Pengaruh model pembelajaran STEM PJBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan perencanaan karier siswa SMA / Maesarah

Main Author: Maesarah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60799/
Daftar Isi:
  • RINGKASANMaesarah.2018.PengaruhModelPembelajaranSTEMPJBLterhadapKemampuanPemecahanMasalahKemampuanBerpikirKreatifdanPerencanaanKarierSiswaSMA.TesisProgramStudiMagisterPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)Dr.IbrohimM.Si.KataKuncikemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankarierAbad21merupakaneraperkembanganyangmenempatkansumberdayamanusiapadatahapuntukdapatberdayasaingmelaluipenguasaanberbagaikompetensi.Kemampuanpemecahanmasalahdankemampuanberpikirkreatifsertakemampuandalammenjalanikehidupandankariermerupakankemampuanyangdituntutpadaabad21.Namunkenyataannyabanyaksiswabelummedapatkankemampuanabad21padasaatmerekabelajardibangkusekolah.Salahsatupenyebabnyayaitumodelpenyampaian(transfer)ilmudarigurukesiswamasihdigunakanolehsebagianbesarduniasebagaipendekatanpembelajarandimanagurumenstransferkanpengetahuanmelaluiceramahdanmendominasipembelajaransehinggapembelajaranberpusatpadaguru.PembelajaranberbasisSTEMmerupakansalahsatujawabanuntukmenjawabtantanganabad21.PembelajaranSTEMdapatdikolaborasikandenganPjBL.PjBLterintegrasidenganSTEMdapatmeningkatkanminatbelajarsiswapembelajaranmenjadilebihbermaknamembantusiswadalammemecahkanmasalahdalamkehidupannyatadanmenunjangkariermasadepanPenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranSTEMPjBLterhadapkemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankariersiswaSMA.PopulasipenelitianyaituseluruhsiswakelasXSMAN5Matarampadasemestergenaptahunpelajaran2017/2018yangterdiridari6kelas.Sampelpenelitianditentukandenganteknikclusterrandomsampling.Instrumenpenelitianberupateskemampuanpemecahanmasalahteskemampuanberpikirkreatifdanangketperencanaankariersiswa.AnalisisdatamenggunakanQuadesrankanalysisofcovariance.HasilanalisismenunjukkanbahwamodelpembelajaranSTEMPJBLmemilikipengaruhdalammeningkatkankemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankariersiswaSMA.BerdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehmakadisarankanpadapendidikuntukmenerapkanmodelpembelajaranSTEMPjBLpadapembelajarandikelaskarenamodelpembelajaranSTEMPjBLdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankariersiswaSMA.