Pengaruh gender terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif biologi pada penerapan strategi pembelajaran PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dipadu TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas XI IPA di Malang / Kurnia Nurul Habibah

Main Author: Habibah, Kurnia Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/60522/
Daftar Isi:
  • HabibahNurulKurnia.2015.PengaruhGenderterhadapKeterampilanMeta-kognitifdanHasilBelajarKognitifBiologiSiswaKelasXIIPApadaPenerapanStrategiPembelajaranPBMP(PemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan)DipaduTPS(ThinkPairShare)diMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd.(2)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D.KataKunciGenderKeterampilanMetakognitifHasilBelajarKognitifBiologiStrategiPembelajaranPBMPdipaduTPS.Gendermerupakansalahsatufaktoryangdiakuiberdampakpadaperkembanganmentaldanpencapaianprestasibelajarsiswa.Berdasarkanpadatemuanterkaitpencapaianhasilbelajarpadaumumnyamenunjukkanbahwasiswaperempuanlebihungguldaripadasiswalaki-laki.Perluadaupayauntukmemberikanlingkunganbelajaryangsesuaibaikbagisiswalaki-lakimaupunsiswaperempuanmelaluipenerapanstrategipembelajaranyangtepat.Pencapaianhasilbelajarsiswaakanbaikapabilamerekamemilikiketerampilanmetakognitifyangbaikpula.SalahsatustrategiyangdapatmemberdayakanketerampilanmetakognitifadalahstrategipembelajaranPBMPdipaduTPS.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanapengaruhgenderterhadapketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifbiologisiswakelasXIIPApadapenerapanstrategipembelajaranPBMPdipaduTPS.Jenispenelitianiniadalahquasiexperiment.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahgender.Variabelterikatdalampenelitianiniadalahketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifbiologi.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasXIIPAdiMalangtahunajaran2012/2013semesterganjil.SampelsekolahyangdigunakandalampenelitianiniadalahSMAN9MalangdanSMAAlMaarifSingosari.KeduasekolahtersebuttelahdiujikesetaraannyadenganmenggunakannilairaporkelasXsemestergenap.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifadalahtesessay.Penilaianketerampilanmetakognitifmenggunakanrubriksedangkanhasilbelajarkognitifmenggunakankuncijawaban.HipotesispenelitiandiujimenggunakanAnakova.Hasilanalisisdatamenunjukkannilaisignifikansisebesar0686untukketerampilanmetakognitifsedangkanuntukhasilbelajarkognitifnilaisignifikansiyangdiperolehsebesar0925.HalinimengartikanbahwagendertidakberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifbiologisiswakelasXIIPApadapenerapanstrategipembelajaranPBMPdipaduTPS.Halinimenunjukkanbahwastrategipembelajaraninimampumeminimalisirperbedaangendermelaluipembelajaransehinggasiswalaki-lakidanperempuandapatmencapaiketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifyangsetara.Penelitimenyarankanperludilakukannyapenelitiantentangpengaruhgenderpadapenerapanstrategipembelajaranlainyangberpotensidalammemberdayakanketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifsiswa.Melaluipenelitianserupaakandidapatkaninformasiyanglebihluastentangstrategipembelajaranmanayangsesuaibagisiswalaki-lakidanperempuanagardapatmemperolehpencapaianketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifyangsetara.