Hubungan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada pembelajaran biologi dengan strategi reciprocal teaching di Kabupaten Malang / Azizul Ghofar Candra Wicaksono

Main Author: Wicaksono, Azizul Ghofar Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60434/
Daftar Isi:
  • WicaksonoAzizulGhofarCandra.2014.HubunganKeterampilanMetakognitifdanBerpikirKritisterhadapHasilBelajarKognitifSiswaSMApadaPembelajaranBiologidenganStrategiReciprocalTeachingdiKabupatenMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.A.D.CorebimaM.Pd.(2)Prof.Dr.SitiZubaidahM.Pd.KataKuncihasilbelajarkognitifketerampilanmetakognitifberpikirkritisreciprocalteaching.Pencapaianhasilbelajarsiswadalamsuatupembelajarandapatberbedasatusamalain.Halinidikarenakanadabeberapavariabelyangmampumempengaruhihasilbelajarsiswaterutamadalamaspekkognitifyaituketerampilanmetakognitifdanberpikirkritis.Beberapapenelitianmengenaibagaimanaketerkaitanantaraketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitiftelahbanyakdilakukansebelumnyahanyasajaterbataspadahubungantunggalantaraketerampilanmetakognitifdanhasilbelajarkognitifatauberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifpadahalpengkajianhubunganantarvariabeltersebutakanlebihmemberikanbanyakinformasijikadianalisissecarabersama-sama.Disampingitupengkajianhubunganantaraketerampilanmetakognitifberpikirkritisdanhasilbelajarkognitifakanlebihbaikjikadilakukandidalamstrategipembelajarantertentumisalnyadalamstrategireciprocalteachingkarenastrategiinimampumemberdayakanketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissehinggavariabelyangakandianalisisdapatterukurdenganbaik.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaraketerampilanmetakognitifdanberpikirkritisterhadaphasilbelajarkognitifdalamstrategipembelajaranreciprocalteachingsertasumbanganketerampilanmetakognitifdanberpikirkritisdalammenjelaskanhasilbelajarkognitif.Penelitianinimenggunakanrancangandeskripsi-korelasionaldimanaketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissebagaiprediktordanhasilbelajarkognitifsebagaikriterium.SubyekpenelitiaanialahsiswakelasXIIPA1diSMAN1LawangdankelasXIIPASMAPGRILawang.Pengumpulandatamenggunakantesyangdiukurdenganrubrikuntukketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissedangkanhasilbelajarkognitifdiukurdengannonrubrik.Datadianalisisdenganmenggunakananalisisregresiberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adahubunganantaraketerampilanmetakognitifdanberpikirkritisterhadaphasilbelajarkognitifdalamstrategireciprocalteachingdengannilaiR0853(p005)dan2)keterampilanmetakognitifmemberikansumbangansebesar3070%danberpikirkritismemberikansumbangansebesar4199%terhadaphasilbelajarkognitifdlamstrategireciprocalteaching.berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagiparapendidikuntukmemperhatikanketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissiswadalampembelajarankarenapeningkatanketerampilanmetakognitifdanberpikirkritisjugabedampakpadapeningkatanhasilbelajarkognitifsiswasertadisarankanpulauntukmencobamenerapkanstrategireciprocalteachingkarenaberpotensiuntukmemberdayakanketerampilanmetakognitifdanberpikirkritissiswa.