Kajian perbandingan efektivitas strategi problem based learning dan reciprocal teaching dalam meningkatkan keterampilan metakognitif, pemahaman konsep biologi, dan retensi siswa kelas X SMA dengan potensi akademik berbeda di Kota Malang / Abdul Basith

Main Author: Basith, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/60406/
Daftar Isi:
  • KataKuncistrategiproblem-basedlearningstrategireciprocalteachingketerampilanmetakognitifpemahamankonsepbiologiretensipotensiakademiktinggipotensiakademikrendah.PemberdayaanketerampilanmetakognitifpemahamankonsepbiologidanretensinyadapatdilakukandenganmenggunakanstrategipembelajaranyangmemilikikarakteristikstudentcenteredtermasukstrategiPBLdanRT.StrategiPBLdanRTmempunyaikarakteristikkhasyangberpotensiuntukmemberdayakanketerampilanmetakognitifpemahamankonsepbiologidanretensisiswadenganpotensiakademikberbedayangterbuktimelaluisejumlahpenelitianterdahulu.NamunperbedaanpotensistrategiPBLdanRTdalammemberdayakanketerampilanmetakognitifsertaperbedaanpolahubungannyadenganpemahamankonsepbiologipadasiswamasihperludiungkapdandikajisecaralebihmendalammelaluiujikajibedapersamaanregresiuntukmemberikaninformasiyangkomprehensifkepadagurubiologidemimembantusiswakhususnyasiswayangberpotensiakademikrendah.Penelitianbertujuanuntuk(1)mengungkapperbedaanpeningkatanketerampilanmetakognitifpemahamankonsepbiologidanretensiantarasiswakelasXSMAyangberpotensiakademikrendahdantinggipadapenerapanstrategiPBLdanRT(2)mengungkaphubunganantaraketerampilanmetakognitifdenganpemahamankonsepbiologisiswakelasXSMAyangberpotensiaakademikrendahdantinggipadapenerapanstrategiPBLdanRTdan(3)mengungkapperbedaanpersamaanregresiantaraketerampilanmetakognitifdenganpemahamankonsepbiologisiswakelasXSMAyangberpotensiakademikrendahdantinggipadapenerapanstrategiPBLdanRT.Penelitianiniberupaquasi-experimentdenganrancanganpenelitianpre-testandpost-testnonequivalentcontrolgroupdesignmenggunakanfaktorial3x2.SampelpenelitianiniadalahrepresentasisiswakelasXSMAberpotensiakademikrendahyaitutigakelasdiSMABrawijayaSmartSchoolMalangdanrepresentasisiswaberpotensiakademiktinggiadalahtigakelasdiSMANegeri9KotaMalang.Analisisdatapenelitianyangdilakukanmeliputi(1)ujianakovapadatarafsignifikansi005untukmengungkappengaruhstrategipembelajaranpotensiakademikdaninteraksinyaterhadapketerampilanmetakognitifpemahamankonsepbiologidanretensipemahamankonsepbiologi(2)ujikorelasidanregresiuntukmengungkaphubunganantaraketerampilanmetakognitifdenganpemahamankonsepbiologipadapenerapanmasing-masingstrategipembelajarandanpotensiakademikdan(3)ujikajibedapersamaanregresiuntukmengungkapperbedaanhubunganantaraketerampilanmetakognitifdenganpemahamankonsepbiologipadapenerapanmasing-masingstrategipembelajarandanpotensiakademikberdasarkanpadaskorterkoreksisetiapsiswa.Berdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwa(1)terdapatpengaruhsignifikanpotensiakademiksiswaterhadapketerampilanmetakognitifpemahamankonsepbiologidanretensipemahamankonsepbiologi(2)terdapatpengaruhstrategipembelajaranterhadapketerampilanmetakognitifdanpemahamankonsepbiologinamuntidakterdapatpengaruhterhadapretensipemahamankonsepbiologi(3)terdapatpengaruhinteraksiantarapotensiakademikdanstrategipembelajaranterhadapketerampilanmetakognitifnamuntidakberpengaruhterhadappemahamankonsepbiologidanretensinya(4)terdapathubunganpositifantaraketerampilanmetakognitifdanpemahamankonsepbiologipadapenerapanstrategiPBLdanRTuntukkelompoksiswaberpotensiakademiktinggidenganpersentasekontribusiketerampilanmetakognitifterhadappemahamankonsepbiologisecaraberturut-turutsebesar505%dan542%(5)terdapathubunganpositifantaraketerampilanmetakognitifdanpemahamankonsepbiologipadapenerapanstrategiPBLdanRTuntukkelompoksiswaberpotensiakademikrendahdenganpersentasekontribusiketerampilanmetakognitifterhadappemahamankonsepbiologisecaraberturut-turutsebesar816%dan667%dan(6)strategiPBLdanRTmemilikipotensidalammemberdayakanketerampilanmetakognitifyangdiikutidenganpemahamankonsepbiologiyangsamadenganpolagarisyangterbentukdaripersamaanregresisejajardanberhimpitbaikpadasiswaberpotensiakademikrendahmaupuntinggi.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankan(1)strategiPBLdanRTdapatdipilihsebagaialternatifstrategipembelajaranuntukpemberdayaanketerampilanmetakognitifdanperbaikanpemahamankonsepbiologisiswakelasXSMAkhususnyabagikelompoksiswayangberpotensiakademikrendahdan(2)kajianlebihlanjutperludilakukanuntukmemperolehinformasiyanglebihdefinitiftentangkeunggulanstrategipembelajarantersebut.