Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis inkuiri dan Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif, keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X / Alifa Robitah

Main Author: Robitah, Alifa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60496/
Daftar Isi:
  • RobitahAlifa.2014.PengaruhPembelajaranBiologiberbasisInkuiridanCreativeProblemSolving(CPS)terhadapKemampuanBerpikirKreatifKeterampilanProsesIlmiahdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasX.Tesis.JurusanPendidikanBiologiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.D(2)Dr.HadiSuwonoM.SiKataKunciInkuiriCreativeProblemSolvingkemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahhasilbelajarPembelajaranabad21menuntutbeberapaketerampilanyangharusdikuasaisiswadiantaranyaadalahkemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahdanhasilbelajarkognitif.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmelatihkanketerampilantersebutadalahmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Namundalampelaksanaanyapembelajaraninkuirimemilikibeberapakelebihandankekuranganpadabeberapatahapannyaterutamadalammelatihkankreativitas.Olehkarenaituuntuklebihmemfasilitasisiswamengasahkemampuanberpikirkreatifdibutuhkanpengintegrasiandenganmodelpembelajaranyangmenekankanpadapemberdayaanberpikirkreatif.ModelpembelajarantersebutadalahCreativeProblemSolving(CPS).PengintegrasikanmodelpembelajaraninkuiridanCPSinidiharapkandapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahdanhasilbelajarkognitifsiswa.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimensemu(quasyexperimentdesign)denganrancanganpretest-posttestnonequivalentcontrolgroupdesign.Analisisdatadilakukandenganstatistikdeskriptifuntukmenggambarkanhasilpenelitiansecaraumumdanstatistikparametrikuntukmengujihipotesisyaituanalisiskovarian(anakova)denganmenggunakanSPSS16.0forWindowsdengantarafsignifikansi005.PenelitianinidilakukandiSMAArRahmahPutri.Sampelpenelitianadalahtigakelasdaritotal4kelasXyangkondisiprestasibelajarnyahampirsama.TerdapattigakelaseksperimenyaitukelasInkuirikelasCPSdankelasInkuiriCPS.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelInkuiriCPSdanInkuiriCPSberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahdanhasilbelajarkognitifsiswa.ModelpembelajaranyangmemilikipengaruhpalingtinggiterhadapkemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifadalahCPSdanberbedanyatadenganmodelinkuirinamuntidakberbedanyatadenganInkuiriCPS.SedangkanModelpembelajaranyangmemilikipengaruhpalingtinggiterhadapketerampilanprosesilmiahsiswaadalahInkuiriCPSdanberbedanyatadenganmodelinkuirinamuntidakberbedanyatadenganCPS.KesimpulandaripenelitianiniadalahmodelpembelajaranyangberfokuspadapemberdayaankreativitassepertiCPSdanInkuiriCPSdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifketerampilanprosesilmiahsiswasertahasilbelajarkognitif.PadapenerapanmodelInkuiriCPSdisarankanagarsiswabekerjasecaraindividuterlebihdahulukemudianbaruberkelompokuntukmemberikankesempatanbagimasing-masingsiswauntukberpikirdivergensehinggamenunjangproseskreatif.