Penerapan pembelajaran model murder untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasa V SDN Arjosari 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Khusnul Khotimah

Main Author: Khotimah, Khusnul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/6072/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhotimahKhusnul.2014.PenerapanModelPembelajaranMURDERUntukMeningktakanAktivitasDanHasilBelajarIPSKelasVSDNArjosari3KecamatanBlimbingKotaMalang.Skripsi.JurusanKSDPFakultasIlmuPendidikanUniversitaNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.Hj.SriSugihartiM.Pd.(II)Dra.Hj.Murtiningsih.M.Pd.KataKunciPembelajaranMURDERAktivitasBelajarHasilBelajarIPSSD.Kenyataanyangadadilapanganmenunjukkanbahwakegiatanpembelajaranmemangkurangmelibatkansiswa.Kurangnyaketeribatansiswadalampembelajaranmenyebabkanpengembangankemampuansiswabaikdalamaspekkognitifafektifmaupunpsikomotormenjaditerhambat.BerdasarkanhasilpengamatanawalyangdilakukanolehpenelitidiketahuibahwasiswakelasVberjumlah29orangtidakberkonsentrasidalmbelajar.Siswaterlihatbosansaatpembelajaranberlangsungsiswamengobroldengansiswalaindantidakmerespondengansiswalaindantidakmeresponpertanyaandariguruyangmengakibatkanhasilbelajarsiswasemester1kurangmaksimal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelpembelajaranMURDERmendeskripsikanAktivitasbelajarsiswadanmendeskripsikanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSdikelasVSDNArjosari3KecamatanBlimbingKotaMalang.PenelitianinimenggunakanmodelMURDER((MoodUnderstandRecallDetectElaborateReview).RancanganpenelitianPTK(PenelitianTindakanKelas).Kegiatandimulaidaritahap(1)Merumuskanmasalah(2)Menyusuninstrumen(3)pengumpulandata(4)Mengklasifikasidata(6)Menganalisisdan(7)Menarikkesimpulan.HasilpenelitianinimenunjukkanPenerapanmodelMURDERpadapembelajaranIPSkelasVdiSDNArjosari3KotaMalangtelahdilaksanakandenganbaikdantepat.BaikgurumaupunsiswatelahmelaksanakanmodelMURDERinimulaidarisiklusIsampaisiklusII.Terbuktidarihasilobservasiaktivitasgurudansiswayangmengalamipeningkatanpadatiappertemuan.PenerapanmodelMURDERpadapembelajaranIPSkelasVdiSDNArjosari3KotaMalangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Halinidibuktikandenganadanyaperolehanrata-ratahasilbelajarsiswadanketuntasanbelajarklasikalyangmeningkathinggalebihdari70%.Berdasarkanhasiltersebutdiperolehkesimpulanmateriyangadasudahsesuaidengankurikulum2013keterpaduanmatapelajaranrata-ratasudahmenggabungkanlebihdaritigamatapelajaran.HarapanPenelitigurudiharapkandapatmenciptakanvariasipembelajaransehinggasiswaantusiasdalammengikutipelajarangurudapatmenggunakanpembelajaranMURDERpadamateripokokyanglainuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaranIPS.