Pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) dipadu Student Team Achievement Division (STAD) pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi SMA di Kota Ternate / Murni
Main Author: | Thalib, Murni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60670/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKThalibMurni2016.PengaruhStrategiPembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)dipaduStudentTeamAchievementDivision(STAD)padaKemampuanAkademikBerbedaTerhadapKeterampilanBerpikirKritisdnHasilBelajarKognitifpadaPembelajaranBiologiSMAKelasXdiKotaTernate.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.DrA.DuranCorebimaM.Pd(2)Dr.AbdulGofurM.SiKataKunciRQASTADKemampuanAkademikKeterampilanBerpikirkritisHasilBelajarKognitifHasilobservasidilapanganmenunjukanpembelajarandisekolahnegerimaupunswastautamanyapadapelajaranBiologimasihberorintasitheachercenteredsehinggapemberdayaanketerampilanberpikirkritisbelumterlaksanasecaraoptimalyangberdampakpadaburuknyakemampuankognitifsiswadanhasilbelajar.Selainitujugapembelajaranbelummampumemberdayakankemampuanakademiksiswasecarameratasehinggafaktayangterlihatbelummengarahpadapengembanganpotensisiswapadahalfaktortersebutberkaitandengankualitasdankeberhasilandalambelajar.Permasalahantersebutdapatdiatasidenganmenerapakanstrategipembelajaranyanginovatifberbasiskonstruktifagardapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswadanhasilbelajarkognitif.StrategitersebutadalahstrategiRQAReadingQuestioningAnswering(RQA)danStudentTeamAchievementDivisison(STAD).TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranRQAdanSTADdanperpaduankeduanya(RQAdanSTAD)padakemampuanakademikberbedaterhadapketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarsertapengaruhinteraksigabunganstrategipembelajaran(RQAdanSTAD)padapembelajaranBiologiSMAdiKotaTernate.Hasilpenelitianmenunjukan1)AdapengaruhstrategipembelajaranRQAdipaduSTADterhadapketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa2)Tidakterdapatperbedaanyangsignifikansiantaraketerampilanberpikirkritissiswayangmemilikikemampuanakademikatasdengansiswaakademikbawah.3)Terdapatperbedaanyangsignifikansianatarahasilbelajarkognitifsiswaberkemampuanakademiktinggidengansiswaberkemampuanakademikrendah.4)Berdasarkanhasilujianacovadiperolehpengaruhinteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifdidapatkannilaidengansignifikansiadalah0.553.Nilaisignifikansiinilebihbesardarinilaialpha005artinyabahwainteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademiktidakberpengaruhsignifikanterhadapketerampilanberpikirkritis.5)Hasilanalisisdatapengaruhinteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademiksiswaterhadaphasilbelajarkognitifsiswadidapatkannilaisignifikansiadalah0661.Nilaisignifikansiinilebihbesardarinilaialpha005artinyabahwainteraksistrategipembelajarandengankemampuanakademiktidakberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.