Pengaruh strategi pembelajaran cooperative script dipadu reciprocal teaching terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah kelas XI di Kota Kendari / Andi Besse Tenriawaru
Main Author: | Tenriawaru, Andi Besse |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60746/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTenriawaruAndiBesse.2017.PengaruhStrategiPembelajaranCooperativeScriptdipaduReciprocalTeachingterhadapKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifdanRetensipadaSiswaBerkemampuanAkademikRendahKelasXIdiKotaKendari.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(II)Dr.H.AbdulGofurM.Pd.KatakuncicooperativescriptreciprocalteachingketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifretensiPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranCooperativeScript(CS)dipaduReciprocalTeaching(RT)terhadapKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifdanRetensiSiswaBerkemampuanAkademikRendahKelasXIdiKotaKendari.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentaldenganpretest-posttestnon-equivalentcontrolgroupdesign.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahstrategipembelajaranCooperativeScriptdipaduReciprocalTeachingsedangkanvariabelterikatdalampenelitianiniadalahketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifdanretensi.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPASMAKotaKendarisemesterganjildangenaptahunajaran2016/2017.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMAMuhammadiyahyangterdiridari13siswakelasXIIPAMADarulMukhlisinyangterdiridari17siswakelasXIIPAMAAsy-Syafiiyahyangterdiridari10siswadankelasXIIPAMADDILabibiayangterdiridari14siswa.Penelitianiniterdiridari3kelaseksperimendan1kelaskonvensional.Datadiperolehdarihasilpretestposttestdantesretensi.Ujihipotesismenggunakananakovadengantarafsignifikansi005(p005).SebelumujihipotesisdilakukanujinormalitasdatadenganujiOneSampleKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasdatadenganLeveneTestofEqualityofErrorVariances.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Strategipembelajaranberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifsiswaberkemampuanakademikrendah.PembelajaranCSdipaduRTmenunjukkanpotensiyangtertinggidalammemberdayakanketerampilanmetakognitifsiswadibandingkanpembelajaranCSRTdankonvensional.(2)Srategipembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifsiswaberkemampuanakademikrendah.PembelajaranCSdipaduRTmenunjukkanpencapaianhasilbelajarkognitifsiswasecarasignifikanlebihtinggidibandingkanketigapembelajaranlainnyasedangkanpencapaianhasilbelajarkognitifsiswapembelajaranCSdanRTtidakberbedasignifikannamunlebihbaikdaripembelajarankonvensional.(3)Strategipembelajaranberpengaruhterhadapretensisiswaberkemampuanakademikrendah.PembelajaranCSdipaduRTmenunjukkanpotensidalammemberdayakanretensisiswatidakberbedasignifikandenganpembelajaranCSmaupunRTnamunlebihbaikdaripembelajarankonvensional.