Hubungan antara minat baca terhadap keterampilan-keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran biologi berbasis reading concept map GI dan reading concept pap jigsaw pada kelas X SMA Negeri di Kota Malang / Mistianah
Main Author: | Mistianah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60251/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMistianah.2015.HubunganantaraMinatBacaterhadapKeterampilanBerpikirKritispadaPembelajaranBiologiBerbasisReadingConceptMapGIdanReadingConceptMapJigsawKelasXSMANegeridiKotaMalang.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AD.CorebimaM.Pd(II)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.Pd.KataKunciminatbacaketerampilanberpikirkritisReadingConceptMapGroupInvestigation(GI)ReadingConceptMapJigsawMinatbacaeratkaitannyadenganketerampilanberpikirkritissiswa.Berkenaanhubunganantaraminatbacadanketerampilanberpikirkritisbelumadakajianyangmembandingkanhubungankeduavariabelpadapembelajaranbiologidenganmodelpembelajaranyangberbeda.ModelpembelajaranyangdigunakanpadapenelitianiniadalahmodelpembelajaranReadingConceptMapGIdanReadingConceptMapJigsaw.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenganalisis1)hubunganminatbacaterhadapketerampilanberpikirkritispadapenerapanpembelajaranReadingConceptMapGIpadakelasXSMAdiKotaMalang2)hubunganminatbacaterhadapketerampilanberpikirkritispadapenerapanpembelajaranReadingConceptMapJigsawpadakelasXSMAdiKotaMalangdan3)perbedaanpersamaanregresiantaraminatbacaterhadapketerampilanberpikirkritispadapenerapanpembelajaranReadingConceptMapGIdanpembelajaranReadingConceptMapJigsawpadakelasXSMAdiKotaMalang.Penelitianinimerupakanpenelitiankorelasional.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeridiKotaMalangdengansampelpenelitianadalahsiswakelasXMIA1diSMANegeri9MalangdansiswakelasXMIA3diSMANegeri2MalangsemesterganjilTahunPelajaran2014/2015.Datahasilpenelitianyaituminatbacadidapatkandenganmenggunakanangketminatbacasedangkanketerampilanberpikirkritisdenganmenggunakantesessay.Keterlaksanaansintaksdilihatberdasarkanlembarketeraksanaandanujikonsistensi.Analisisdatadilakukandengananalisiskorelasiregresisederhanapadahasilpretespostes.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakterdapathubunganantaraminatbacadanketerampilanberpikirkritispadaRemapGImaupunpadaRemapJigsaw.Hasilpenelitianinitidaksejalandenganhasil-hasilpenelitiansebelumnya.Perbedaanhasilpenelitianinidenganhasilpenelitiansebelumnyadapatterjadiberkaitandengan(1)alatukurpenelitian(2)sampelpenelitiandan(3)teknikanalisisdata.Tidakadanyahubunganantaraminatbacadanketerampilanberpikirkritisdalampenelitianinidapatdisebabkansalahsatunyaolehpenggunaaninventoriyangtidakselaluefektif.Meskipundemikianminatbacadanketerampilanberpikirkritistetapharusdiberdayakandalamduniapendidikanmengingatpentingnyaminatbacadanketerampilanberpikirkritissiswa