Pengaruh model pembelajaran ricosre dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan memacahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMAN di Kota Malang / Tri Maniarta Sari
Main Author: | Sari, Tri Maniarta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60745/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSariTriManiarta.2017.PengaruhModelPembelajaranRicosredanGenderterhadapKeterampilanMemecahkanMasalahKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXISMANegeriKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(II)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.KataKunciketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifRicosregenderTujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranRicosredanpembelajarankonvensional2)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifantarasiswapadagenderyangberbedadan3)mengetahuiadanyapengaruhinteraksiantaramodelpembelajaranbiologiberbasisRicosredengangenderterhadapketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.PenelitianinimerupakanpenelitianquasiexperimentdengandesainpenelitianNon-equivalentControlGroupDesign.SampelyangdigunakandalampenelitianinisebagaikelaskontrolialahkelasXIMIAD3SMANegeri4MalangdankelasXIMIAE3SMANegeri10MalangkelaseksperimenialahkelasXIMIAF3SMANegeri4MalangdankelasXIMIAD3SMANegeri10Malang.Instrumenpengukuranketerampilanmemecahkanmasalahdanketerampilanberpikirkritisyangdigunakanberupatesessayyangterintegrasidenganteshasilbelajarkognitif.RubrikketerampilanmemecahkanmasalahyangdigunakanadalahrubricyangdikembangkanolehSouthernMaineUniversity(2012)rubrikketerampilanberpikirkritisyangdikembangkanolehZubaidahdkk.(2015)danpenyekoranhasilbelajarkognitifberdasarkantingkatkognitifBloomyangtelahdirevisiolehAndersondanKrathwohl(2015).SelanjutnyahasilpenelitianyangdidapatkandiujistatistikdenganteknikAnacova.Hasilpenelitianiniadalah1)terdapatperbedaanpadaketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXISMANegeridiKotaMalangyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranRicosredanpembelajarankonvensional.2)terdapatperbedaanpadaketerampilanmemecahkanmasalahketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifantarasiswadengangenderlaki-lakidansiswaperempuankelasXISMANegeridiKotaMalang.3)terdapatpengaruhinteraksimodelpembelajarandengangenderterhadapketerampilanmemecahkanmasalahdanketerampilanberpikirkritissiswakelasXISMANegeridiKotaMalangdantidakadapengaruhinteraksimodelpembelajarandengangenderterhadaphasilbelajarkognitif