Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis inkuiri dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X / Alifa Robitah
Main Author: | Robitah, Alifa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60496/ |
Daftar Isi:
- RobitahAlifa.2014.PengaruhPembelajaranBiologiberbasisInkuiridanCreativeProblemSolving(CPS)terhadapKemampuanBerpikirKreatifKeterampilanProsesIlmiahdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasX.Tesis.JurusanPendidikanBiologiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(2)Dr.HadiSuwonoM.SiKataKunciInkuiriCreativeProblemSolvingkemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahhasilbelajarPembelajaranabad21menuntutbeberapaketerampilanyangharusdikuasaisiswadiantaranyaadalahkemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahdanhasilbelajarkognitif.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmelatihkanketerampilantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Namundalampelaksanaanyapembelajaraninkuirimemilikibeberapakelebihandankekuranganpadabeberapatahapannyaterutamadalammelatihkankreativitas.Olehkarenaituuntuklebihmemfasilitasisiswamengasahkemampuanberpikirkreatifdibutuhkanpengintegrasiandenganmodelpembelajaranyangmenekankanpadapemberdayaanberpikirkreatif.ModelpembelajarantersebutadalahCreativeProblemSolving(CPS).PengintegrasikanmodelpembelajaraninkuiridanCPSinidiharapkandapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahdanhasilbelajarkognitifsiswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimensemu(quasyexperimentdesign)denganrancanganpretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdesign.Analisisdatadilakukandenganstatistikdeskriptifuntukmenggambarkanhasilpenelitiansecaraumumdanstatistikparametrikuntukmengujihipotesisyaituanalisiskovarian(anakova)denganmenggunakanSPSS16.0forWindowsdengantarafsignifikansi005.PenelitianinidilakukandiSMAArRahmahPutri.Sampelpenelitianadalahtigakelasdaritotal4kelasXyangkondisiprestasibelajarnyahampirsama.TerdapattigakelaseksperimenyaitukelasInkuirikelasCPSdankelasInkuiriCPS.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelInkuiriCPSdanInkuiriCPSberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahdanhasilbelajarkognitifsiswa.ModelpembelajaranyangmemilikipengaruhpalingtinggiterhadapkemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifadalahCPSdanberbedanyatadenganmodelinkuirinamuntidakberbedanyatadenganInkuiriCPS.SedangkanModelpembelajaranyangmemilikipengaruhpalingtinggiterhadapketerampilanprosesilmiahsiswaadalahInkuiriCPSdanberbedanyatadenganmodelinkuirinamuntidakberbedanyatadenganCPS.KesimpulandaripenelitianiniadalahmodelpembelajaranyangberfokuspadapemberdayaankreativitassepertiCPSdanInkuiriCPSdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahsiswasertahasilbelajarkognitif.PadapenerapanmodelInkuiriCPSdisarankanagarsiswabekerjasecaraindividuterlebihdahulukemudianbaruberkelompokuntukmemberikankesempatanbagimasing-masingsiswauntukberpikirdivergensehinggamenunjangproseskreatif.