Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri dipadu STM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII SMPN 3 Peterongan / Ita Ainun Jariyah

Main Author: Jariyah, Ita Ainun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60446/
Daftar Isi:
  • JariyahItaAinun.2014.PengembanganBahanAjarIPABerbasisInkuiriDipaduSTMuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanKeterampilanProsesSainsPesertaDidikKelasVIISMPN3Peterongan.TesisProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasrajanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.agr.H.Moh.AminS.PdM.Pd(2)Dr.HadiSuwonoM.SiKataKuncibahanajarinkuiriSTMkemampuanberpikirkritisketerampilanprosessains12288122881228812288Pembelajaranyangdibutuhkansesuaidengankonteksabad21adalahyangmampumenghasilkankemampuanuntukbelajarbukansajadiperolehnyasejumlahpengetahuanketerampilandansikaptetapiyanglebihpentingadalahbagaimanapengetahuanketerampilandansikapitudiperolehpesertadidik.MenghadapituntutanperkembanganjamantersebutpemerintahberupayauntukmelakukanperubahandalamduniapendidikandenganmemberlakukankurikulumbaruyaituKurikulum2013.SalahsatupendekatanpembelajaranyangdiharapkanuntukditerapkansesuaidenganKurikulum2013adalahpendekataninkuiri.Pendekataninkuirimerupakansuaturangkaiankegiatanbelajaryangmelibatkansecaramaksimalseluruhkemampuanpesertadidikuntukmencaridanmenyelidikisecarasistematiskritislogisdananalitissehinggamerekadapatmerumuskansendiripenemuannyadenganpenuhpercayadiri.Disampingitudibutuhkanpulasuatupendekatanpembelajaranyangdapatmengkaitkanbidangilmuyangdikajidenganmasalahaktualdalamkehidupanagarpengetahuanyangdiperolehdapatdimanfaatkandalamkehidupansehari-haripesertadidik.BerdasarkanhasilobservasidiSMPN3PeteronganyangtelahmenerapkanKurikulum2013diketahuibahwapesertadidiklebihsukamenggunakanbahanajarcetakuntukmenunjangprosesbelajarnyasertalebihsukabelajardiluarkelasataumelakukankegiataneksperimen/percobaanagartidakmembosankan.Gurujugamenyatakanbahwabuku-bukupenunjangIPAyangberdasarkanKurikulum2013masihsangatdiperlukansebagaibahanacuan.OlehkarenaitudikembangkanbahanajarIPAberbasisinkuiridipaduSTMuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketerampilanprosessainspesertadidik.12288122881228812288PenelitianpengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarIPAberbasisinkuiridipaduSTMpadamateriinteraksimakhlukhidupdenganlingkungansertamelihatkeefektifanbahanajaruntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketerampilanprosessainspesertadidik.ModelPenelitiandanpengembanganBorgandGalldigunakansebagaiacuandalammengembangkanbahanajar.Modelpengembangantersebutterdiriatassepuluhtahapannamundalampenelitianinipenelitimelaksanakanhanyasampaipadatahapkesembilanyangmeliputi(1)researchandinformationcollecting(2)planning(3)developpreliminaryformofproduct(4)preliminaryfieldtesting(5)mainproductrevision(6)mainfieldtesting(7)operationalproductrevision(8)operationalfieldtestingdan(9)finalproductrevision.12288122881228812288Berdasarkankeseluruhantahapanvalidasipadapreliminaryfieldtestingmenunjukkanhasilbahwabahanajarmemperolehkriterialayakdenganrinciandariahlimaterididapatkanrata-rataskorsebesar39(sangatlayak)ahlipendidikandidapatkanrata-rataskorsebesar33(layak)praktisipendidikansebesar37(sangatlayak)danujiketerbacaankelompokkecilsebesar34(layak).Ujicobabahanajardilakukanpadaduatahapyaitumainfieldtestingdanoperationalfieldtesting.Berdasarkanhasilanalisisdatapadakeduatahaptersebutdiperolehp-valuedariujitberpasangankemampuanberpikirkritisdanketerampilanprosessainsadalah000yaitulebihkecildari005.KesimpulanyangdapatdiambilberdasarkanhasiltersebutadalahbahwaterdapatperbedaanhasilkemampuanberpikirkritisdanketerampilanprosessainssebelumdansesudahpenerapanbahanajarberbasisinkuiridipaduSTM.BerdasarkanhasilanalisistersebutdapatdikatakanbahwabahanajarberbasisinkuiridipaduSTMefektifdigunakandalamprosespembelajaranuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanketerampilanprosessainspesertadidik.