Pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang / Idi Rathomy Baisa

Main Author: Baisa, Idi Rathomy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/60285/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKBaisaIdiRathomy.2010.PengaruhPenerapanMediaPembelajaranBerbasisWebterhadapKeterampilanBerpikirKritisdanKemampuanKognitifSiswaKelasVSDIslamSabilillahMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanBiologiProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Hj.MimienHenieIrawatiM.S.(II)Prof.Dra.HerawatiSusiloM.Sc.Ph.DKataKuncimediapembelajaranberbasiswebketerampilanberpikirkritiskemampuanakademikDiduniapendidikanbanyakdikenalberbagaimacammediapembelajaranyangdapatdipilihdanditerapkandalamprosesbelajarmengajardikelas.Saatiniduniateknologidaninformasiberkembangsangatcepatdanmerambahkesemuasektorkehidupantermasukduniapendidikan.Pendidikanyangidentikdengansekolahdanlembagapendidikanformallainnyatelahbanyakmemanfaatkanperkembanganteknologiinformasisebagaisalahsatualternatifpenyediasaranadanprasaranabelajarberupamediapembelajaranberbasisteknologiagarsuasanabelajarmenjadikondusifuntukmencapaitujuanbelajar.Penerapanmediapembelajaranberbasisteknologidaninformasimemfasilitasisiswaagarlebihmudahmemahamipelajarandanakhirnyadapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdankemampuankognitifnya.Penelitianinidilakukanuntukmengetahui1)pengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiswebterhadapketerampilanberpikirkritis2)pengaruhpene-rapanmediapembelajaranberbasiswebterhadapkemampuankognitif3)pengaruhkemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritis4)pengaruhkemampuanakademikterhadapkemampuankognitif5)pengaruhinteraksiantarapenerapanmediapembelajaranberbasiswebdengankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritis6)pengaruhinteraksiantarapenerapanmediapembelajaranberbasiswebdengankemampuanakademikterhadapkemampuankognitifdan7)persepsisiswakelasVSDIslamSabilillahMalangterhadappenerapanmediapembelajaranberbasisweb.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)denganrancanganPretest-posttestNonequivalentControlGroup.Untukmengetahuiperbedaanpengaruhvariabelbebasterhadapvariabelterikatrancanganpenelitianinimenggunakanrancanganfaktorial2X2.Hasilpenelitianpengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiswebterhadapketerampilanberpikirkritisdankemampuanakademikadalahsebagaiberikut1)adapengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiswebterhadapketerampilanberpikirkritis.Hasilujilanjutmenunjukkanbahwapenerapanmediapembelajaranberbasiswebmemilikinilai203%lebihtinggidibandingkandenganpenerapanLembarKegiatanSiswaSecaradeskriptifterjadikenaikanreratanilaiuntukmasing-masingindikatorketerampilanberpikirkritisnya2)adapengaruhpenerapanmediapembelajaranberbasiswebterhadapkemampuankognitif.Hasilujilanjutmenunjukkanbahwapenerapanmediapembelajaranberbasiswebmemilikinilai1433%lebihtinggidibandingkandenganpenerapanLembarKegiatanSiswa3)adapengaruhkemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritis.Hasilujilanjutjugamenunjukkanbahwakemampuanakademiktinggimemilikinilai203%lebihtinggidibandingkandengankemampuanakademikrendah4)adapengaruhkemampuanakademikterhadapkemampuankognitif.Hasilujilanjutjugamenunjukkanbahwakemampuanakademiktinggimemilikinilai733%lebihtinggidibandingkandengankemampuanakademikrendah5)tidakadapengaruhinteraksiantarapenerapanmediapembelajaranberbasiswebdengankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritisyangberartibahwatidakadaperbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangberkemampuanakademiktinggimaupunsiswayangberkemampuanakademikrendahkarenanilainyadalamkategoribaiksekalidan6)tidakadapengaruhinteraksiantarapenerapanmediapembelajaranberbasiswebdankemampuanakademikterhadapkemampuankognitifyangberartibahwatidakadaperbedaankemampuankognitifsiswayangberkemampuanakademiktinggimaupunsiswayangberkemampuanakademikrendahkarenanilainyadalamkategoribaiksekalidanbaik.Persepsisiswaterhadapmediapembelajaranberbasiswebadalahsiswamerasamudahmengoperasikanmenarikdanmenyenangkan.Beberapasaranterkaitdenganhasilpenelitianantaralain1)bagiparagurumediapembelajaranberbasiswebdapatdijadikansebagaisalahsatupertimbangandalammemilihmediapembelajaranberbasiskomputer2)bagipenelitilanjutanhasilpenelitianinidapatdijadikansebagaisalahsatuacuandalammelakukanpenelitianlanjutanataupengembangandengancaramengintegrasikanpenerapanmediapembelajaranberbasiswebdenganstrategipembelajarankooperatifdan3)bagisekolahataulembagapendidikanhasilpenelitianinidapatdijadikansebagaisalahsatudasardalammengambilkeputusanpengembanganmediapembelajaranberbasiswebsecaraterpaduantarbidangstudiyangdikemassecaraonlinediwebsitesekolah.