Penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas I SDN Madyopuro 03 Kota Malang / Ultria Mulyasari

Main Author: Mulyasari, Ultria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/6027/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMulyasariUltria.2015.PenggunaanMediaBonekaTanganuntukMeningkatkanKemampuanMenyimakCeritapadaSiswaKelasISDNMadyopuro03Malang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SuharjoM.S.M.A(2)Dra.NihayatiS.Pd.M.Pd.KataKunciBonekaTanganKemampuanMenyimakSDPenguasaankemampuanbahasayangpertamakaliharusdimilikiolehanakyaitukemampuanmenyimak.BerdasarkanhasilobservasiawalpembelajarandikelasISDNMadyopuro03diketahuibahwanilairata-ratakelasyangdimilikiyaitu5656danpersentasesiswayangmendapatkannilaidibawahKKMsebesar5814%.HaltersebutmenunjukkanbahwakemampuanmenyimakceritasiswakelasISDNMadyopuro03belumoptimal.Halinidisebabkankarenagurubelummenggunakanmediapembelajaranyangsesuai.TujuandaripenelitianiniyaituuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankemampuanmenyimakceritasiswakelasISDNMadyopuro03denganmenggunakanmediabonekatangansertauntukmengetahuipeningkatankemampuanmenyimakceritasiswakelasISDNMadyopuro03setelahmenggunakanmediabonekatangan.Pendekatanyangdigunakandidalampenelitianiniyaitupendekatankualitatifdankuantitatifdenganjenispenelitianberupapenelitiantindakankelasyangdilaksanakansecarakolaboratifdengangurukelas.SubjekpenelitianyaitusiswakelasISDNMadyopuro03KotaMalang.Tahapanpenelitianiniterdiridari1)perencanaan2)pelaksanaantindakandanpengamatanserta3)refleksi.Pelaksanaanpembelajaranmenyimakceritadenganmenggunakanmediabonekatangantelahberjalandenganbaikdalam2siklus.Haltersebutdibuktikandariadanyakesesuaianantarakegiatanpembelajaranmenyimakceritadenganrencanapelaksanaanpembelajaranpenggunaanmediabonekatangan.Langkah-langkahkegiatanpembelajaranpadapenelitianiniyaitukegiatanmenyimakceritatanyajawabdanmengerjakanlembarkegiatanindividumenyimakcerita.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmediabonekatangandapatmeningkatkankemampuanmenyimakcerita.Peningkatanhasilbelajaryangdidapatkansiswapadatahappratindakanyaitu5656dengantingkatkeberhasilansebesar4186%meningkatmenjadi7471dengantingkatkeberhasilan6396%padasiklusImeningkatlagimenjadi8290dengantingkatkeberhasilansebesar8140%padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaitumediabonekatangansecaraefektifdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmenyimakceritapadasiswakelasI.Saranbagiguruyaituuntukmelakukanpersiapanyangmatangdalammenggunakanmediabonekatangandanuntukkepalasekolahhendaknyamenyediakanmediabonekatanganbesertakelengkapanpanggungboneka.