Pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi pada penerapan strategi pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dipadu TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas XI IPA di Malang / Kurnia Nurul Habibah
Main Author: | Habibah, Kurnia Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60522/ |
Daftar Isi:
- HabibahNurulKurnia.2015.PengaruhGenderterhadapKeterampilanMeta-kognitifdanHasilBelajarKognitifBiologiSiswaKelasXIIPApadaPenerapanStrategiPembelajaranPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)DipaduTPS(ThinkPairShare)diMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd.(2)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.KataKunciGenderKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifBiologiStrategiPembelajaranPBMPdipaduTPS.Gendermerupakansalahsatufaktoryangdiakuiberdampakpadaperkembanganmentaldanpencapaianprestasibelajarsiswa.Berdasarkanpadatemuanterkaitpencapaianhasilbelajarpadaumumnyamenunjukkanbahwasiswaperempuanlebihungguldaripadasiswalaki-laki.Perluadaupayauntukmemberikanlingkunganbelajaryangsesuaibaikbagisiswalaki-lakimaupunsiswaperempuanmelaluipenerapanstrategipembelajaranyangtepat.Pencapaianhasilbelajarsiswaakanbaikapabilamerekamemilikiketerampilanmetakognitifyangbaikpula.SalahsatustrategiyangdapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifadalahstrategipembelajaranPBMPdipaduTPS.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapengaruhgenderterhadapketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifbiologisiswakelasXIIPApadapenerapanstrategipembelajaranPBMPdipaduTPS.Jenispenelitianiniadalahquasiexperiment.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahgender.Variabelterikatdalampenelitianiniadalahketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifbiologi.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPAdiMalangtahunajaran2012/2013semesterganjil.SampelsekolahyangdigunakandalampenelitianiniadalahSMAN9MalangdanSMAAlMaarifSingosari.KeduasekolahtersebuttelahdiujikesetaraannyadenganmenggunakannilairaporkelasXsemestergenap.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifadalahtesessay.Penilaianketerampilanmetakognitifmenggunakanrubriksedangkanhasilbelajarkognitifmenggunakankuncijawaban.HipotesispenelitiandiujimenggunakanAnakova.Hasilanalisisdatamenunjukkannilaisignifikansisebesar0686untukketerampilanmetakognitifsedangkanuntukhasilbelajarkognitifnilaisignifikansiyangdiperolehsebesar0925.HalinimengartikanbahwagendertidakberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifbiologisiswakelasXIIPApadapenerapanstrategipembelajaranPBMPdipaduTPS.Halinimenunjukkanbahwastrategipembelajaraninimampumeminimalisirperbedaangendermelaluipembelajaransehinggasiswalaki-lakidanperempuandapatmencapaiketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifyangsetara.Penelitimenyarankanperludilakukannyapenelitiantentangpengaruhgenderpadapenerapanstrategipembelajaranlainyangberpotensidalammemberdayakanketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifsiswa.Melaluipenelitianserupaakandidapatkaninformasiyanglebihluastentangstrategipembelajaranmanayangsesuaibagisiswalaki-lakidanperempuanagardapatmemperolehpencapaianketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifyangsetara.