Pengaruh strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) dipadu student team achivment division (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan metakognitif di MTs Negeri Rejosa Kab. Pasuruan / Nina Zunaidah
Main Author: | Zunaidah, Nina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60575/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZunaidahNina.2014.PengaruhStrategiPembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)DipaduStudentTeamAchievmentDivision(STAD)TerhadapKemampuanBerpikirKritisDanKemampuanMetakognitifDiMTsNegeriRejosoKab.PasuruanTesis.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1).Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd(2).Dr.H.HadiSuwonoM.SiKataKunciRQASTADKemampuanBerpikirKritisKemampuanMetakognitifKeterampilanberpikirkritismerupakansuatukarakteristikyangperludikembangkandisekolahpadasetiapjenjangnyameskipunjarangdiajarkanolehgurudikelasbaiksecaraeksplisitmaupunimplisit.Berpikirkritismerupakansuatukompetensiyangharusdilatihkanpadapesertadidik.HubunganketrampilanmetakognisidenganberpikirkritisdarikomponenSelf-regulation.Selfregulationmerupakansalahsatukomponenberpikirkritis.Selfregulationmerupakansalahsatukomponenberpikirkritis.Tujuanpenelitianyangingindicapaidalampenelitianiniadalahsebagaiberikut1)MenganalisapengaruhstrategipembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)dipaduStudentTeamAchievmentDivision(STAD)terhadapkemampuanberpikirkritisdiMTsNRejosoKabupatenPasuruan.2)MenganalisapengaruhstrategipembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)dipaduStudentTeamAchievmentDivision(STAD)terhadapkemampuanmetakognitifdiMTsNRejosoKabupatenPasuruan.HasilpenelitianmengungkapkanbahwatidakadapengaruhstrategipembelajaranterhadapkemampuanberpikirkritisnamunpadastrategipembelajaranRQAdipaduSTADberpengaruhsignifikanterhadapkesadaranmetakognitifinventoriMAIdanketrampilanmetakognitifdenganrubrik.PeningkatankesadaranmetakognitifinventoriMAIsiswamengalamipeningkatkansebesar402%lebihtinggidaripadastrategikonvensionaldibandingkandenganmenggunakanpembelajarankonvensionalsebesar386%.PadaketrampilanmetakognitifmengalamikenaikanketrampilanmetakognitifsiswadenganrubrikyangdiajardenganRQAdipaduSTADlebihtinggi1232%dibandingkanmenggunakanpembelajarankonvensional552%.Bertitiktolakdaritemuanpenelitianinibeberapasaranyangdapatdiajukanolehpenelitiadalah1)PerludilakukanpenelitianberikutnyaterkaitdenganstrategipembelajaranyanglainmisalpaduanRQAdengantipekooperatiflainnya.2).Variabelterikatyangsudahditelitidalampenelitianiniterbataspadahasilbelajaryangmeliputikemampuanberpikirkritisdankemmapuanmetakognitif.Perludilakukanpenelitianuntukjenishasilbelajarlainnyamisalnyahasilbelajarkognitifretensiataukemampuanakademikbawahatauakademikatas.3).Perludilaksanakanpenelitianyangmemadukanstrategi-strategipembelajaranberbasiskonstruktivismeberbasisstudentcenteredselainRQAdipaduSTAD4).Penelitianinidilakukansatusemesterkalaumemungkinkanperludilakukanpenelitiandalamkurunwaktulebihlamalagiuntukmemperolehhasilyanglebihbaikterutamadalampengembangankemampuanberpikirkritisdankemampuanmetakognitif.