Hubungan antara minat baca terhadap keterampilan-keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis reading concept map GI dan reading concept pap jigsaw pada kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Mistianah

Main Author: Mistianah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/60251/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMistianah.2015.HubunganantaraMinatBacaterhadapKeterampilanBerpikirKritispadaPembelajaranBiologiBerbasisReadingConceptMapGIdanReadingConceptMapJigsawKelasXSMANegeridiKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AD.CorebimaM.Pd(II)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.KataKunciminatbacaketerampilanberpikirkritisReadingConceptMapGroupInvestigation(GI)ReadingConceptMapJigsawMinatbacaeratkaitannyadenganketerampilanberpikirkritissiswa.Berkenaanhubunganantaraminatbacadanketerampilanberpikirkritisbelumadakajianyangmembandingkanhubungankeduavariabelpadapembelajaranbiologidenganmodelpembelajaranyangberbeda.ModelpembelajaranyangdigunakanpadapenelitianiniadalahmodelpembelajaranReadingConceptMapGIdanReadingConceptMapJigsaw.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenganalisis1)hubunganminatbacaterhadapketerampilanberpikirkritispadapenerapanpembelajaranReadingConceptMapGIpadakelasXSMAdiKotaMalang2)hubunganminatbacaterhadapketerampilanberpikirkritispadapenerapanpembelajaranReadingConceptMapJigsawpadakelasXSMAdiKotaMalangdan3)perbedaanpersamaanregresiantaraminatbacaterhadapketerampilanberpikirkritispadapenerapanpembelajaranReadingConceptMapGIdanpembelajaranReadingConceptMapJigsawpadakelasXSMAdiKotaMalang.Penelitianinimerupakanpenelitiankorelasional.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeridiKotaMalangdengansampelpenelitianadalahsiswakelasXMIA1diSMANegeri9MalangdansiswakelasXMIA3diSMANegeri2MalangsemesterganjilTahunPelajaran2014/2015.Datahasilpenelitianyaituminatbacadidapatkandenganmenggunakanangketminatbacasedangkanketerampilanberpikirkritisdenganmenggunakantesessay.Keterlaksanaansintaksdilihatberdasarkanlembarketeraksanaandanujikonsistensi.Analisisdatadilakukandengananalisiskorelasiregresisederhanapadahasilpretespostes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakterdapathubunganantaraminatbacadanketerampilanberpikirkritispadaRemapGImaupunpadaRemapJigsaw.Hasilpenelitianinitidaksejalandenganhasil-hasilpenelitiansebelumnya.Perbedaanhasilpenelitianinidenganhasilpenelitiansebelumnyadapatterjadiberkaitandengan(1)alatukurpenelitian(2)sampelpenelitiandan(3)teknikanalisisdata.Tidakadanyahubunganantaraminatbacadanketerampilanberpikirkritisdalampenelitianinidapatdisebabkansalahsatunyaolehpenggunaaninventoriyangtidakselaluefektif.Meskipundemikianminatbacadanketerampilanberpikirkritistetapharusdiberdayakandalamduniapendidikanmengingatpentingnyaminatbacadanketerampilanberpikirkritissiswa