Pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek berbantuan media DVD 6M terhadap kemampuan berpikir kritis, pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam pengelolaan lingkungan pada mata pelajaran biologi SMAN Kota Sumbawa Besar / Supratman
Main Author: | Supratman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60350/ |
Daftar Isi:
- ProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiM.Sdan(II)Dr.IbrohimM.SiKataKunciPembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6MkemampuanberpikirkritispengetahuansikapdanketerampilanpengelolaanlingkunganPermasalahanlingkunganmerupakanpersoalanyangsangatvitaldalamkehidupansehari-hari.Salahsatupenyebabutamamunculnyapermasalahanlingkunganyaitupermasalahansampah.Sampahdikenalsebagaimasalahyangsulitdipecahkanterutamadikota-kotabesarsehinggaakanmenjadipersoalanlingkunganjikatidaksegeraditangani.Salahsatucarauntukmengatasinyayaitumelaluipembudayaankonsep6M.MediaDVD6Mberisikantentangkonsep6MmerupakansuatuupayapengelolaansampahrumahtanggayangterdiriatasbeberapalangkahyaituMengurangiMenggunakankembaliMenggantiMemisahkanMendaurulangdanMengomposkan.Pembelajaranberbasisproyekmemilikiperananpentingdalampembelajaran.PenelitianinidilakukanpadaujiskalakecilyaitusektorformaldiSMANkotaSumbawaBesar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6MterhadapkemampuanberpikirkritisPengetahuanSikapdanketerampilansiswadalampengelolaanlingkungandiSMANKotaSumbawaBesar.Penelitianinibertujuan(1)mendeskripsikankemampuanberpikirkritispengetahuansikapdanketerampilansiswaSMANKotaSumbawaBesardalampengelolaanlingkungan(2)MengujipengaruhstrategipembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6MterhadapkemampuanberpikirkritispengetahuandansikapsiswadiSMANKotaSumbawaBesar.Jumlahsampelpenelitianinisebanyak184orangsiswaterdiridarilaki-lakisebanyak90orangdanperempuansebanyak94orang.RancanganpenelitianiniadalahkuasieksperimendilakukanuntukmemperolehgambarannyatamengenaipengaruhkemampuanberpikirkritispengetahuandansikapsiswasertamemperolehdiskripsinyatadarihasilketerampilansiswadalampengelolaanlingkungandiSMANKotaSumbawaBesar.DesainyangdigunakandalampenelitianiniadalahPretest-PostestControlGrupDesings.Hasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)rata-ratanilaikemampuanberpikirkritissiswaSMANKotaSumbawaBesardalampengelolaanlingkunganpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskonvensional(2)rata-ratanilaipengetahuansiswaSMANKotaSumbawaBesardalampengelolaanlingkunganpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskonvensional(3)rata-ratanilaisikapsiswaSMANKotaSumbawaBesardalampengelolaanlingkunganpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskonvensional(4)rata-ratanilaiketerampilankelompoksiswadalampengelolaansampahdiSMANKotaSumbawabesartergolongbaik(5)adaperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangdiberipembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6Mdengansiswayangdibelajarkanpembelajarankonvensional(6)adaperbedaanpengetahuanantarasiswayangdiberipembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6Mdengansiswayangdibelajarkanpembelajarankonvensional(7)adaperbedaansikapantarasiswayangdiberipembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6Mdengansiswayangdiajarkanpembelajarankonvensional.Berdasarkantemuanpenelitianinibeberapasaranyangdapatdiajukanantaralain(1)bahwamediaDVD6Myangdigunakandalampembelajaranberbasisproyekdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissehinggadapatdirekomendasikanuntukditerapkanolehgurudalammatapelajaranbiologimaupunmatapelajaranlainyangrelevandengankompetensidasaryangdiajarkan(2)bahwamediaDVD6Myangdigunakandalamstrategipembelajaranberabasisproyekefektifdalammeningkatkanpengetahuansikapdanketerampilansiswadalampengelolaanlingkungan(3)bagipenelitiyanglainnyayangberminatmenggunakanstrategipembelajaranberbasisproyekberbantuanmediaDVD6Mdiperlukanpengembanganpenelitilainagarpenerapanmediayangdigunakandanpenelitianinibermanfaatbagimatapelajaranlain.