Penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas I SDN Madyopuro 03 Kota Malang / Ultria Mulyasari
Main Author: | Mulyasari, Ultria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6027/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMulyasariUltria.2015.PenggunaanMediaBonekaTanganuntukMeningkatkanKemampuanMenyimakCeritapadaSiswaKelasISDNMadyopuro03Malang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SuharjoM.S.M.A(2)Dra.NihayatiS.Pd.M.Pd.KataKunciBonekaTanganKemampuanMenyimakSDPenguasaankemampuanbahasayangpertamakaliharusdimilikiolehanakyaitukemampuanmenyimak.BerdasarkanhasilobservasiawalpembelajarandikelasISDNMadyopuro03diketahuibahwanilairata-ratakelasyangdimilikiyaitu5656danpersentasesiswayangmendapatkannilaidibawahKKMsebesar5814%.HaltersebutmenunjukkanbahwakemampuanmenyimakceritasiswakelasISDNMadyopuro03belumoptimal.Halinidisebabkankarenagurubelummenggunakanmediapembelajaranyangsesuai.TujuandaripenelitianiniyaituuntukmengetahuipelaksanaanpembelajarankemampuanmenyimakceritasiswakelasISDNMadyopuro03denganmenggunakanmediabonekatangansertauntukmengetahuipeningkatankemampuanmenyimakceritasiswakelasISDNMadyopuro03setelahmenggunakanmediabonekatangan.Pendekatanyangdigunakandidalampenelitianiniyaitupendekatankualitatifdankuantitatifdenganjenispenelitianberupapenelitiantindakankelasyangdilaksanakansecarakolaboratifdengangurukelas.SubjekpenelitianyaitusiswakelasISDNMadyopuro03KotaMalang.Tahapanpenelitianiniterdiridari1)perencanaan2)pelaksanaantindakandanpengamatanserta3)refleksi.Pelaksanaanpembelajaranmenyimakceritadenganmenggunakanmediabonekatangantelahberjalandenganbaikdalam2siklus.Haltersebutdibuktikandariadanyakesesuaianantarakegiatanpembelajaranmenyimakceritadenganrencanapelaksanaanpembelajaranpenggunaanmediabonekatangan.Langkah-langkahkegiatanpembelajaranpadapenelitianiniyaitukegiatanmenyimakceritatanyajawabdanmengerjakanlembarkegiatanindividumenyimakcerita.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmediabonekatangandapatmeningkatkankemampuanmenyimakcerita.Peningkatanhasilbelajaryangdidapatkansiswapadatahappratindakanyaitu5656dengantingkatkeberhasilansebesar4186%meningkatmenjadi7471dengantingkatkeberhasilan6396%padasiklusImeningkatlagimenjadi8290dengantingkatkeberhasilansebesar8140%padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaitumediabonekatangansecaraefektifdapatdigunakanuntukmeningkatkankemampuanmenyimakceritapadasiswakelasI.Saranbagiguruyaituuntukmelakukanpersiapanyangmatangdalammenggunakanmediabonekatangandanuntukkepalasekolahhendaknyamenyediakanmediabonekatanganbesertakelengkapanpanggungboneka.