Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMA laboratorium Universitas Negeri Malang / Ana Rokhmawati

Main Author: Rokhmawati, Ana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60422/
Daftar Isi:
  • RokhmawatiAna.2014.PengembanganPerangkatPembelajaranBiologiBerbasisInkuiriuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisdanHasilBelajarSiswaKelasXSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Tesis.JurusanPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.MimienHenieIrawatiM.S.(II)Dr.MurniSaptasariM.Si.KatakunciperangkatpembelajaranbiologiinkuiriberpikirkritishasilbelajarPendidikandapatdimaknaisebagaiusahauntukmembantusiswamengembangkanseluruhpotensinyayangmeliputihatipikirrasadankarsasertaragauntukmenghadapiabad21.Kecakapanhidupabad21meliputibagaimanasiswaberpikirbertindakdanmenjalanikehidupandenganbaik.Tujuanpenelitianiniadalah1)menghasilkanprodukberupaperangkatpembelajaranbiologiberbasisinkuiriuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswakelasXSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang2)mengetahuitingkatkeefektifanperangkatpembelajaranbiologiberbasisinkuiridalampenerapannyadikelasXSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Penelitianiniadalahpenelitiandanpengembangandenganmenggunakanmodelpengembangan4-D(fourDmodel)yangdikembangkanolehThiagarajanSemmelandSemmel(1974)terdiridariempattahappengembanganyaitupendefinisian(define)perancangan(design)pengembangan(develop)danpenyebaran(disseminate).Padapenelitianinihanyadilakukansampaitahapdevelopdenganmelakukanujicobaprodukperangkatpembelajaranpadasekolahujicoba.HasilvalidasiperangkatpembelajaranolehahlidesainpembelajarandanpelaksanapembelajaranmenunjukkanbahwasilabusRPPinstrumenpenilaiankemampuanberpikirkritismemilikikualifikasisangatbaikdantidakperludirevisi.HasilvalidasihandoutdanLKSolehahlimateridanpelaksanapembelajaranjugamenunjukkanbahwahandoutdanLKSmemilikikualifikasisangatbaikdantidakperludirevisi.HasilanalisisdatapadatahapinitialdevelopmentaltestingdikelasXIterhadaphandoutdanLKSmenunjukkanbahwahandoutdanLKSyangdikembangkantermasukdalamkualifikasisangatbaiksehinggatidakperludirevisi.QuantitativedevelopmentaltestingdilakukanpadakelasXuntukmengetahuikeefektifanperangkatpembelajaranyangtelahdikembangkandenganmenggunakangainscoredanmengetahuihasilbelajarsiswasetelahpenerapanperangkatpembelajaranberbasisinkuiri.Nilaigainscorepadamateritumbuhanlumutdantumbuhanpakusebesar048dengankategorimediumsedangkanpadamateritumbuhanbijiterbukadanbijitertutupmemilikinilaigainscoresebesar069dengankategorimedium.Hasilbelajarkemampuanberpikirkritissiswamengalamipeningkatansebesar604keterampilanpengamatanmengalamipeningkatansebesar476keterampilankomunikasimengalamipeningkatansebesar956dansikapilmiahsiswajugamengalamipeningkatansebesar666.Secarakeseluruhanperangkatpembelajaranberbasisinkuiriinicukupefektifdandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritisdanhasilbelajarsiswa.Pengembanganperangkatpembelajaranlebihlanjutperlumemperhatikanbeberapasaranyaitua)penelitianpengembanganselanjutnyadapatdilaksanakansampaitahapdisseminateb)penelitianpengembanganselanjutnyadapatdiperluasKD-nyac)penelitianselanjutnyadapatdikembangkansampaimaterilainyanglebihluasd)penelitianselanjutnyadapatdigunakandenganmodelpembelajaranlainyanglebihvariatifdanmenarikbagipesertadidike)penelitainselanjutnyasebaiknyasemuagambarmerupakankoleksipenulis.