Pengembangan e-book matakuliah ekologi dalam meningkatkan hasil belajar pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang / Fransina TH. Nomleni

Main Author: Nomleni, Fransina TH.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60426/
Daftar Isi:
  • NomleniFransina.2014.PengembanganE-bookMatakuliahEkologiDalamMeningkatkanHasilBelajarPadaProgramStudiPendidikanBiologiUniversitasKristenArthaWacanaKupang.TesisPendidikanBiologiPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.FatchurRohmanM.si.(2)Dr.IbrohimM.Si.KataKuncipengembangane-bookmatakuliahekologi.Tujuanpengembanganinimenghasilanproduke-bookmatakuliahekologisebagaisumberbelajardalampenyampaianpesanpadapembelajaranmatakuliahekologidiProgramStudiPendidikanBiologiUniversitasKristenArthaWacanaKupangdalammeningkatkanhasilbelajar.Modelpengembangane-bookmatakuliahekologimengikutimodelpengembanganLeeOwens(2004).Prosedurpengembanganiniterdiriataslimatahap.E-bookyangdikembangkanterdiriatas2bagianyaitumaterimatakuliahekologidanpetunjukpenggunaan.Langkah-langkahprosedurpengembanganyangdilakukanmeliputi(1)Assesment/analisisyangterdiridariduabagianutamayaituanalisiskebutuhandananalisisFront-end(2)Desain(3)pengembangandan(4)Implementasi(5)Evaluasi.Hasilujicobaahlimaterimatakuliahekologiberadapadakategorisangatbaikhasilujicobaahlimediapembelajaranberadadalamkategoribaik.Hasilujicobaahlidesainpembelajaranberadadalamkategorisangatbaik.Hasilujicobaperoranganterdapatkesalahanpengetikanpadae-bookmatakuliahekologikesalahanmenggunakantandabacakesalahanpenggunaanhurufkecildanbesardankesalahanpengetikanpadapetunjukpenggunaan.Hasilujicobalapanganpenilaianmahasiswaterhadape-bookmatakuliahekologidanpetunjukpenggunaane-bookdalamkategorisangatbaik.Hasilpretesdanpostesdariujilapangansebanyak2kalimenunjukkanbahwat-hitung(hasilobservasi)lebihbesardarit-tabelsehinggadapatdikatakanbahwae-bookmatakuliahekologiefektifdalammeningkatkanhasilbelajarberupakemampuanberpikirkritisdanpemecahanmasasalah.Kelebihan-kelebihandariprodukiniadalah(1)Produke-bookmatakuliahekologiyangdikembangkandapatdigunakansebagaisumberbelajardalammatakuliahekologiuntukmeningkatkanhasilbelajarberupakemampuanberpikirkirtisdanpemecahanmasalah.(2)Produke-bookmatakuliahekologidikembangkanberbasiskankomputerdimanahalinididasarkanbahwamahasiswasebagaipenggunakomputercukuptinggisertakeadaanmahasiswayangrata-ratatelahmemilikikomputerataulaptop.(3)Produke-bookmatakuliahekologihasilpengembanganmerupakangabunganbeberapamedia(teksaudiovisual/gambaranimasi/video)mampumenciptakanlingkunganbelajaryangmenarikdantidakmembosankansehinggamemungkinanminatdanmotivasibelajarmahasiswameningkat.Saranyangdiajukan(1)Tambahansoftwarelaindalamagarprodukselanjutnyayangakandikembangkanlebihinovatif(2)Videopembelajarandisarankandalamkegiatanpembelajaranlebihkreatiflagi(3)Untukpengembangselanjutnyadisarankanformatifsampaitahapevaluasisumatif(4)SebaiknyadariCDe-booklangsungdikopidalamlaptopsehinggadalammengoperasikannyalaptopataukomputertidaklambatprosespenggunaannya.