Pengaruh pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran IPA berbasis lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap pada lingkungan hidup dan keterampilan kerja ilmiah siswa kelas XI SMKN 2 Batu / Nur Susanti
Main Author: | Susanti, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60682/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSusanti.Nur.2017.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningPadaMataPelajaranIPABerbasisLingkunganSekolahSebagaiSumberBelajarTerhadapKeterampilanBerpikirKritisSikapPadaLingkunganHidupDanKeterampilanKerjaIlmiahSiswaKelasXISMKN2Batu.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(II)Dr.Hj.DahliaM.SKatakunciProblemBasedLearningKeterampilanBerpikirKritisSikapKeterampilanKerjaIlmiah.Berpikirkritisadalahsalahsatuketerampilanpentingbagisiswayangdibutuhkanpadaprosespembelajaran.Keterampilanberpikirkritismeliputimenentukanketerkaitansesuatuberpikirdanbekerjadalampemecahanmasalahpencariansolusidanpengelolaanproyek.BerdasarkanHasilObservasiyangtelahdilakukanpadabulanAgustus2016diSMKN2Batumenunjukkanbahwasiswabelumterbiasauntukmenghadapidanmemecahkanmasalahberkaitandenganmateripembelajaranhaliniditunjukkananataralain(1)rendahnyaketerampilanuntukmengidentifikasimasalah(30%)(2)rendahnyaketerampilanuntukmengintegrasikanjawabanpernyataandalamtopikpembelajaran(28%)(3)kurangfokusdalammemberikankonsepidesertapendapat(34%)(4)minimnyaketerampilanmenalaruntukmemberikancontohsertapenjelasanpendukung(47%).Berpikirkritismerupakanacuanpadasemuatingkatanpendidikandanprofesionaldalammemecahkanmasalahdanmengambilkeputusan.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)berbasislingkungansekolahterhadapketerampilanberpikirkritissiswasikappadalingkunganhidupdanketerampilankerjailmiah.Desainpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimensemu(QuasyEksperiment)dengansampelpenelitiansiswakelasXIAgribisnisHasilPertanian(AHP)dansiswakelasXIAgribisnisProduksiTanaman(APT).PerbedaanketerampilanberpikirkritisdansikaplingkunganhiduppadakeduakelasdianalisismenggunakanujiAnacovasedangkanperbedaanketerampilankerjailmiahsiswadianalisamenggunakanujiAnava.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpembelajaranPBLterhadapketerampilanberpikirkritissikappadalingkunganhidupdanketerampilankerjailmiahsiswa.Padakelaseksperimenpeningkatannilairerataketerampilanberpikirkritissebesar45262%lebihtinggidibandingkanrerataketerampilanberpikirkritiskelaskontrolsebesar26493%.Sikappadalingkunganhidupkelaseksperimenmengalamipeningkatanreratasebesar10043%lebihtinggidibandingkandengannilaipeningkatanpadakelaskontrolsebesar2788%.Skorrerataketerampilankerjailmiahsiswapadakelaseksperimen792264lebihtinggidibandingkanskorpadakelaskontrol747609.DarihasilpenelitiandisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranPBLberbasislingkungansekolahdapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritissikappadalingkunganhidupdanketerampilankerjailmiahsiswaSMK.ModelpembelajaranPBLberbasislingkungansekolahakanlebihbaikbiladibuatkanmodulpendampingbaikbagigurumaupunsiswasehinggasiswadapatbelajarlebihmandiri.