGratiPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriHarminiS.Pd.M.Pd(II)Drs.TomasIriyantoS.Pd.M.Pd.Katakuncistudikasuskesulitanbelajarsifat-sifatbangundatar.Pembelajarangeometritentangsifat-sifatbangundataryangadadikelasVMIBaiturRohmanyangberlangsungkaliinisangatkurangbegitumemuaskan.Darianalisisevaluasihasilbelajaryangdilakukanpenelitimenemukanbahwarendahnyahasilbelajarketigasiswatersebutdikarenakansiswatidakmemahamimaterigeometritentangsifat-sifatbangundatar.DengandemikianpenelitiinginmencaripenyebabkesulitansiswadanbagaimanacaramengatasikesulitanyangdihadapiolehketigasiswaMIBaiturRohman.Tujuanpenelitianyaitumendeskripsikankesulitanbelajarsiswamendeskripsikanpenyebabkesulitanbelajarsiswamendeskripsikancaramengatasikesulitanbelajarsiswadalammemahamisifat-sifatbangundatarpadasiswakelasVMIBaiturRohmanKalipangKecamatanGratiKabupatenPasuruan.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganmenggunakanmetodestudikasus.SubjekpenelitianyaitugurukelasVdantigaorangsiswasedangkanpengumpulandatanyamelaluihasilobservasiwawancaradokumentasi.Penelitiandilaksanakanselama4pertemuanyangberlokasidiMIBaiturRohmanKalipangKecamatanGratiKabupatenPasuruan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenelitibanyakmenemukantemuanmengenaikesulitanbelajardariketigasiswayaitusiswayaitupadaawalpertemuansiswamulaitegangdiamsajabahkantidakadayangberkomentar.Padapertemuanberikutnyasiswaberanggapanbahwapersegiitukotakgaristengahpadalayang-layangdisebutdiagonal.Penyebabkesulitanbelajardariketigasiswatersebutyaitupenanamankonsepyangdiberikandalambentukdansifa-sifatbangundatartidakdisertaidenganpembuktiandancarauntukmengatasikesulitanbelajarsiswadenganmenerapkanteorigeometriVanHiele.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagardalampenerapanteoriVanHieleperludilanjutkanterutamadalammempelajarigeometri.Bagipenelitiselanjutnyaperlumelakukananalisisyanglebihmendalamdenganrespondenyanglebihbanyak.