Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif dan retensi siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA Negeri di Bojonegoro / Nilam Retnosari

Main Author: Retnosari, Nilam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/60629/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRetnosariNilam.2016.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanMultimediaInteraktifterhadapKeterampilanBerpikirKritisBerpikirKreatifdanRetensiSiswapadaPembelajaranBiologiKelasXISMANegeridiBojonegoro.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.(II)Dr.HadiSuwonoM.SiKataKunciinkuiriterbimbingmultimediainteraktifketerampilanberpikirkritisberpikirkreatifretensi.StudiTrendsinInternationalMathematicsandScienceStudy(TIMSS)menunjukkansiswaIndonesiaberadapadarangkingyangsangatrendahdalamkemampuanteorianalisispemecahanmasalahdanmelakukaninvestigasi.Kemampuanrata-ratasiswapalingtinggiadalahdomainpengetahuan(knowing)sedangkankemampuanpadadomainpenalaran(reasoning)danpenerapan(applying)relatifrendah.SurveinasionalpendidikandiIndonesiajugamenyebutkanbahwapendidikanformaldiIndonesiakurangmengembangkanaspekkreativitassiswa(Tridjata2002).Salahsatumodelpembelajaranyangdirancangagarsiswadapatmelakukankegiataninvestigasiadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Suchman(2010)menyatakanbahwainkuiridapatdigunakanberpikirinduktifberpikirkreatifbelajarmenemukan(discovery)danmelatihkanketerampilankerjailmiah.Melaluikegiatanpembelajaranberpendekataninkuiridiharapkanakanmemberikankesempatanbagisiswauntukmengembangkanketerampilanberpikirkreatifnyakarenadalaminkuirisiswadapatmengeksplorpengetahuannyamembuatberbagaimacamalternatifpemikiranidesertajawabannya.TujuandaripenelitianiniadalahmenganalisispengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultimediainteraktifterhadapketerampilanberpikirkritisberpikirkreatifdanretensisiswakelasXISMANegeridiBojonegoro.PenelitianinimerupakanQuasiExperimentdenganrancanganPretest-PostestNonequivalentControlGroupDesign.Penelitiandilakukanpadasemestergenaptahunpelajaran2015/2016bulanMaret-MeidiSMANegeri1SumberrejoBojonegoro.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIdiSMANegeri1Sumberrejo.Teknikpengambilansampelsecaraclusterrandomsamplingyangdidasarkanpadahasilujikesetaraannilaikognitifsiswa.SampelpenelitianadalahsiswaKelasXIIPA5sebagaikelaseksperimen1yangdibelajarkandenganinkuiriterbimbingberbantuanmultimediainteraktifKelasXIIPA1sebagaikelaseksperimen2yangdibelajarkandenganinkuiriterbimbingdankelasXIIPA2sebagaikelaskontrol.InstrumenpenelitianyaituSilabusRencanaPelaksanaanPembelajaranLembarKegiatanSiswasoaltesberpikirkritisyangberbentukessaydanteskreativitas.Datahasilpenelitianberupapretestdanposttestkemudiandianalisisdenganstatistikmenggunakananalisiskovarian(Anakova)denganbantuanprogramSPSS22.0forWindows.Berdasarkananalisisdatadanpembahasandiperolehsimpulansebagaiberikut.Pertamamodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultimediainteraktifberpengaruhpositifterhadapketerampilanberpikirkritis.Peningkatanketerampilanberpikirkritissiswapadakelaskonvensionaldenganinkuiriterbimbingberbantuanmultimediasebesar246%kelaskonvensionaldenganinkuiriterbimbingsebesar197%dankelasinkuiridenganinkuirimultimediasebesar415%.Keduamodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultimediainteraktifberpengaruhpositifterhadapberpikirkreatif.Peningkatanberpikirkreatifsiswakelaskonvensionaldenganinkuiriterbimbingberbantuanmultimediainteraktifsebesar645%kelaskonvensionaldenganinkuiriterbimbingsebesar157%dankelasinkuiridenganinkuiriberbantuanmultimediasebesar232%.Ketigamodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultimediainteraktiftidakberpengaruhterhadapretensisiswa.