Penerapan model reading map Group Investigation (GI) untuk meningkatkan minat baca, kemampuan berpikir kritis, kesadaran metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Surya Buana Malang / Erfitra Rezqi Prasmala

Main Author: Prasmala, Erfitra Rezqi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60468/
Daftar Isi:
  • PrasmalaErfitraRezqi.2014.PenerapanModelReadingMapGroupInvestigation(GI)untukMeningkatkanMinatBacaKemampuanBerpikirKritisKesadaranMetakognitifdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasXSMASuryaBuanaMalang.Tesis.JurusanPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SitiZubaidahM.Pd.(2)Dr.SusriyatiMahanalM.PdKataKunciReadingconceptmapgroupinvestigationminatbacaberpikirkritiskesadaranmetakognitifhasilbelajarRendahnyaminatbacadikalangansiswaakanberpengaruhterhadapkualitaspendidikankhususnyadalampembelajaranBiologi.Prosesmembacamerupakanprosesberpikirdanbernalar.Prosesbelajaryangbelummengembangkanminatbacakemampuanberpikirkritisdanmetakognitifakanberpengaruhterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.BerdasarkanhasilobservasipadapembelajaranBiologidikelasXSMASuryaBuanaMalangterlihatbahwaprosespembelajaranbelummemperhatikanminatbacakemampuanberpikirkritiskesadaranmetakognisisiswadanhasilbelajarsiswamasihrendah.ModelpembelajaranyangditerapkanuntukmeningkatkanminatbacakemampuanberpikirkritiskesadaranmetakognitifdanhasilbelajarsiswaadalahmodelReadingMapGroupInvestigation(GI).Modelpembelajaraninidilaksanakanmelaluibeberapatahap(1)reading(2)pembuatanpetakonsepdan(3)menerapkanpembelajaranGroupInvestigation.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelasdenganduasiklus.Masing-masingsiklusterdiriatastahapperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Analisisdataevaluasidanrefleksimengenaiminatbacakemampuanberpikirkritiskesadaranmetakognitifdanhasilbelajarsiswadilakukansecaradeskriptif.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXSMASuryaBuanaMalangdenganjumlahsiswa14orangyangterdiridari4siswalaki-lakidan10siswaperempuan.HasilpenelitianmenunjukkanmodelReadingMapGIdapatmeningkatkanprosesbelajar.Halinidibuktikandenganmeningkatnyarata-ratakemampuanberpikirkritissebesar273%darisiklusIkesiklusII.Kesadaranmetakognitifsiswadenganskor17314padasiklusImeningkatmenjadi17707padasiklusII.Peningkatanhasilbelajarkognitifditunjukkandenganpeningkatanrata-ratanilaiteshasilbelajarkognitifpadasiklusIyaitu6193denganpersentaseketuntasankelassebesar29%menjadi8393denganpersentaseketuntasankelassebesar78%padasiklusII.KesimpulanpenelitiantindakankelasiniadalahpenerapanmodelpembelajaranReadingMapGIdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritiskesadaranmetakognisidanhasilbelajarsiswakelasXSMASuryaBuanaMalang.