Pengembangan perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berbasis penelitian fitoremediasi untuk mengembangkan keterampilan ilmiah, sikap peduli lingkungan dan motivasi mahasiswa pada matakuliah dasar-dasar ilmu lingkungan / Dyah Afiat Mardikaningtyas

Main Author: Mardikaningtyas, Dyah Afiat
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/60595/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMardikaningtyasDyahAfiat.2016.PengembanganPerangkatPembelajaranPencemaranLingkunganBerbasisPenelitianFitoremediasiuntukMenunjangKeterampilanIlmiahSikapPeduliLingkungandanMotivasiMahasiswapadaMatakuliahDasar-dasarIlmuLingkungan.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.IbrohimM.Si.(II)Dr.EndangSuarsiniM.Ked.KataKunciPerangkatpembelajaranpencemaranlingkunganketerampilanilmiahmotivasisikappedulilingkunganPendidikanlingkunganmenjadisalahsatupendidikanyangsangatpentinguntukdilaksanakanmulaidarijenjangsekolahdasarhinggaperguruantinggi.Sebagaipengaplikasianpendidikansainsyangberorientasipadawujudpedulilingkunganmakamahasiswadiajarkanuntukmengalamiprosesbelajaruntukmemperolehpengetahuansekaligusdapatmemilikisikappedulilingkungandalamdirinya.SesuaidengandeskripsimatakuliahyangterdapatdalamKatalogJurusanBiologiFMIPAUMmatakuliahDasar-dasarIlmuLingkunganmengkajitentanglingkunganbesertapermasalahannyasalahsatunyaadalahmasalahpencemaranlingkungan.Berdasarkananalisiskebutuhanmahasiswamakadikembangkanpembelajaranuntukmateripencemaranlingkunganberbasispenelitianfitoremediasi.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahmenghasilkanperangkatpembelajaranyangberkualifikasivalidpraktissertaefektifsehinggadapatdiaplikasikandanmenunjangketerampilanilmiahmotivasisertasikappedulilingkunganmahasiswaagarmerekaikutberkontribusimenjagalingkunganalamsekitardanberupayamemperbaikikerusakanyangterjadi.PenelitianinimerupakanjenispenelitianpengembangandanmenggunakanmodelpengembanganBorgdanGall.Hasildaripenelitianiniberupaprodukperangkatpembelajaranpencemaranlingkunganberbasispenelitianfitoremediasiyangdiharapkanberkualifikasivalidpraktisdanefektif.Datavaliditasperangkatpembelajaranmeliputivaliditasisidanempirisdiperolehdariprosesujivalidasimenggunakanlembarvalidasiyangdinilaiolehvalidator.TingkatvaliditasperangkatpembelajaranpadabagianRencanaPerkuliahanSemester(RPS)adalah9306%bagianSatuanAcaraPerkuliahan(SAP)adalah9297%validitasbagianhandoutdariaspekkelayakanisimaterimencapai9671%validitasperangkatdariaspeksajianatautampilanmencapaitingkatvaliditas8077%secaraumumperangkatdikategorikanvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.Kepraktisanperangkatdiperolehdarihasilpengisianangketketerbacaanyangtelahdiisiolehmahasiswa.Hasilujikepraktisanmenunjukkannilai100%padaaspekkelengkapanisidan8747%dalamaspekketerbacaandankepraktisan.Perangkatpembelajarandapatdikatakanpraktisapabilamudahdigunakandandiaplikasikanbagimerekayangmenggunakan.Keefektifanperangkatdapatdilihatdarihasilyangdiinginkanmelaluipenggunaanprodukpengembanganpembelajaran.Hasilkeefektifanperangkatpembelajaranmenunjukkanhasilyangefektiftinggidibuktikandenganskorketerampilanilmiahmahasiswatergolongsangatbaiksikappedulilingkungantinggidanmotivasibelajarmahasiswatinggi.KesimpulandarihasilpenelitianiniadalahperangkatpembelajaranyangdikembangkantelahmemenuhikriteriavalidpraktisdanefektifsehinggaperangkatpembelajaranuntukmateripencemaranlingkunganberbasispenelitianfitoremediasidapatdiimplementasikankepadamahasiswayangmenempuhmatakuliahDasar-dasarIlmuLingkungan.