Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram Vee terhadap model mental dan pemahaman konsep siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam / Ravika Endriyana Safitri
Main Author: | Safitri, Ravika Endriyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60226/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANSafitriRavikaEndriyana.2018.PengaruhPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanDiagramVeeTerhadapModelMentaldanPemahamanKonsepSiswadenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriLarutanPenyanggadanHidrolisisGaram.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.SuhadiIbnuM.APh.D.(2)Drs.IWayanDasnaM.SiM.EdPh.D.KataKunciInkuiriterbimbingInkuiriterbimbingberbantuandiagramveemodelmentalpemahamankonsepkemampuanawal.Pembelajarankimiamasihbanyakberfokuspadahasiltanpamemperhatikanprosesyangberlangsunghaliniterjadikarenamodelpembelajarankonstruktivisditerapkansekolahbelumsecaraoptimal.Ilmukimiamempelajarikonsepkonsepyangbersifatabstraksehinggabanyaksiswayangmerasakesulitandalammerepretansikandalambentukmakroskopikmikroskopikdansimbolikyangberhubungandenganmodelmentalsiswa.ModelmentalmerupakanrepresentasiideataugagasanseorangsiswayangdapatdigunakanuntukmenggambarkanmenjelaskandanmemprediksisuatufenomenakimiaIlmukimiaakanmembangunmentalsiswamelaluiprosespengamatanpenafsiranpenjelasanimaginasidanpemahamanilmiah.Modelmentalakanmempengaruhistrukturkognitifdanpemahamankonsepsiswa.Modelmentalinipentingdalampembentukanpemahamankonsepsiswakarenaideataugagasanyangdituliskansiswaakanmenggambarkanpemahamansiswadalammengaitkankonsepkonseptentangpermasalahankimiayangdiberikan.Padapenelitianinidigunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuandiagramveeuntukmeningkatkanmodelmentaldanpemahamankonsepsiswapadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Penelitianmenggunakanrancanganmixedmethodsexplanatorydimanadilakukanpenelitiansecarakuantitatifdengantesmodelmentaldanpemahamankonsepsiswakemudianakandidukungdengandatakualitatifberupawawancara.Penelitianinidilakukandenganrancanganpost-testonlycontrolgroupdesign.SubyekpenelitiasiswakelasXIsalahsatuSMANegeridiPandaandenganteknikconveniencesampling.Penelitianinimenggunakanduakelasyangterdiridarikelaskontroldaneksperimen.Penelitianinimenggunakaninstrumenperlakuandanpengukuran.Penelitianinimenggunakaninkuiriterbimbingyangdipadukandengandiagramveeyangdapatmemadukansisipraktikdansisikonseptualsehinggamodelmentaldanpemahamankonsepsiswamenjadiutuh.Siswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuandiagramveememilikinilairataratamodelmentalsiswayanglebihbesarjikadibandingkandengansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Penelitianinidilakukansebanyak6kalipertemuanuntukmaterihidrolisisgaramdanlarutanpenyanggadenganmenggunakaninstumenpembelajaranberupasilabusRPPdanLKS.Nilairealibilitas(r)dengancronbachalpha0814dan0817.DatamodelmentaldiperolehdarijawabantertulissiswaterhadaptesmodelmentalyangdikatagorikansesuairubrikKurnazdantespemahamankonsep.DatakeseluruhandianalisisdenganmenggunakanANACOVApadatarafsignifikansi95%(61537005).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanmodelmentalsiswaterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaramditinjaudarikemampuanawalyangberbeda.(2)terdapatperbedaanpemahamankonsepsiswaterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaramditinjaudarikemampuanawalyangberbeda.(3)terdapatperbedaanmodelmentalsiswayangdibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingberbantuandiagramveeterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram(4)terdapatperbedaanpemahamankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelinkuiriterbimbingberbantuandiagramveeterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram(5)terdapatinteraksiantarakemampuanawaldenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuandiagramveeterhadapmodelmentalsiswaterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram(6)terdapatinteraksiantarakemampuanawaldenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuandiagramveeterhadappemahamankonsepsiswaterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram(7)terdapathubunganantaramodelmentaldanpemahamankonsepsiswayangdibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuandiagramveedaninkuiriterbimbingterkaitmaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.