Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-concept Map-Cooperative Script (REMAP-CS) dan kemamp[uan akademik terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil nelajar kognitif siswa kelas X MIA SMA Negeri Kota Batu / Zenia Lutfi Kurn

Main Author: Kurniawati, Zenia Lutfi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/60655/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniawatiZeniaLutfi.2016.PengaruhModelPembelajaranBiologiBerbasisReading-ConceptMap-CooperativeScript(Remap-CS)danKemampuanAkademikBerbedaterhadapKeterampilanMetakognitifKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXMIASMANegeriKotaBatu.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.KataKunciketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifRemap-CSBeberapapenelitianmengungkapbahwaketerampilanberpikirterutamaketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkritissiswajenjangSMAbelumberkembangdenganbaikdanperludiberdayakan.Siswayangmemilikiketerampilanmetakognitifakandapatmemilikipengetahuanakankemampuandirimampuberpikirbagaimanabelajardanmenyelesaikantugasmampumemilihstrategiyangsesuaiuntukmenyelesaikantugasdenganbaik.Siswayangmemilikiketerampilanberpikirkritisakanmampumengambilkeputusandenganalasan-alasanyangmempertimbangkanberbagaikajiandansudutpandang.Siswayangmemilikiketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkritisakanmampumemperolehhasilbelajaryangbaik.BeberapapenelitianmenunjukkanbahwakegiatanpembelajaranbiologidiSMANegeriKotaBatubelummemberdayakanketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkritissiswa.Pemberdayaankeduaketerampilantersebutdapatdiupayakanmelaluimodelpembelajaranyangsesuai.ModelpembelajaranyangdicobakanpadapenelitianiniadalahpembelajaranbiologiberbasisReading-ConceptMap-CooperativeScript(Remap-CS).Tujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganpembelajaranbiologiberbasisRemap-CSdanpembelajarankonvensional2)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifantarasiswaberkemampuanakademiktinggidengansiswaberkemampuanakademikrendahdan3)mengetahuiadanyapengaruhinteraksiantaramodelpembelajaranbiologiberbasisRemap-CSdengankemampuanakademikterhadapketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.PenelitianinimerupakanpenelitianquasiexperimentdengandesainpenelitianNon-equivalentControlGroupDesign.SampelyangdigunakandalampenelitianinisebagaikelaskontroldengankemampuanakademikrendahialahkelasXMIA2SMANegeri2BatudankelaskontrolkemampuanakademiktinggiadalahkelasXMIA3SMANegeri1BatukelaseksperimendengankemampuanakademikrendahialahkelasXMIA1SMANegeri2BatudankelaseksperimendengankemampuanakademiktinggiadalahkelasXMIA1SMANegeri1Batu.Instrumenpengukuranketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkritisyangdigunakanberupatesessayyangterintegrasidenganteshasilbelajarkognitif.HasiljawabansiswadianalisisdenganmenggunakanrubrikketerampilanmetakognitifyangdikembangkanolehCorebima(2009)rubrikketerampilanberpikirkritisyangdikembangkanolehZubaidahdkk.(2015)danpenyekoranhasilbelajarkognitifberdasarkantingkatkognitifBloomyangtelahdirevisiolehAndersondanKrathwohl(2015).SelanjutnyahasilpenelitianyangdidapatkandiujistatistikdenganteknikAnacova.Hasilpenelitianiniadalah1)AdaperbedaanpadaketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXSMANegeriKotaBatuyangdibelajarkandenganpembelajaranbiologiberbasispembelajaranbiologiberbasisRemap-CSdanpembelajarankonvensional.SiswayangdibelajarkandenganpembelajaranRemap-CSmendapatkanrata-rataterkoreksiketerampilanmetakognitif3125%keterampilanberpikirkritis4167%danhasilbelajarkognitif2466%lebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganpembelajarankonvensional2)AdaperbedaanpadaketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifantarasiswaberkemampuanakademiktinggidengansiswaberkemampuanakademikrendahkelasXSMANegeriKotaBatu.Siswaberkemampuanakademiktinggimemilikirata-rataterkoreksiketerampilanmetakognitif4306%keterampilanberpikirkritis5351%danhasilbelajarkognitif3932%lebihtinggidaripadasiswaberkemampuanakademikrendah3)AdapengaruhinteraksistrategipembelajaranbiologiberbasisRemap-CSdengankemampuanakademikterhadapketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXSMANegeridiKotaBatu.InteraksistrategipembelajaranbiologiberbasisRemap-CSdengankemampuanakademiktinggimemilikirata-rataterkoreksilebihtinggidaripadaketigainteraksiyanglain.BerdasarkantemuanpadapenelitianinidapatdiusulkanpenggunaanpembelajaranbiologiberbasisRemap-CSuntukmemberdayakanketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifbagisiswaberkemampuanakademiktinggidansiswaberkemampuanakademikrendah.