Pengaruh pembelajaran biologi berbasis reading concept map reciprocal teaching dan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitif, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri Kota Batu / Mar'atus Sholihah

Main Author: Sholihah, Mar'atus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/60606/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSholihahMaratus.2016.PengaruhPembelajaranBiologiBerbasisReadingConceptMapReciprocalTeaching(RemapRT)danKemampuanAkademikBerbedaterhadapKeterampilanMetakognitifKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXSMANegeriKotaBatu.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd(II)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.KataKunciRemapRTkemampuanakademikberbedaketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitifKeterampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkritisdiharapkandimilikiolehsiswasebagaikecakapanhidupuntukmenghadapitantanganabad21.Faktadilapanganmenunjukkanbahwaketerampilanmetakognitifdanberpikirkritisbelumbanyakdiberdayakandalampembelajaransehinggaberpengaruhterhadaprendahnyahasilbelajarkognitifsiswa.Variasikemampuanakademik(KA)jugaberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.SiswadenganKAtinggicenderungmemilikiketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifyangtinggisedangkansiswaKArendahsebaliknya.OlehkarenaitudiperlukansuatumodelpembelajaranyangdapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissiswasertameningkatkanhasilbelajarkognitifpadasiswaKAberbeda.SalahsatumodelpembelajaranyangdidugadapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissertameningkatkanhasilbelajarkognitifpadasiswaKAberbedaadalahmodelReadingConceptMapReciprocalTeaching(RemapRT).Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajarankemampuanakademikdaninteraksinyaterhadapketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.Penelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimendenganmenggunakandesainpretest-postestnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXMIASMANegeridiwilayahKotaBatudengansampelpenelitianyaitupadakemampuanakademiktinggisiswakelasXMIA3danXMIA4diSMANegeri1BatudanpadakemampuanakademikrendahsiswakelasXMIA2danXMIA4diSMANegeri2BatusemesterganjilTahunPelajaran2015/2016.Penentuansampeldilakukandenganteknikrandomsamplingberdasarkanujikesetaraan.Datahasilpenelitianberupadatakuantitatifyangmeliputidataketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifyangdidapatkanmelaluitesessaydenganmengacupadarubrikyangberbeda.Analisisdatadilakukandengananalisisanakovapadahasilpretes-postes.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adaperbedaanketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifpadasiswayangdibelajarkandenganpembelajaranRemapRTdankonvensional.PadapembelajaranRemapRTrerataskorterkoreksiketerampilanmetakognitiflebihtinggi4874%daripembelajarankonvensionalrerataskorterkoreksiketerampilanberpikirkritislebihtinggi5593%daripembelajarankonvensionaldanrerataskorterkoreksihasilbelajarkognitiflebihtinggi4511%daripembelajarankonvensional2)adaperbedaanketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifpadasiswakemampuanakademiktinggidanrendah.SiswaKAtinggimemilikiketerampilanmetakognitiflebihtinggi3626%daripadasiswaKArendahketerampilanberpikirkritislebihtinggi5108%daripadasiswaKArendahdanhasilbelajarkognitiflebihtinggi3397%daripadasiswaKArendahdan3)terdapatpengaruhinteraksiantarastrategipembelajarandankemampuanakademikterhadapketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitif.RerataskorterkoreksiketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifpadaRemapRTKArendahlebihtinggidibandingkandengankonvensionalKAtinggi.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankangurumenggunakanpembelajaranRemapRTkarenadapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifdanketerampilanberpikirkritissertameningkatkanhasilbelajarkognitifpadasiswadengankemampuanakademikberbeda.