Pengembangan perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berbasis penelitian fitoremediasi untuk mengembangkan keterampilan ilmiah, sikap peduli lingkungan dan motivasi mahasiswa pada matakuliah dasar-dasar ilmu lingkungan / Dyah Afiat Mardikaningtyas
Main Author: | Mardikaningtyas, Dyah Afiat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60595/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMardikaningtyasDyahAfiat.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranPencemaranLingkunganBerbasisPenelitianFitoremediasiuntukMenunjangKeterampilanIlmiahSikapPeduliLingkungandanMotivasiMahasiswapadaMatakuliahDasar-dasarIlmuLingkungan.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.KataKunciPerangkatpembelajaranpencemaranlingkunganketerampilanilmiahmotivasisikappedulilingkunganPendidikanlingkunganmenjadisalahsatupendidikanyangsangatpentinguntukdilaksanakanmulaidarijenjangsekolahdasarhinggaperguruantinggi.Sebagaipengaplikasianpendidikansainsyangberorientasipadawujudpedulilingkunganmakamahasiswadiajarkanuntukmengalamiprosesbelajaruntukmemperolehpengetahuansekaligusdapatmemilikisikappedulilingkungandalamdirinya.SesuaidengandeskripsimatakuliahyangterdapatdalamKatalogJurusanBiologiFMIPAUMmatakuliahDasar-dasarIlmuLingkunganmengkajitentanglingkunganbesertapermasalahannyasalahsatunyaadalahmasalahpencemaranlingkungan.Berdasarkananalisiskebutuhanmahasiswamakadikembangkanpembelajaranuntukmateripencemaranlingkunganberbasispenelitianfitoremediasi.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranyangberkualifikasivalidpraktissertaefektifsehinggadapatdiaplikasikandanmenunjangketerampilanilmiahmotivasisertasikappedulilingkunganmahasiswaagarmerekaikutberkontribusimenjagalingkunganalamsekitardanberupayamemperbaikikerusakanyangterjadi.PenelitianinimerupakanjenispenelitianpengembangandanmenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall.Hasildaripenelitianiniberupaprodukperangkatpembelajaranpencemaranlingkunganberbasispenelitianfitoremediasiyangdiharapkanberkualifikasivalidpraktisdanefektif.Datavaliditasperangkatpembelajaranmeliputivaliditasisidanempirisdiperolehdariprosesujivalidasimenggunakanlembarvalidasiyangdinilaiolehvalidator.TingkatvaliditasperangkatpembelajaranpadabagianRencanaPerkuliahanSemester(RPS)adalah9306%bagianSatuanAcaraPerkuliahan(SAP)adalah9297%validitasbagianhandoutdariaspekkelayakanisimaterimencapai9671%validitasperangkatdariaspeksajianatautampilanmencapaitingkatvaliditas8077%secaraumumperangkatdikategorikanvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.Kepraktisanperangkatdiperolehdarihasilpengisianangketketerbacaanyangtelahdiisiolehmahasiswa.Hasilujikepraktisanmenunjukkannilai100%padaaspekkelengkapanisidan8747%dalamaspekketerbacaandankepraktisan.Perangkatpembelajarandapatdikatakanpraktisapabilamudahdigunakandandiaplikasikanbagimerekayangmenggunakan.Keefektifanperangkatdapatdilihatdarihasilyangdiinginkanmelaluipenggunaanprodukpengembanganpembelajaran.Hasilkeefektifanperangkatpembelajaranmenunjukkanhasilyangefektiftinggidibuktikandenganskorketerampilanilmiahmahasiswatergolongsangatbaiksikappedulilingkungantinggidanmotivasibelajarmahasiswatinggi.KesimpulandarihasilpenelitianiniadalahperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifsehinggaperangkatpembelajaranuntukmateripencemaranlingkunganberbasispenelitianfitoremediasidapatdiimplementasikankepadamahasiswayangmenempuhmatakuliahDasar-dasarIlmuLingkungan.