Pengaruh model pembelajaran ricosre dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan memacahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMAN di Kota Malang / Tri Maniarta Sari

Main Author: Sari, Tri Maniarta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60745/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariTriManiarta.2017.PengaruhModelPembelajaranRicosredanGenderterhadapKeterampilanMemecahkanMasalahKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXISMANegeriKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(II)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.KataKunciketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifRicosregenderTujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranRicosredanpembelajarankonvensional2)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifantarasiswapadagenderyangberbedadan3)mengetahuiadanyapengaruhinteraksiantaramodelpembelajaranbiologiberbasisRicosredengangenderterhadapketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.PenelitianinimerupakanpenelitianquasiexperimentdengandesainpenelitianNon-equivalentControlGroupDesign.SampelyangdigunakandalampenelitianinisebagaikelaskontrolialahkelasXIMIAD3SMANegeri4MalangdankelasXIMIAE3SMANegeri10MalangkelaseksperimenialahkelasXIMIAF3SMANegeri4MalangdankelasXIMIAD3SMANegeri10Malang.Instrumenpengukuranketerampilanmemecahkanmasalahdanketerampilanberpikirkritisyangdigunakanberupatesessayyangterintegrasidenganteshasilbelajarkognitif.RubrikketerampilanmemecahkanmasalahyangdigunakanadalahrubricyangdikembangkanolehSouthernMaineUniversity(2012)rubrikketerampilanberpikirkritisyangdikembangkanolehZubaidahdkk.(2015)danpenyekoranhasilbelajarkognitifberdasarkantingkatkognitifBloomyangtelahdirevisiolehAndersondanKrathwohl(2015).SelanjutnyahasilpenelitianyangdidapatkandiujistatistikdenganteknikAnacova.Hasilpenelitianiniadalah1)terdapatperbedaanpadaketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXISMANegeridiKotaMalangyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranRicosredanpembelajarankonvensional.2)terdapatperbedaanpadaketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifantarasiswadengangenderlaki-lakidansiswaperempuankelasXISMANegeridiKotaMalang.3)terdapatpengaruhinteraksimodelpembelajarandengangenderterhadapketerampilanmemecahkanmasalahdanketerampilanberpikirkritissiswakelasXISMANegeridiKotaMalangdantidakadapengaruhinteraksimodelpembelajarandengangenderterhadaphasilbelajarkognitif