Pengaruh model pembelajaran STEM PJBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpikir kreatif, dan perencanaan karier siswa SMA / Maesarah
Main Author: | Maesarah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60799/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMaesarah.2018.PengaruhModelPembelajaranSTEMPJBLterhadapKemampuanPemecahanMasalahKemampuanBerpikirKreatifdanPerencanaanKarierSiswaSMA.TesisProgramStudiMagisterPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HadiSuwonoM.Si.(II)Dr.IbrohimM.Si.KataKuncikemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankarierAbad21merupakaneraperkembanganyangmenempatkansumberdayamanusiapadatahapuntukdapatberdayasaingmelaluipenguasaanberbagaikompetensi.Kemampuanpemecahanmasalahdankemampuanberpikirkreatifsertakemampuandalammenjalanikehidupandankariermerupakankemampuanyangdituntutpadaabad21.Namunkenyataannyabanyaksiswabelummedapatkankemampuanabad21padasaatmerekabelajardibangkusekolah.Salahsatupenyebabnyayaitumodelpenyampaian(transfer)ilmudarigurukesiswamasihdigunakanolehsebagianbesarduniasebagaipendekatanpembelajarandimanagurumenstransferkanpengetahuanmelaluiceramahdanmendominasipembelajaransehinggapembelajaranberpusatpadaguru.PembelajaranberbasisSTEMmerupakansalahsatujawabanuntukmenjawabtantanganabad21.PembelajaranSTEMdapatdikolaborasikandenganPjBL.PjBLterintegrasidenganSTEMdapatmeningkatkanminatbelajarsiswapembelajaranmenjadilebihbermaknamembantusiswadalammemecahkanmasalahdalamkehidupannyatadanmenunjangkariermasadepanPenelitianyangdilakukanbertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranSTEMPjBLterhadapkemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankariersiswaSMA.PopulasipenelitianyaituseluruhsiswakelasXSMAN5Matarampadasemestergenaptahunpelajaran2017/2018yangterdiridari6kelas.Sampelpenelitianditentukandenganteknikclusterrandomsampling.Instrumenpenelitianberupateskemampuanpemecahanmasalahteskemampuanberpikirkreatifdanangketperencanaankariersiswa.AnalisisdatamenggunakanQuadesrankanalysisofcovariance.HasilanalisismenunjukkanbahwamodelpembelajaranSTEMPJBLmemilikipengaruhdalammeningkatkankemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankariersiswaSMA.BerdasarkanhasilpenelitianyangdiperolehmakadisarankanpadapendidikuntukmenerapkanmodelpembelajaranSTEMPjBLpadapembelajarandikelaskarenamodelpembelajaranSTEMPjBLdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahkemampuanberpikirkreatifdanperencanaankariersiswaSMA.