Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo semester gasal tahun ajaran 2018/2019 / Ana Rizka Falentina

Main Author: Falentina, Ana Rizka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/60817/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFalentinaAnaRizka.2019.KeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswamelaluiPenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingpadaMataPelajaranBiologiSiswaKelasXIIPASMANegeri2ProbolinggoTahunAjaran2018/2019.TesisProgramStudiBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MurniSaptasariM.Si.(II)Dr.Hj.SriEndahIndriwatiM.Pd.KataKunciInkiriTerbimbingKeterampilanBerpikirKritisHasilBelajarPendidikanbertujuanmenyiapkansiswamenjadigenerasimandiriyangmampumenghadapitantanganzamandenganmemilikiketerampilanhidupabad21salahsatunyaberpikirkritis.HasilobservasiawaldiperolehfaktayangbertolakbelakangyaiturendahnyaketerampilanberpikirkritisyangmeliputifokusargumentasiinduksideduksidanevaluasiyangterjadidiSMAN2Probolinggo.Melaluiobservasidananalisisdokumenhasilbelajarsiswayangmeliputihasilbeajarkompetensisikappengetahuandanketerampilanbelummemenuhiketuntasanklasikalyangditetapkan.Keterampilanberpikirkritisdanhasilbelajardapatdikembangkanmelaluiprosespembelajarandenganmodelpembelajaranyangtepat.Modelpembelajaraninkuiriterbimbingsebagaisolusimodelpembelajaranyangmelatihdanmengembangkanketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajar.Langkah-langkahpembelajaraninkuiriterbimbingmemfasilitasiberkembangnyasetiapindikatorketerampilanberpikirkritissekaligusmemberikanperubahanterhadaphasilbelajarketerampuilansikappengetahuandanketerampilanselamaprosespembelajaran.TujuanPenelitianiniadalahmendeskripsikanpenerapanpembelajaraninkuiriterbimbingdalammmengembangkanketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXIIPA1SMAN2Probolinggo.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPA1SMANegeri2Probolinggotahunajaran2018/2019yangberjumlah32siswa.Setiapsiklusnyaterdiridarilangkah-langkahobservasiawalperencanaanpelaksanaandanpengamatansertarefleksi.Datapenelitianmelipitihasilobservasiketerlaksanaanpembelajaranhasiltesberpikirkritishasilbelajarkompetensisikappengetahuandanketerampilan.Datayangtelahterkumpuldianalisissecaradeskriptifkualitatifdankuantitatifmelaluitigatahapyaitureduksidatapenyajiandatasecaratriangulasidanpenarikankesimpulan.HasilobservasiketerlaksanaanpembelajaranpadasiklusImenunjukkanbelummaksimalnyapelaksanaansintaksinkuiriterbimbingdalammenstimulusindikatorberpikirkritis.HasilrefleksisiklusIkemudiandilakukanperbaikanpelaksanaansintakspembelajaranpadasiklus2denganlebihmemberikanfasilitasdankesempatansiswamengembangkanketerampilanberpikirkritis.Datapeningkatanberpikirkritismenunjukkanindikatormelakukanargumentasimengalamipeningkatanpalingtinggidibandingkanindikatoryanglainyaitusebesar1536%.Tingginyapeningkatanindikatormelakukanargumentasitidakterlepasdarisetiaptahappembelajaraninkuiriyangmelatihkanketerampilanmelakukanargumentasi.Keterampilanmemberikanargumenterlatihdaritahapmengeksplorasifenomenasiswamengeksplorasifenomenadenganmengemuka-kanargumenterkaitkonsepyangdimilikidenganfaktamelaluifenomenayangdisajikan.Indikatorberpikirkritisyangmengalamipeningkatanpalingrendahadalahinduksiyaitusebesar625%.Gurukurangmemberikanillustrasipadasaatmengobservasifenomenadankurangmaksimaldalammemberikanberbagaicontohkonkritlainuntukmemfasilitasiketerampilaninduksisiswa.Berdasarkananalisisdatahasilpenelitianketerampilanberpikirkritissiswamengalamiperkembangansetelahmengikutipembelajarandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Modelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmengembangkanketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Langkah-langkahpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmelatihsiswamenstimulasiperkembanganketerampilanberpikirkritisuntukmendapatkanidedalamrangkamemecahkanmasalahyangditemukan..