Studi kasus tentang kesulitan siswa dalam memahami sifat-sifat bangun datar di kelas V MI Baitur Rohman Kalipang Grati Pasuruan / Musta'in
Main Author: | Musta'in |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6084/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMustain.2015.StudiKasusTentangKesulitanSiswadalamMemahamiSifat-sifatBangunDatardiKelasVMIBaiturRohmanKalipangGratiPasuruan.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanProgramStudiS1PendidikanGuruSekolahDasarUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SriHarminiS.Pd.M.Pd(II)Drs.TomasIriyantoS.Pd.M.Pd.Katakuncistudikasuskesulitanbelajarsifat-sifatbangundatar.Pembelajarangeometritentangsifat-sifatbangundataryangadadikelasVMIBaiturRohmanyangberlangsungkaliinisangatkurangbegitumemuaskan.Darianalisisevaluasihasilbelajaryangdilakukanpenelitimenemukanbahwarendahnyahasilbelajarketigasiswatersebutdikarenakansiswatidakmemahamimaterigeometritentangsifat-sifatbangundatar.DengandemikianpenelitiinginmencaripenyebabkesulitansiswadanbagaimanacaramengatasikesulitanyangdihadapiolehketigasiswaMIBaiturRohman.Tujuanpenelitianyaitumendeskripsikankesulitanbelajarsiswamendeskripsikanpenyebabkesulitanbelajarsiswamendeskripsikancaramengatasikesulitanbelajarsiswadalammemahamisifat-sifatbangundatarpadasiswakelasVMIBaiturRohmanKalipangKecamatanGratiKabupatenPasuruan.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganmenggunakanmetodestudikasus.SubjekpenelitianyaitugurukelasVdantigaorangsiswasedangkanpengumpulandatanyamelaluihasilobservasiwawancaradokumentasi.Penelitiandilaksanakanselama4pertemuanyangberlokasidiMIBaiturRohmanKalipangKecamatanGratiKabupatenPasuruan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenelitibanyakmenemukantemuanmengenaikesulitanbelajardariketigasiswayaitusiswayaitupadaawalpertemuansiswamulaitegangdiamsajabahkantidakadayangberkomentar.Padapertemuanberikutnyasiswaberanggapanbahwapersegiitukotakgaristengahpadalayang-layangdisebutdiagonal.Penyebabkesulitanbelajardariketigasiswatersebutyaitupenanamankonsepyangdiberikandalambentukdansifa-sifatbangundatartidakdisertaidenganpembuktiandancarauntukmengatasikesulitanbelajarsiswadenganmenerapkanteorigeometriVanHiele.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagardalampenerapanteoriVanHieleperludilanjutkanterutamadalammempelajarigeometri.Bagipenelitiselanjutnyaperlumelakukananalisisyanglebihmendalamdenganrespondenyanglebihbanyak.