Pengembangan modul biologi bermuatan konsep 6M dan etika lingkungan berbasis model Project-Based Learning (PjBL) dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan sikap peduli lingkungan siswa SMAN 1 Krian / Prayoga Rendra Vendiktama

Main Author: Vendiktama, Prayoga Rendra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60698/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKVendiktamaP.R.2017.PengembanganModulBiologiBermuatanKonsep6MdanEtikaLingkunganBerbasisModelProject-BasedLearning(PjBL)danPengaruhnyaterhadapKeterampilanBerpikirKritisBerpikirKreatifdanSikapPeduliLingkunganSiswaSMAN1Krian.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MimienHenieIrawatiM.S.(2)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.Katakuncimodulkonsep6MetikalingkunganmodelPjBLketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifsikappedulilingkunganMasalahsampahdankerusakanlingkunganmerupakanmasalahyangseriusdanperlusegeradiatasi.Salahsatucaramengatasinyayaitudenganmembudayakankonseppengelolaansampah6Mdanetikalingkunganmelaluijalurpendidikanmenggunakanbahanajaryangtepat.Berdasarkanhasilwawancaradenganguruternyatagurubelummemilikibahanajaryangkhususmembahastentangkonsep6Mdanetikalingkungansehinggadiperlukanupayapengembanganbahanajaryangmemuatkeduamateritersebutmisalnyaberupamodul.Modulitusekaligusdiharapkandapatmelatihketerampilanberpikirkritisdanberpikirkreatifsertamenanamkansikappedulilingkungankarenaberdasarkanhasilpenyebaranangketkepadasiswamayoritassiswabelummampumelaksanakanindikatorketerampilanberpikirkritisdankreatifsertabelummengkarakterisasidiridengannilaipedulilingkungan.Moduldikembangkandenganberbasispadamodelproject-basedlearning(PjBL)karenamodelinimemilikibanyakkeuntungan.Tujuanpenelitianiniyaknimengembangkanmodulbermuatankonsep6MdanetikalingkunganberbasismodelPjBLdanmengetahuipengaruhnyaterhadapketerampilanberpikirkritisberpikirkreatifdansikappedulilingkungansiswa.PenelitianinimengadaptasimodelPenelitianPengembanganADDIE.Modulyangtelahdikembangkandivalidasiolehvalidatordandiujicobapendahuluankepada10orangsiswapadatahapdevelop.Modullaluditerapkandalamprosespembelajaranmenggunakanpenelitianeksperimensemupadatahapimplement.Jenisdatapadapenelitianiniberupadatakuantitatif(meliputiskorvalidasimodulolehvalidatorskorresponssiswaskorpretes-postes)dandatakualitatif(yaitukomentardansaranyangdiberikanolehvalidatordansiswa).Dataskorvalidasimoduldianalisisdenganteknikanalisisrerataskor.Dataskorresponssiswadianalisisdenganteknikanalisispersentase.Dataskorpretes-postessiswadianalisisdengananakovadanQuadesrankanalysisofcovariaces.Datakomentardansarandianalisisdengantekniktriangulasi.Hasilvalidasimodulolehahlimodulahlimateridanpraktisilapanganmemilikirerataskorsecaraberturut-turutsebesar3832(sangatvalid)372(sangatvalid)dan324(valid).Hasilresponssiswaterhadapmodulsaatujicobapendahuluanpadatahapdevelopyaitusebesar8082%(positif)sedangkanpadatahapimpelementsebesar8973%(sangatpositif).Hasilpretes-postessiswasaatpenelitianeksperimensemupadatahapimplementmenunjukkanbahwaadaperbedaanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdansikappedulilingkunganantarasiswayangmenggunakanmodul(kelasperlakuan)dansiswayangtidakmenggunakanmodul(kelaskontrol).PerbedaantersebutdisebabkanolehpenggunaanmodelPjBLyangterintegrasidalammodul.Simpulandalampenelitianiniyaitumodulbiologibermuatankonsep6MdanetikalingkunganberbasismodelPjBLvalidpraktisuntukdigunakandalampembelajarandanefektifuntukmempengaruhimeningkatkanketerampilanberpikirkritisberpikirkreatifdansikappedulilingkungansiswa.SaranyangdapatdiajukanyaknipenelitiyanglaindapatmengembangkanproduklebihlanjutdengancaramemasukkanmaterilainyangberkaitandenganperubahanlingkunganmisalnyapemanasanglobalperubahaniklimataukerusakanterumbukarangsertamengkombinasikanmodelPjBLdalammoduldenganmodelpembelajaranyanglainagarlebihbervariasi.