Pengaruh strategi pembelajaran cooperative script dipadu reciprocal teaching terhadap keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi siswa berkemampuan akademik rendah kelas XI di Kota Kendari / Andi Besse Tenriawaru

Main Author: Tenriawaru, Andi Besse
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60746/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTenriawaruAndiBesse.2017.PengaruhStrategiPembelajaranCooperativeScriptdipaduReciprocalTeachingterhadapKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifdanRetensipadaSiswaBerkemampuanAkademikRendahKelasXIdiKotaKendari.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(II)Dr.H.AbdulGofurM.Pd.KatakuncicooperativescriptreciprocalteachingketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifretensiPenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranCooperativeScript(CS)dipaduReciprocalTeaching(RT)terhadapKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifdanRetensiSiswaBerkemampuanAkademikRendahKelasXIdiKotaKendari.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahquasiexperimentaldenganpretest-posttestnon-equivalentcontrolgroupdesign.VariabelbebasdalampenelitianiniadalahstrategipembelajaranCooperativeScriptdipaduReciprocalTeachingsedangkanvariabelterikatdalampenelitianiniadalahketerampilanmetakognitifhasilbelajarkognitifdanretensi.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPASMAKotaKendarisemesterganjildangenaptahunajaran2016/2017.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMAMuhammadiyahyangterdiridari13siswakelasXIIPAMADarulMukhlisinyangterdiridari17siswakelasXIIPAMAAsy-Syafiiyahyangterdiridari10siswadankelasXIIPAMADDILabibiayangterdiridari14siswa.Penelitianiniterdiridari3kelaseksperimendan1kelaskonvensional.Datadiperolehdarihasilpretestposttestdantesretensi.Ujihipotesismenggunakananakovadengantarafsignifikansi005(p005).SebelumujihipotesisdilakukanujinormalitasdatadenganujiOneSampleKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasdatadenganLeveneTestofEqualityofErrorVariances.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Strategipembelajaranberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifsiswaberkemampuanakademikrendah.PembelajaranCSdipaduRTmenunjukkanpotensiyangtertinggidalammemberdayakanketerampilanmetakognitifsiswadibandingkanpembelajaranCSRTdankonvensional.(2)Srategipembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifsiswaberkemampuanakademikrendah.PembelajaranCSdipaduRTmenunjukkanpencapaianhasilbelajarkognitifsiswasecarasignifikanlebihtinggidibandingkanketigapembelajaranlainnyasedangkanpencapaianhasilbelajarkognitifsiswapembelajaranCSdanRTtidakberbedasignifikannamunlebihbaikdaripembelajarankonvensional.(3)Strategipembelajaranberpengaruhterhadapretensisiswaberkemampuanakademikrendah.PembelajaranCSdipaduRTmenunjukkanpotensidalammemberdayakanretensisiswatidakberbedasignifikandenganpembelajaranCSmaupunRTnamunlebihbaikdaripembelajarankonvensional.