Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis reading concept mapping (remap) stad terhadap minat baca, kemampuan metakognitif, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas X SMA Malang / Lya Ratnawati
Main Author: | Ratnawati, Lya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60573/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRatnawatiLya.2015.PengaruhModelPembelajaranBiologiBerbasisReadingConceptMapping(REMAP)STADterhadapMinatBacaKemampuanMetakognitifKeterampilanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXSMAMalang.TesisProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.(II)Prof.Dr.A.DuranCorebimaM.Pd.KataKunciRemapSTADminatbacakemampuanmetakognitifketerampilanberpikirkritishasilbelajarkognitif.Membacamerupakanaktivitasyangdapatmerangsangotakuntukberpikirsehinggamemperluasdanmemperkayawawasansertadapatmembentukpribadiyangungguldankompetitif.FaktanyaminatbacasiswadiIndonesiarendah.Rendahnyaminatbacadikhawatirkanberdampakpadakesadaranmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.UpayauntukmemberdayakanminatbacakemampuanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifBiologisiswadilakukanmelaluipembelajaranReadingconceptmapping(Remap)STAD.Modelpembelajaraninimengharuskansiswamembaca(Reading)sebelumditerapkanmodelpembelajarankooperatifSTADkemudiansiswadimintamembuatpetakonsep(ConceptMap).Melaluimembacasiswadapatmenambahwawasandanpengetahuanbaru.PengetahuanbaruyangdiperolehsiswadiperdalamdenganberdiskusimelaluipembelajarankooperatifSTADkemudiandituangkandalampembuatanpetakonsep.Padaakhirnyadiharapkandapatmeningkatkanminatbacakemampuanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimensemuatauquasiexperimentdenganrancanganpretest-posttestnonequivalentcontrolgrupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswaSMAdiwilayahKotaMalangsedangkansampelyangdigunakanadalahsiswakelasXMIASMANegeri9Malang.Instrumenpenelitianberupaangketminatbacasiswainventorikesadaranmetakognitif(MAI)tesketerampilanmetakognitiftesketerampilanberpikirkritisdanteshasilbelajarkognitif.Pengumpulandatamelaluipretestdanposttest.Analisisdatadilakukandengananalisisdeskriptifdanuntukmengujihipotesisdilakukanujianakova.Sebelumdilakukanujistatistikterlebihdahuludilakukanujinormalitasdanhomogenitas.Berdasarkananalisisdatadanpembahasandapatdirumuskankesimpulansebagaiberikut(1)modelpembelajaranberpengaruhsignifikanterhadapketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswatetapi(2)modelpembelajarantidakberpengaruhsignifikanterhadapminatbacadankesadaranmetakognitifsiswa.BerdasarkankesimpulantersebutpenelitimenyarankanpadawaktuprosespembelajarangurudiharapkanmenggunakanmodelpembelajaranRemapSTADsecarakonsistenkarenatelahterbuktikeberhasilannyauntukmeningkatkanketerampilanmetakognitifketerampilanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswa.