Pengaruh pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA berbasis lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI SMKN 2 Batu / Nur Susanti

Main Author: Susanti, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60682/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSusanti.Nur.2017.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningPadaMataPelajaranIPABerbasisLingkunganSekolahSebagaiSumberBelajarTerhadapKeterampilanBerpikirKritisSikapPadaLingkunganHidupDanKeterampilanKerjaIlmiahSiswaKelasXISMKN2Batu.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(II)Dr.Hj.DahliaM.SKatakunciProblemBasedLearningKeterampilanBerpikirKritisSikapKeterampilanKerjaIlmiah.Berpikirkritisadalahsalahsatuketerampilanpentingbagisiswayangdibutuhkanpadaprosespembelajaran.Keterampilanberpikirkritismeliputimenentukanketerkaitansesuatuberpikirdanbekerjadalampemecahanmasalahpencariansolusidanpengelolaanproyek.BerdasarkanHasilObservasiyangtelahdilakukanpadabulanAgustus2016diSMKN2Batumenunjukkanbahwasiswabelumterbiasauntukmenghadapidanmemecahkanmasalahberkaitandenganmateripembelajaranhaliniditunjukkananataralain(1)rendahnyaketerampilanuntukmengidentifikasimasalah(30%)(2)rendahnyaketerampilanuntukmengintegrasikanjawabanpernyataandalamtopikpembelajaran(28%)(3)kurangfokusdalammemberikankonsepidesertapendapat(34%)(4)minimnyaketerampilanmenalaruntukmemberikancontohsertapenjelasanpendukung(47%).Berpikirkritismerupakanacuanpadasemuatingkatanpendidikandanprofesionaldalammemecahkanmasalahdanmengambilkeputusan.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)berbasislingkungansekolahterhadapketerampilanberpikirkritissiswasikappadalingkunganhidupdanketerampilankerjailmiah.Desainpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimensemu(QuasyEksperiment)dengansampelpenelitiansiswakelasXIAgribisnisHasilPertanian(AHP)dansiswakelasXIAgribisnisProduksiTanaman(APT).PerbedaanketerampilanberpikirkritisdansikaplingkunganhiduppadakeduakelasdianalisismenggunakanujiAnacovasedangkanperbedaanketerampilankerjailmiahsiswadianalisamenggunakanujiAnava.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpembelajaranPBLterhadapketerampilanberpikirkritissikappadalingkunganhidupdanketerampilankerjailmiahsiswa.Padakelaseksperimenpeningkatannilairerataketerampilanberpikirkritissebesar45262%lebihtinggidibandingkanrerataketerampilanberpikirkritiskelaskontrolsebesar26493%.Sikappadalingkunganhidupkelaseksperimenmengalamipeningkatanreratasebesar10043%lebihtinggidibandingkandengannilaipeningkatanpadakelaskontrolsebesar2788%.Skorrerataketerampilankerjailmiahsiswapadakelaseksperimen792264lebihtinggidibandingkanskorpadakelaskontrol747609.DarihasilpenelitiandisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranPBLberbasislingkungansekolahdapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritissikappadalingkunganhidupdanketerampilankerjailmiahsiswaSMK.ModelpembelajaranPBLberbasislingkungansekolahakanlebihbaikbiladibuatkanmodulpendampingbaikbagigurumaupunsiswasehinggasiswadapatbelajarlebihmandiri.