Pengaruh model pembelajaran Question Student Have (QSH) terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan retensi siswa di SMA Kota Malang / Erlin Fatima Halek

Main Author: Halek, Erlin Fatima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60753/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHalekErlinFatima.2018.PengaruhModelPembelajaranQuestionStudentHave(QSH)terhadapKemampuanMetakognitifBerpikirKritisdanRetensiSiswadiSMAKotaMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(2)Dr.AbdulGofurM.Si.KataKunciKemampuanmetakognitifkemampuanberpikirkritisretensiQuestionStudentHave(QSH)Pembelajaranyangoptimaladalahsuatukomponenyangmampumendefinisikankesuksesandalamprosespembelajaran.Halinibukanhanyamemusatkanhasilyangdiperolehsiswanamunpembelajaranyangefektifberupayamencapaipemahamansertamutuyangdapatmerubahperilakusertamampumenerapkandalamkehidupansetiaphari.Pembelajaransainsmelatihketerampilansiswauntukmenemukansesuatuhinggasampaipemecahanmasalahsehinggadengansendirinyadapatmembentukkemampuanberpikirsiswapadatingkatanatasyangmencakupkemampuanmetakognitifmaupunberpikirkritissiswa.Kemampuanmetakognitifmaupunberpikirkritisdapatdiberdayakandenganmenggunakanmodelpembelajaranyangefektif.ModelpembelajaranyangsesuaiadalahQuestionStudentHave(QSH)modelpembelajaraninimengajaksiswauntukberpartisipasiaktifdalamkelompokuntukmenulispertanyaanmengenaimateripembelajaranyangbelumdipahami.TujuandaripenelitianiniuntukmenganalisispengaruhmodelpembelajaranQSHterhadapkemampuanmetakognitifberpikirkritisdanretensisiswadiSMAKotaMalang.Jenispenelitianadalahquasieksperimendengandesainpenelitiannonrandomizedcontrolgrouppretest-posttestdesign.PopulasidalampenelitianadalahseluruhsiswakelasXISMAKotaMalangtahunajaran2016/2017.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIPA4SMAN7MalangdansiswakelasXIMIPA2SMAN6Malang.Pengambilansampelmenggunakantekniksimplerandomsamplingyangsebelumnyatelahdilakukanujikesetaraankelas.Datahasilpenelitiandianalisisdenganstatistikinverensialanalisiskovarian(ANAKOVA)satujalurdengantarafsignifikan5%.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranQSHberpengaruhterhadapkemampuanmetakognitifberpikirkritisdanretensi.Berdasarkannilairata-rataterkoreksimodelpembelajaranQSHmemberikanpengaruhyanglebihbesardibandingkandenganpembelajarankonvensional.Halinidapatdilihatpadaketigavariabelpenelitianyangdiukuryaituterhadapkemampuanmetakognitifsebesar865%terhadapkemampuanmetakognitif732%danterhadapretensisebesar58%.