Pengaruh strategi pembelajaran integrasi think-pair-share dan reciprocal teaching terhadap hasil belajar kognitif dan retensi biologi siswa berkemampuan akademik berbeda di SMAN 1 Batu / Suharlik

Main Author: Suharlik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/60319/
Daftar Isi:
  • Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.PembimbingI.Prof.Dra.HerawatiSusiloM.ScPh.DII.Prof.Dr.DuranCorebimaM.Pd.KatakuncireciprocalteachingthinkpairshareretensiBiologiPendidikanmempunyaimaknasebagaiprosesmengubahtingkahlakuanakdidikagarmenjadimanusiadewasayangmampuhidupmandiridansebagaianggotamasyarakatdalamlingkunganalamsekitarindividuituberada.Sebagaiseoranggurusangatperlumemahamiperkembanganpesertadidikyangmeliputiperkembanganfisikperkembangansosioemosionaldanbermuarapadaperkembanganintelektual.Perkembangantersebutsangatdiperlukanuntukmerancangpembelajaranyangkondusifakanmampumeningkatkanmotivasibelajarsiswasehinggamampumeningkatkanprosesdanhasilbelajaryangdiinginkan.SalahsatustrategipembelajaranyangberpotensidapatmeningkatkanhasilbelajardanretensisiswaadalahstrategiintegrasiReciprocalTeachingdanThink-Pair-Share.Keunggulanstrategiinipadafasemeringkasdapatmelatihsiswadalammengelolainformasikarenadenganmeringkasdiperlukankegiatanmembacasehinggamemunculkanidedanmerangkumidejugadalammeringkasadakegiatanmengevaluasidanmerevisiagartulisanmenjadibermakna.DanStrategiTPSmerupakanstrategipembelajarankooperatifyangmenekankankemampuanberpikirsiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui1)pengaruhstrategipembelajaranThinkPairSharedanReciprocalTeachingterhadaphasilbelajarkognitifdanretensisiswaSMA.2)perbedaanhasilbelajarkognitifdanretensipadasiswaberkemampuanakademiktinggidanrendah.3)pengaruhinteraksiantarastrategipembelajaranThinkPairSharedanReciprocalTeachingdankemampuanakademikterhadapterhadaphasilbelajarkognitifdanretensisiswaSMA.Metodepenelitianadalahkuasieksperimen.Variabelbebasadalahstrategipembelajarandankemampuanakademik.Variabelterikatadalahhasilbelajarkognitifdanretensisiswa.PopulasipenelitiansemuasiswakelasXSMAN1Batusemesterganjiltahunpelajaran2010/2011.Penarikansampeldengantehnikclusterrandomsamplingsampelterdiriempatkelasdenganstrategi4masing-masingkelas32siswa.KelasX3diperlakukandenganstrategiRTkelasX4denganstrategiintegrasiRTdanTPSX7strategikonvensionaldankelasX9strategiTPS.Sampelpenelitian333%siswakemampuanakademiktinggidan333%siswakemampuanakademikrendah.Pengumpulandatadilakukandengantehniktesuntukmemperolehdataskorhasilbelajarkognitifdanskorretensisiswa.Ujihipotesisdigunakantehnikanalisiskovarian(anacova)padatarafsignifikansi005.AnalisisdatamenggunakanFasilitasSPSSforwindows.JikamenunjukkannilaiFhitungsignifikanmakaperludilanjukanujibeda.Sebelumujikovariandilakukanujinormalitasdanhomogenitasdata.Hasilanalisismenunjukkanterdapatpengaruhstrategipembelajaranterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.StrategipembelajaranintegrasiRTdanTPSlebihtinggidibandingdenganstrategiTPSdanstrategikonvensional.Tidakterdapatperbedaanrata-ratahasilbelajarterkoreksisiswayangdibelajarkandenganstrategiintegrasiRTdanTPSdanstrategiRT.Rata-rataskorhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganstrategiTPSlebihtinggidibandingkandenganstrategiyanglainbiarpunselisihtidakterlalubesar.Terdapatpengaruhstrategipembelajaranterhadapdayaretensihasilbelajarkognitifsiswa.DayaretensihasilbelajarkognitifyangpalingtinggiterlihatpadastrategiTPSdanmenunjukkanperbedaanyangbermaknadenganstrategiIntegrasiRTdanTPSstrategiRTdanstrategikonvensional.DayaretensihasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganstrategiTPSjauhlebihtinggi354%dariskorakhirpembelajaran.Adapengaruhkemampuanakademikterhadaphasilbelajarkognitif.Rata-rataskorterkoreksihasilbelajarsiswaakademiktinggidankemampuanakademikrendahberbedasecarasignifikan.Kemampuanakademiktinggiakanlebihbanyakmemperolehhasilbelajardibandingdengankelompoksiswaakademikrendah.Terdapatpengaruhinteraksistrategipembelajarandankemampuanakademikterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.StrategiRTTPSdanintegrasiRTdanTPSsesuaiditerapkanpadasiswakemampuanakademik.tinggidanakademikrendahdalammeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswa.ImplementasistrategiRTTPSdanIntegrasiRTdanTPSberpotensimeningkatkanhasilbelajarkognitifsiswadengankemampuanakademiktinggimaupunkemampuanakademikrendah.Tidakterdapatpengaruhinteraksistrategipembelajarandankemampuanakademikterhadapdayaretensihasilbelajarsiswa.Rata-rataterkoreksiyangpalingtinggiyaitu90529terlihatpadastrategiTPSkemampuanakademiktingginampakadanyapenurunandayaretensihasilbelajarpadastrategiintegrasiRTdanTPSakademiktinggi.Secaraumumsemuastrategirata-rataskorretensihasilbelajarterjadipeningkatan.Peningkatanyangpalingtingginampakpadastrategikonvensionalakdemikrendah.Berdasarkantemuantersebutmakasecaraumumdapatdisimpulkanbahwa1).StrategipembelajaranIntegrasiRTdanTPSberpotensimeningkatkanhasilbelajardanretensisiswacocokditerapkanpadasiswakemampuanakademiktinggimaupunrendah.2)strategipembelajaranIntegrasiRTdanTPSdapatditerapkandalampembelajaranBiologidiSMAN1BatupadamateriKeanekaRagamanMahlukHidup.Mengacupadahasilpenelitianinimakadisarankan1)dalammelaksanakanpembelajaranBiologiguruperlumenerapkanstrategiIntegrasiRTTPSkarenadapatmeningkatkanhasilbelajarkognitifdandayaretensisiswa.2)Bagiyanginginmengembangkanstrategiiniagardapatdiujipadavariabel-variabellainberpengaruhterhadappembelajaran.