Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan retensi siswa SMA pada pembelajaran biologi berbasis Problem Based Learning (PBL) di Kota Malang / Khofifatu Nurisya

Main Author: Nurisya, Khofifatu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60673/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurisyaKhofifatu.2016.HubunganKeterampilanMetakognitifdanKemampuanBerpikirKritisdenganRetensiSiswaSMApadaPembelajaranBiologiBerbasisProblemBasedLearning(PBL).TesisPendidikanBiologiPPSUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd(2)Dr.FatchurRohmanM.Si.KataKunciKeterampilanMetakognitifKemampuanBerpikirKritisRetensiRetensimerupakansalahsatuindikatorpentingdalampembelajaran.Terdapatberbagaifaktoryangdapatmempengaruhitingkatretensisiswadiantaranyaadalahketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikirkritis.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubungandanbesarnyasumbanganyangdiberikanketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissecarabersama-samaterhadapretensipadapembelajaranBiologiberbasisPBL.Jenispenelitianiniadalahkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXISMAdiwilayahKotaMalangsemesterganjiltahunpelajaran2016/2017.SampelyangdigunakanadalahsiswakelasXIMIA1SMAN7Malangyangterdiriatas32siswadansiswakelas6.F3SMAN9Malangyangterdiriatas29siswa.Datapenelitiandianalisismenggunakananalisisregresiganda.Berdasarkanhasilanalisismenunjukkanbahwaterdapathubunganantaraketerampilanmetakognitifdankemampuanberpikirkritisdenganretensi.Kemampuanberpikirkritismemberikansumbanganlebihbesarterhadapretensidibandingkandenganketerampilanmetakognitif.Keterampilanmetakognitifmemberikansumbanganrelatifsebesar135%dansumbanganefektifsebesar225%terhadapretensi.Kemampuanberpikirkritismemberisumbanganrelatifsebesar865%dansumbanganefektifsebesar1445%terhadapretensipadapembelajaranBiologiberbasisPBL.