Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) materi bilangan dengan pendekatan kontektual untuk meningkatkan kemampuan number sense siswa SMP kelas VII / Anis Suraida Safitri
Main Author: | Safitri, Anis Suraida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60256/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSafitriAnisSuraida.2017.PengembanganLembarKegiatanSiswa(LKS)MateriBilanganDenganPendekatanKontekstualuntukMeningkatkanKemampuanNumberSenseSiswaSMPKelasVII.TesisPendidikanMatematika.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AbdurRahmanAsariM.Pd.M.A(2)TjangDanielChandraM.SiPh.D.KatakuncilembarkegiatansiswabilangankontekstualnumbersensePenelitianinimerupakanpenelitianpengembangan.Penelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehbeberapahalyaitu(1)pentingnyapenguasaanbilanganyangbaikuntukmenunjangaktivitassehari-hari(2)kemampuannumbersensesiswaSMPkelasVIImasihrendah(3)kemampuannumbersensesiswadapatdilatihdanditingkatkanmelaluiprosespembelajaranyangbaik(4)siswabelummemahamidanmenguasaikonsepdarimateriyangdiajarkan(5)pendekatankontekstualdapatmemfasilitasisiswauntukmenemukandanmembangunkonsepmerekasendiridan(6)perlunyalembarkegiatansiswadenganpendekatankontekstualuntukmelatihkemampuannumbersensesiswamelaluipembelajaranmatematikadisekolah.Tujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanlembarkegiatansiswadenganpendekatankontekstualpadamateribilanganuntukmeningkatkankemampuannumbersenseyangvalidpraktisdanefektif.LembarkegiatansiswadikembangkansebagaiupayauntukmembantusiswamelatihdanmeningkatkankemampuannumbersensesiswamelaluimateribilanganSMPkelasVII.ModelpengembanganyangdigunakandalampengembanganiniadalahmodelpengembanganPlomp(2010)yangterdiridaritigatahapanyaitu(1)penelitianawal(2)tahappengembangandan(3)tahapasesmen.Dalampenelitianinidigunakaninstrumenpenelitianyangtelahdivalidasiolehduadosenpendidikanmatematika.Instrumenyangdigunakandiantaranyaadalahinstrumenvalidasilembarkegiatansiswainstrumenvalidasirencanapelaksanaanpembelajaranangketresponsiswateskemampuannumbersense1teskemampuannumbersense2dankisi-kisiteskemampuannumbersense1dan2.Ujikepraktisandilakukanuntukmemperolehdatayangmenggambarkanseberapamudahprodukyangdihasilkandigunakanolehsiswasebagaisumberbelajardanmeningkatkankemampuannumbersensesiswa.Ujikepraktisandilakukanoleh2orangpraktisidan2orangpengamataktivitaspembelajaranyangdilakukandikelas.Praktisidanpengamatmerupakangurumatematika.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaujikevalidanLKSRPPteskemampuannumbersensedanangketresponsiswasecaraberturut-turut33953466333dan35masing-masingpadakategorivalid.HasilujikepraktisanmenunjukkanbahwaIP3684danIO362masing-masingpadakategoripraktis.Hasilujikeefektifanmenunjukkanbahwa8108%siswamengalamipeningkatankemampuannumbersensedanRS373.Apabiladikonversikeintervalkriteriaresponsiswamakaberadapadakualifikasiresponpositif.Berdasarkanhasiltersebutdisimpulkanbahwaprodukyangdikembangkantelahmemenuhikriteriaprodukyangberkualitassehinggadapatdigunakansebagaisumberbelajaruntukmeningkatkankemampuannumbersensesiswa