Pengembangan modul biologi bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model Project-Based Learning (PjBL) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan sikap peduli lingkungan siswa SMAN 1 Krian / Prayoga Rendra Vendiktama
Main Author: | Vendiktama, Prayoga Rendra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60698/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKVendiktamaP.R.2017.PengembanganModulBiologiBermuatanKonsep6MdanEtikaLingkunganBerbasisModelProject-BasedLearning(PjBL)danPengaruhnyaterhadapKeterampilanBerpikirKritisBerpikirKreatifdanSikapPeduliLingkunganSiswaSMAN1Krian.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MimienHenieIrawatiM.S.(2)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.Katakuncimodulkonsep6MetikalingkunganmodelPjBLketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifsikappedulilingkunganMasalahsampahdankerusakanlingkunganmerupakanmasalahyangseriusdanperlusegeradiatasi.Salahsatucaramengatasinyayaitudenganmembudayakankonseppengelolaansampah6Mdanetikalingkunganmelaluijalurpendidikanmenggunakanbahanajaryangtepat.Berdasarkanhasilwawancaradenganguruternyatagurubelummemilikibahanajaryangkhususmembahastentangkonsep6Mdanetikalingkungansehinggadiperlukanupayapengembanganbahanajaryangmemuatkeduamateritersebutmisalnyaberupamodul.Modulitusekaligusdiharapkandapatmelatihketerampilanberpikirkritisdanberpikirkreatifsertamenanamkansikappedulilingkungankarenaberdasarkanhasilpenyebaranangketkepadasiswamayoritassiswabelummampumelaksanakanindikatorketerampilanberpikirkritisdankreatifsertabelummengkarakterisasidiridengannilaipedulilingkungan.Moduldikembangkandenganberbasispadamodelproject-basedlearning(PjBL)karenamodelinimemilikibanyakkeuntungan.Tujuanpenelitianiniyaknimengembangkanmodulbermuatankonsep6MdanetikalingkunganberbasismodelPjBLdanmengetahuipengaruhnyaterhadapketerampilanberpikirkritisberpikirkreatifdansikappedulilingkungansiswa.PenelitianinimengadaptasimodelPenelitianPengembanganADDIE.Modulyangtelahdikembangkandivalidasiolehvalidatordandiujicobapendahuluankepada10orangsiswapadatahapdevelop.Modullaluditerapkandalamprosespembelajaranmenggunakanpenelitianeksperimensemupadatahapimplement.Jenisdatapadapenelitianiniberupadatakuantitatif(meliputiskorvalidasimodulolehvalidatorskorresponssiswaskorpretes-postes)dandatakualitatif(yaitukomentardansaranyangdiberikanolehvalidatordansiswa).Dataskorvalidasimoduldianalisisdenganteknikanalisisrerataskor.Dataskorresponssiswadianalisisdenganteknikanalisispersentase.Dataskorpretes-postessiswadianalisisdengananakovadanQuadesrankanalysisofcovariaces.Datakomentardansarandianalisisdengantekniktriangulasi.Hasilvalidasimodulolehahlimodulahlimateridanpraktisilapanganmemilikirerataskorsecaraberturut-turutsebesar3832(sangatvalid)372(sangatvalid)dan324(valid).Hasilresponssiswaterhadapmodulsaatujicobapendahuluanpadatahapdevelopyaitusebesar8082%(positif)sedangkanpadatahapimpelementsebesar8973%(sangatpositif).Hasilpretes-postessiswasaatpenelitianeksperimensemupadatahapimplementmenunjukkanbahwaadaperbedaanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdansikappedulilingkunganantarasiswayangmenggunakanmodul(kelasperlakuan)dansiswayangtidakmenggunakanmodul(kelaskontrol).PerbedaantersebutdisebabkanolehpenggunaanmodelPjBLyangterintegrasidalammodul.Simpulandalampenelitianiniyaitumodulbiologibermuatankonsep6MdanetikalingkunganberbasismodelPjBLvalidpraktisuntukdigunakandalampembelajarandanefektifuntukmempengaruhimeningkatkanketerampilanberpikirkritisberpikirkreatifdansikappedulilingkungansiswa.SaranyangdapatdiajukanyaknipenelitiyanglaindapatmengembangkanproduklebihlanjutdengancaramemasukkanmaterilainyangberkaitandenganperubahanlingkunganmisalnyapemanasanglobalperubahaniklimataukerusakanterumbukarangsertamengkombinasikanmodelPjBLdalammoduldenganmodelpembelajaranyanglainagarlebihbervariasi.