Penerapan pembelajaran kooperatip model Student Teams Achievement Division (STAD) dipadu Numbered Heads Together (NHT) berbasis Lesson Study (LS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Karim Nar
Main Author: | Narawi, Karim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60361/ |
Daftar Isi:
- KataKunciStudentTeamsAchievementDivision(STAD)NumberedHeadsTogether(NHTLessonStudyAktivitasdanHasilBelajar.UNESCOmenggarisbawahitujuanpendidikansebagaimenujuHumanismeIlmiah.Pendidikanbertujuanmenjadikanorangsemakinmenjunjungtingginilai-nilailuhurmanusia.Keluhuranmanusiaharuslahdapatdipertanggungjawabkansecarailmiah.Makahumanismeilmiahmenolakidetentangmanusiayangbersifatsubjektifdanabstraksemata.Manusiaharusdipandangsebagaimahlukkonkrityanghidupdalamruangdanwaktudanharusdiakuisebagaipribadiyangmempunyaimartabatyangtidakbolehdiobjekkan.Pembelajarankooperatifmerujukpadaberbagaimacammetodepengajarandimanaparasiswabekerjadalamkelompok-kelompokkeciluntuksalingmembantusatusamalainnyadalammempelajarimateripelajaran.Lessonstudy(LS)merupakansalahsatubentukpembinaanguruyangdapatdilakukanuntukmeningkatkanprofesionalismeguru.Dampakyangditimbulkanadalahrendahnyaaktivitasdanhasilbelajarsiswa.Padahalbanyakcarapembelajaranyangdapatditerapkanuntukmemperdayakankemampuansiswadalammeningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.MisalnyapenerapanpembelajarankooperatifSTADdipaduNHTberbasisLessonStudy.Tujuanpenelitianiniuntuk(1)meningkatkanaktivitasbelajarBiologipadakonsepProtistadanJamursiswakelasXSMANegeri1KepanjenKabupatenMalangdan(2)meningkatkanhasilbelajarBiologisiswakelasXSMANegeri1KepanjenKabupatenMalangpadakonsepProtistadanJamur.PendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas(PTK).Pendekatankualitatifdipilihkarenapenelitianinimenjelaskanaktivitashasilbelajardanresponssiswadalambentukdeskripsi.VariabelyangdigunakandalampenelitianiniterdiriatasvariabelbebasyaitupembelajarankooperatifmodelSTADdipaduNHTberbasisLSdanvariabelterikatnyaadalahaktivitasdanhasilbelajarbiologisiswa.MateripelajarandalampenelitianiniadalahkonsepProtistadanJamur.PenelitianinidilakukanpadasiswakelasX9SMANegeri1KepanjenKabupatenMalangpadasemesterganjil.TeknikpengumpulandatapadapenelitianiniyaitutesAngketobservasidandokumentasi.Tesawalpre-testdilakukanuntukmengetahuitingkatpemahamanawalsiswadantesakhir(post-test)dilakukanpadasetiapakhirsiklusdengantujuanuntukmengetahuikemampuansiswasetelahpenelitimelakukantindakan.Tesdilaksanakanuntukmengetahuihasildaripembelajarantiapsiklus.ObservasidalamPenelitianTindakanKelas(PTK)bertujuanuntukmelakukanpengamatandanpencatatanterhadappelaksanaanmodelpembelajaranKooperatifmodelSTADdipaduNHTberbasisLS.Angketresponssiswayangdigunakandalampenelitianiniberupadaftarpernyataantertulisyangdisusununtukmendapatkaninformasitentangtanggapansiswaberkaitandenganaktivitasgurudansiswaselamakegiatanpembelajaran.Teknikanalisisdatadalampenelitianinisecarakualitatifdeskriptifuntukmenganalisisdatahasilobservasidariprosespenerapanstrategipembelajarandancatatanlapanganselamatindakanpenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)persentaseketerlaksanaanLessonStudypadasetiapsiklusmengalamipeningkatan.KeterlaksanaanLessonStudymeningkatdari778%dengantarafkualitasterlaksanapadasiklusImeningkatmenjadi880%dengantarafsangatterlaksanapadasiklusIIdanjugameningkatpadasiklusIIImenjadi902%dengantarafkualitassangatterlaksana.Peningkataninitidakterlepasdariketerlaksanaanplandodansee(2)persentaseaktivitasbelajarsiswadantarafkeberhasilantindakanmeningkatdari42.76%ataumemilikitarafkeberhasilansangatkurangpadasiklusImenjadi70.32%ataumemilikitarafkeberhasilancukuppadasiklusIIkemudianpadasiklusIIImeningkatlagimenjadi85.99%ataumemilikitarafkeberhasilanbaik(3)hasiltespadasiklusIIIdapatdiketahuibahwasiswayangmendapatnilai76padasaatpre-testyaitusebanyak27orangdanjumlahsiswapadasaatpost-testberkurangmenjadi2orangsedangkansiswayangmendapatnilai880576padasaatpre-testada3orangdanpadasaatpost-testada28siswamencapaiketuntasanbelajar(meningkat27)sedangkandayaserapklasikalsiswakelasX9padasiklusIIIsebesar9333%dengantarafkeberhasilansangatbaikhalinimenunjukkanbahwaketuntasanbelajarsiswakelasX9meningkatapabiladibandingkandengansiklusIIsebesar80%dengantarafkeberhasilanbaikdansiklusIyanghanyasebesar50%dengantarafkeberhasilakurang.Kesimpulanpadaakhirpenelitianiniadalah(1)keterlaksanaanLessonStudypadasetiapsiklusmengalamipeningkatan(2)aktivitasbelajassiswamengalamipeningkatandarisiklusIsiklusIIdansiklusIIIdan(3)hasilbelajarsiswakelasX9mengalamipeningkatanpadasiklusIII.Berdasarkanhasilkesimpulandantemuanpadapenelitianinidisarankanbahwadalamber-LessonStudytidakcukupuntuksekedarformalitasatauuntukmemenuhipersyaratanformalagarsudahber-LessonStudydanagarterkesantidakketinggalanzaman.Tetapiharusmemilikikomitmendankesungguhanhatiuntukmeningkatkankeprofesionalismeguru.Perlumemodifikasimodelpembelajaranyangdigunakanagarsiswatidakmerasjenuhdalamprosespembelajaransehinggaterciptakondisikelasyangnyamandanmenyenangkan.