Pengaruh strategi problem based learning dipadu jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA di Kabupaten Jember / Ray Sitta Nurmala

Main Author: Nurmala, Rayh Sitta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/60561/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurmalaRayhSitta.2015.PengaruhStrategiProblemBasedLearningDipaduJigsawterhadapKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXSMAdiKabupatenJember.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AloysiusDuranCorebimaM.Pd.(II)Dr.IbrohimM.Si.KatakuncistrategiproblembasedlearningjigsawkemampuanberpikirkritishasilbelajarkognitifPendidikanmerupakansuatukebutuhanyangharusdipenuhidalamproseskehidupan.Majunyasuatubangsadipengaruhiolehmutupendidikanbangsaitusendirikarenapendidikanyangtinggidapatmencetaksumberdayamanusiayangberkualitas.Masalahdalamduniapendidikansaatiniadalahsiswakurangdilatihuntukmengembangkankemampuanberpikirnya.Halinidisebabkangurumasihmenganggapmemberikaninformasilebihpentingdaripadamelatihkemampuanberpikir.SalahsatustrategipembelajaranyangdapatmelatihsiswauntukmampubelajarmandirimelatihkemampuanberpikirtingkattinggidandiharapkanmampumeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahstrategiProblemBasedLearningdipaduJigsaw.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategiProblemBasedLearningdipaduJigsawterhadapkemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXSMAdikabupatenJember.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu.Desainpenelitianyangdigunakanadalahpretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianiniseluruhsiswakelasXSMAdikabupatenJembertahunpelajaran2014/2015.SampelpenelitianinisiswakelasXIPA3sebagaikelompokkontrolXIPA1XIPA2danXIPA4sebagaikelompokeksperimen.Teknikpengambilansampeldilakukandenganmenggunakantekniksimplerandomsampling.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmemberikantesuraiantertulis.Ujihipotesismenggunakananakova.SebelumdilakukanujihipotesisdilakukanujinormalitasmenggunakanKolmogorov-SmirnovTestdanujihomogenitasmenggunakanLevenesTestuntukmengetahuidataterdistribusinormaldanhomogen.Berdasarkanhasilanalisisdatapenelitiandanpembahasandapatdisimpulkanbahwahasilujianakovauntukkemampuanberpikirkritismenunjukkannilaip0729lebihbesardari945005menunjukkanbahwastrategipembelajarantidakberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritis.Hasilujianakovauntukhasilbelajarkognitifmenunjukkannilaip0037lebihkecildari945005menunjukkanbahwastrategipembelajaranberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitif.