Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Numbered Heads Together (NHT) berbantuan modul pengelolaan sampah berbasis 6M terhadap keterampilan berpikir ktitis, pengetahuan, sikap, dan perilaku pengelolaan sampah kelas VII SMP Negeri 1 Megaluh Jombang / Arini Rahma

Main Author: Dhani, Arini Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/60538/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDhaniAriniRahma.2015.PengaruhPembelajaranInkuiriTerbimbingDipaduNumberedHeadsTogether(NHT)BerbantuanModulPengelolaanSampahBerbasis6MTerhadapKeterampilanBerpikirKritisPengetahuanSikapdanPerilakuPengelolaanSampahSiswaKelasVIISMPNegeri1MegaluhJombang.TesisJurusanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiM.S.(II)Dr.FatchurRohmanM.Si.KatakunciPembelajaranInkuiriTerbimbingDipaduNumberedHeadsTogether(NHT)ModulPengelolaanSampah6MKeterampilanBerpikirirKritisPengetahuanSikapPerilakuPengelolaanSampah.Pendidikantentangpengelolaansampahdiperlukansebagaiupayauntukmengubahperilakumanusiamenjaditerampilmengelolasampah.BerdasarkanPeraturanMenteriPekerjaanUmumtentangKebijakandanStrategiNasionalPengembanganSistemPengelolaanPersampahan(KSNP-SPP)salahsatustrategidalampeningkatanperanaktifmasyarakatuntukmelaksanakanpengelolaansampahialahdenganmeningkatkanpemahamantentangpengelolaansampahsejakdinimelaluipendidikanbagianakusiasekolah.KurikulumKBK2006(KTSP)dan2013merupakankurikulumyangberbasiskompetensisehinggapadasetiapmatapelajaranharusmampumendukungtigaranahkompetensikelulusanyaitupengetahuansikapdanketerampilan/perilaku.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuipengaruhpembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6Mterhadapketerampilanberpikirkritis2)mengetahuipengaruhpembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6Mterhadappengetahuan3)mengetahuipengaruhpembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6Mterhadapsikap4)mengetahuipengaruhpembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6Mterhadapperilakupengelolaansampah.Penelitianinitergolongpenelitianeksperimensemu(quasieksperimentaldesign)denganrancanganpenelitianNonequivalentControlGroupDesign.VariabelbebaspenelitianadalahpembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6M.Analisisyangdigunakanadalahanalisisanakova.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6MberpengaruhsignifikanterhadapketerampilanberpikirkritispengetahuansikapdanperilakupengelolaansampahkelasVIISMPNegeri1MegaluhJombang.Nilairata-ratasiswadenganpembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6Mpadaketerampilanberpikirkritissebesar78nilairata-ratapengetahuansebesar88nilairata-ratasikapsebesar91dannilairata-rataperilakupengelolaansampahsebesar60.Saranyangdapatdiajukansebagaiberikut(1)sebaiknyasaatpemanggilannomorsiswayangditunjukadalahsiswayangjawabannyakurangtepatataupalingberbedadarisiswalainnya(2)kebosanaansiswadalampembelajarandapatdiatasidenganmembuatpembelajaranyangkreatifdankegiatanpembelajaranyangmenyenangkan(3)pembelajaraninkuiriterbimbingdipaduNHTberbantuanmodulpengelolaansampahberbasis6MdirekomendasikandalampembelajaranbiologiditingkatSMP(4)penggunaanmodulpengelolaansampahberbasis6Mdapatdipadukandenganstrategimaupunpendekatanpembelajarankontekstuallain(5)modulpengelolaansampahberbasis6MinidapatmenjadibahanpertimbanganuntukdimasukkandalamkurikulumIlmuPengetahuanLingkungan(6)modulpengelolaansampahberbasis6MinidapatmenjadibahanpertimbangansebagaisaranamenujuprogramsekolahAdiwiyatamaupunsebagaipenunjangprogamsekolahAdiwiyata.