Pengaruh strategi pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan perbedaan gender terhadap keterampilan bertanya, kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, pembentukan karakter dan hasil belajar biologi siswa ke

Main Author: Kusuma, Anindita Suliya Hangesti Mandra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60460/
Daftar Isi:
  • KusumaAninditaSuliyaHangestiMandra.2014.PengaruhStrategiPembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)ThinkPairShare(TPS)RQAdipaduTPSdanPerbedaanGenderterhadapKeterampilanBertanyaKesadaranMetakognitifKeterampilanMetakognitifPembentukanKarakterdanHasilBelajarBiologiSiswaKelasVIIISMPNegeriKotaMalang.Tesis.PendidikanBiologi.Pascasarjana.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.D.KataKuncistrategiReadingQuestioningandAnswering(RQA)strategiThinkPairShare(TPS)RQATPSRQAdipaduTPSperbedaangenderketerampilanbertanyakesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifpembentukankarakterdanhasilbelajarbiologi.PolapembelajaranyangditerapkandiSMPNegeriKotaMalangmasihdidominasiolehstrategipembelajaranyangbersifatkonvensionalmeskipungurusudahmengusahakanuntukmenerapkanpembelajaranberpolakonstruktivis.Pembelajaranyangdilakukanlebihmenekankanpadahasilakhirsiswayaknihasilteskognitifbelummengupayakanuntukmemberdayakankemampuanmetakognitifsiswakurangmemperhatikankemampuan-kemampuanyangdimilikiolehsiswadengangenderyangberbedadanpembelajarankurangmemberdayakankarakterpositifsiswa.SalahsatustrategipembelajaranyangdigunakanuntukmengatasihaltersebutadalahstrategipembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)strategipembelajaranThinkPairShare(TPS)danRQAyangdipaduTPS.TujuandaripenelitianiniadalahmengetahuipengaruhstrategipembelajaranReadingQuestioningandAnswering(RQA)strategiThinkPairShare(TPS)RQAdipaduTPSpengaruhperbedaangenderdaninteraksistrategipembelajarandenganperbedaangenderterhadapketerampilanbertanyakesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifkarakterdanhasilbelajarkognitifsiswakelasVIIISMPNegeriKotaMalang.RancanganpenelitianadalaheksperimensemudenganpretesdanpostesNonequivalentControlGroupDesign.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeriKotaMalangtahunpelajaran2013/2014dansampelpenelitianadalahsiswakelasVIIISMPNegeri1MalangdanSMPNegeri5Malang.Masing-masingstrategiyangdigunakantermasukkonvensionaldiwakiliolehduakelas.KeterampilanbertanyadiukurmenggunakanrubrikpenilaiantingkatkognitifpertanyaanberdasarkantaksonomiBloomkesadaranmetakognitifdiukurmenggunakaninventorikesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifdiukurmenggunakaninventoriketerampilanmetakognitifdanachievementtestkarakterdiukurmenggunakanangketkarakterdanhasilbelajarkognitifdiukurmenggunakantesuraian.Datahasilpenelitianpretesdanposteshasilpenelitiandianalisismenggunakanteknikanalisiskovarian(anakova)sedangkanketerlaksanaansintakspembelajarandianalisismenggunakanteknikanalisisregresi.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanstrategipembelajaranberpengaruhterhadapketerampilanbertanyakesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifkarakterdanhasilbelajarsiswa.StrategiRQAdipaduTPSpalingtinggidalammeningkatkanketerampilanbertanyaketerampilanmetakognitifangketdibandingkanstrategilainyangdigunakandalampenelitian.Rata-rataterkoreksistrategiRQAdipaduTPS1501%lebihtinggidibandingkandenganstrategiRQAdalammeningkatkanketerampilanbertanyasiswa.Rata-rataskorterkoreksipadapembelajarandenganstrategiRQAdipaduTPS265%lebihtinggidibandingkandenganpembelajarandenganstrategiRQAdalammeningkatkanketerampilanmetakognitifsiswamenggunakanangket.Rata-rataterkoreksistrategiRQAdipaduTPS361%lebihtinggidibandingkandenganstrategiRQAdalammeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswa.Padavariabelketerampilanmetakognitif(achievementtest)strategiRQAsamatinggidenganRQAdipaduTPSdalammeningkatkanketerampilanmetakognitif.StrategiRQApalingtinggidalammeningkatkankesadaranmetakognitifdankaraktersiswa.Padavariabelkesadaranmetakognitifrata-rataterkoreksistrategiRQA6168%lebihtinggidibandingkanpembelajarandenganstrategiRQAdipaduTPS.PadavariabelkarakterstrategiRQApalingtinggidalammeningkatkankaraktersiswatetapitidakberbedanyatadenganstrategiRQAdipaduTPS.Perbedaangendertidakberpengaruhterhadapketerampilanbertanyakesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifangketdankaraktertetapiberpengaruhterhadapketerampilanmetakognitifterintegrasi(achievementtest)danhasilbelajarkognitif.Rata-rataskorterkoreksiketerampilanmetakognitif(achievementtest)siswaperempuan543%lebihtinggidibandingkandengansiswalaki-laki.Rata-rataskorterkoreksihasilbelajarkognitifsiswaperempuansebesar410%lebihtinggidibandingkansiswalaki-laki.12288122881228812288Interaksistrategipembelajarandenganperbedaangendertidakberpengaruhterhadapketerampilanbertanyasiswakesadaranmetakognitifketerampilanmetakognitifkarakterdanhasilbelajarsiswa.KombinasiRQAdipaduTPSdengansiswaperempuanmemilikirata-rataskortertinggidalammeningkatkanketerampilanbertanya.PadavariabelkesadaranmetakognitifkombinasiantaraRQAdipaduTPSdengansiswalaki-lakimemilikirata-rataterkoreksi697%lebihtinggidibandingkankombinasikonvensionaldengansiswaperempuan.KombinasiRQAdipaduTPSdengansiswalaki-lakidankombinasiRQAdipaduTPSdengansiswaperempuansamatinggidalammeningkatkanketerampilanmetakognitifyangdiukurdenganangketMSI.Padavariabelketerampilanmetakognitif(achievementtest)kombinasiRQAdipaduTPSdengansiswaperempuanmemilikipotensipalingtinggidalammeningkatkanketerampilanmetakognititifsiswadenganrata-rataterkoreksi887%lebihtinggidibandingkankombinasistrategiRQAdipaduTPSdengansiswalaki-laki.PadavariabelkarakterkombinasiRQAdengansiswaperempuanpalingtinggidalammeningkatkankaraktersiswa.PadavariabelhasilbelajarkognitifkombinasiantaraRQAdipaduTPSdengansiswaperempuanpalingtinggidalammeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswayakni4317%lebihtinggidibandingkankombinasikonvensionaldengansiswalaki-laki.Sarandalampenelitianyakniguruperlumenerapkanstrategi-strategipembelajaranyangmemberdayakankemampuanmetakognitif.PengukuranketerampilanmetakognitifmenggunakanangketMSItidakdapatmerekamdenganbaikketerampilanmetakognitifsiswamakacarapengukuranketerampilanmetakognitifsiswaselamapembelajaransebaiknyamemanfaatkanachievementtestdenganmenggunakanrubrik.