Pengaruh model pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing (RPQSS) terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi, dan retensi siswa dalam pembelajaran biologi kelas XI SMA di Kabupaten Malang / Siti Mursidah
Main Author: | Mursidah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60821/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMursidahSiti.2019.PengaruhModelPembelajaranReadingPracticingQuestioningSummarizingandSharing(RPQSS)terhadapKeterampilanBerpikirKritisKeterampilanBerkomunikasidanRetensiSiswadalamPembelajaranBiologiKelasXISMAdiKabupatenMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(2)Prof.Dr.DuranCorebimaAloysiusM.Pd.KataKunciketerampilanberpikirkritisketerampilanberkomunikasiretensiReadingPracticingQuestioningSummarizingandSharing(RPQSS).PendidikandiIndonesiahendaknyamampumenghasilkansumberdayamanusiayangmemilikikompetensiutuhtidakhanyakompetensipengetahuannamunmemilikikecakapanhidupabad21diantaranyaketerampilanberpikirkritisdanketerampilanberkomunikasi.Kecakapanhidupyangtinggidiberdayakandisekolahuntukmenjawabpermasalahandanmenghadapitantanganduniaglobal.Modelpembelajaranyangtepatdalamprosespembelajaranmampumenumbuhkanpotensiyangdimilikiolehsiswauntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritisketerampilanberkomunikasidanretensisiswadalamprosespembelajaran.ModelpembelajaranRPQSSmerupakanmodelpembelajaranyangmemilikisintaksmembimbingsiswauntukberperanaktifdalamprosespembelajaransiswaterlibataktifdalammenemukankonsepdanmembangunsendiripengetahuannyasehinggamampumemberdayakanketerampilanabad21.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranReadingPracticingQuestioningSummarizingandSharing(RPQSS)terhadapketerampilanberpikirkritisketerampilanberkomunikasidanretensisiswadalampembelajaranbiologikelasXISMAdiKabupatenMalang.Rancangandalampenelitianiniadalahkuasieksperimendenganrancanganpretest-posttestNonequivalentControlGroup.Variabelbebasadalahmodelpembelajaran(RPQSSRQATPSdanKonvensional).Variabelterikatadalahketerampilanberpikirkritisketerampilanberkomunikasidanretensi.PopulasipenelitianadalahkeseluruhansiswakelasXISMAdiKabupatenMalangtahunajaran2018/2019.SampelyangdigunakandalampenelitianmelaluihasilplacementtestadalahsiswaSMAIslamKepanjenkelasXIIPA2sebagaikelaseksperimenmodelTPSXIIPA3sebagaikelaseksperimenmodelRQAdansiswaSMAN1SumberpucungkelasXIIPA1sebagaikelasKonvensionalXIIPA6sebagaikelaseksperimenmodelRPQSS.Keterampilanberpikirkritisketerampilanberkomunikasidanretensidiukurmenggunakanrubrikdantesessay.InstrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahinstrumenperlakuanberupasilabusRPPLKSsoaltesessaydaninstrumenpengukuranberuparubrikketerampilanberpikirkritisketerampilanberkomunikasi.Instrumentesterlebihdahuludiujivaliditasdanreliabilitas.Datadiambilpadasaatpretestposttestdansetelah2minggusetelahposttest.DatayangdiperolehdilakukanujinormalitasdatadenganujiOneSampleKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasdatadenganLevenesTest.UjihipotesismenggunakanAnalisisKovarianpadatarafsignifikansi5%(p