Pengaruh strategi problem based learning dipadu jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kabupaten Jember / Ray Sitta Nurmala
Main Author: | Nurmala, Rayh Sitta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60561/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurmalaRayhSitta.2015.PengaruhStrategiProblemBasedLearningDipaduJigsawterhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXSMAdiKabupatenJember.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(II)Dr.IbrohimM.Si.KatakuncistrategiproblembasedlearningjigsawkemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitifPendidikanmerupakansuatukebutuhanyangharusdipenuhidalamproseskehidupan.Majunyasuatubangsadipengaruhiolehmutupendidikanbangsaitusendirikarenapendidikanyangtinggidapatmencetaksumberdayamanusiayangberkualitas.Masalahdalamduniapendidikansaatiniadalahsiswakurangdilatihuntukmengembangkankemampuanberpikirnya.Halinidisebabkangurumasihmenganggapmemberikaninformasilebihpentingdaripadamelatihkemampuanberpikir.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatmelatihsiswauntukmampubelajarmandirimelatihkemampuanberpikirtingkattinggidandiharapkanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahstrategiProblemBasedLearningdipaduJigsaw.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategiProblemBasedLearningdipaduJigsawterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXSMAdikabupatenJember.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniseluruhsiswakelasXSMAdikabupatenJembertahunpelajaran2014/2015.SampelpenelitianinisiswakelasXIPA3sebagaikelompokkontrolXIPA1XIPA2danXIPA4sebagaikelompokeksperimen.Teknikpengambilansampeldilakukandenganmenggunakantekniksimplerandomsampling.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmemberikantesuraiantertulis.Ujihipotesismenggunakananakova.SebelumdilakukanujihipotesisdilakukanujinormalitasmenggunakanKolmogorov-SmirnovTestdanujihomogenitasmenggunakanLevenesTestuntukmengetahuidataterdistribusinormaldanhomogen.Berdasarkanhasilanalisisdatapenelitiandanpembahasandapatdisimpulkanbahwahasilujianakovauntukkemampuanberpikirkritismenunjukkannilaip0729lebihbesardari945005menunjukkanbahwastrategipembelajarantidakberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritis.Hasilujianakovauntukhasilbelajarkognitifmenunjukkannilaip0037lebihkecildari945005menunjukkanbahwastrategipembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitif.