Pengembangan atlas keanekaragaman mangrove Pancer Cengkrong Watulimo Trenggalek pada materi ekosistem sebagai buku ajar siswa kelas X SMAN 1 Durenan / Atok Masofyan Hadi

Main Author: Hadi, Atok Masofyan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60679/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHadi.AtokMasofyan.2016.PengembanganAtlasKeanekaragamanMangrovePancerCengkrongWatulimoTrenggalekJawaTimurPadaMateriEkosistemSebagaiBukuAjarSiswaKelasXSMAN1Durenan.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiAl-MuhdarM.S(II)Prof.Dr.Ir.SuhadiM.S.KatakunciMangroveAtlasHasilBelajarBiologimerupakansalahsatupelajaranyangdiberikanpadajenjangSMAdijurusanIPA.Materipembelajarandalambiologiberkaitaneratdenganlingkunganalamdankehidupansehari-hari.SalahsatumateriyangdipelajarisiswaSMAdalampembelajaranbiologiadalahmaterikeanekaragamanhayatiyangtercakupdalamKD3.7dan4.2.BerdasarkanhasilobservasidikelasXSMAN1DurenansiswadituntutuntukmemahamibahwakenakeragamanhayatidiIndonesiatinggidandimintauntukmelestarikannya.FaktanyasiswamasihkesulitandalammemahamidanmenerapkankonsepdalammateriKeanekaragamanHayati.SelainituberdasarkanobservasidiperolehpembelajaranmasihdidominasigurupembelajaranmenggunakanbukufulltextsdankecenderungansiswamengerjakanLKSakibatnyahasilbelajarsiswajugamasihrendah.Bahkanhinggasaatinibelumadasumberbelajaryangmemfasilitasisiswadalammempelajarimaterikeanekaragamanhayatisecarakontekstual.Olehkarenaituperludikembangakansumberbelajaryangmendukungpembelajarankontekstual.SalahsatupotensidaerahyangdapatdigunakanuntukpembelajarankontekstualadalahekosistemmangrovedipancercengkrongTrenggalek.BerdasarkanpermasalahantersebutperludikembangkansuatubukuyangmemfasilitasisiswauntukmengetahuipotensilokaldaerahdenganmengembangkanbukuajarberupaAtlas.Tujuanpenelitianadalah(1)menghasilkanprodukberupaatlaskeanekaragamanmangrovePancerCengkrongWatulimotrenggalek(2)mengetahuipengaruhstrategipembelajarankooperatifberbantuanatlasterhadaphasilbelajarsiswakelasXSMAN1Durenan(3)MengidentifikasiJenistumbuhanmangroveberdasarkancirikarakteristikmorfologidananatomidikawasanPancerCengkrongWatulimoTrenggalek.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangan.Modelpengembanganyangdigunakanadalah4DolehThiagarajannamundibatasisampaitahapdisseminate.Metodeyangdigunakandalampengambilansampelmenggunakandeskriptifeksploratif.AnalisisdatasecarakualitatifdankuantitatifHasilpenelitiandeskriptifeksploratifyangdilakukanmenemukan17jenistumbuhanmangrovedari7suku.Hasilvalidasiterkaitdenganprodukmenyatakanbahwadariahlimediadanbahanajarmemperolehpersentasesebesar937%validasidariahlimaterimemperolehpersentase909%validasidaripraktisilapanganmemperolehpersentase92%danhasilujikelompokkecilterhadap21siswamemperolehpersentase913%.Padaujicobakelompokbesarmenyatakanbahwahasilyangdiperolehpembelajaranyangditerapkankonsisten.Hasilbelajarkognitifsiswamengalamipeningkatandilihatdarinilaipretestdanposttest.Atlastumbuhanmangrovemenjawabkesulitansiswadalammembantuprosesidentifikasitumbuhanmangrovedenganperbaruangambarsecarakontekstual.DengandemikianprodukyangdikembangkanvaliddanlayakdigunakansebagaibukuajardalammateriKeanekaragamanHayati.