Hubungan antara kemampuan berargumentasi dan pemahaman konsep siswa SMA dalam konteks socioscientific issues larutan penyangga dan hidrolisis garam / Elvi Nur Lailatus Sa'adah
Main Author: | Sa'adah, Elvi Nur Lailatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60224/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANSaadahElviN.L.2018.HubunganantaraKemampuanBerargumentasidanPemahamanKonsepSiswaSMAdalamKonteksSocioscientificIssuesLarutanPenyanggadanHidrolisisGaram.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(II)Dr.FauziatulFajaroh.M.S.KataKuncipemahamankonsepketerampilanberargumentasilarutanpenyanggahidrolisisgaramLiterasisainsberhubungandenganbagaimanasiswamampumenggunakankemampuanberpikirsecarailmiahdanmenggunakanpengetahuansertaprosessainsdalammemahamisuatufenomenasehinggamampumengambilkeputusanuntukmemecahkanmasalah.Duaaspekyangmenyokongliterasisainsadalahpemahamankonsepdanketerampilanberargumentasisiswaterhadapmaterisains.Denganmengembangkanketerampilanberargumentasimelaluipembelajarankimiadiharapkansiswadapatmemahamidanmengevaluasipenjelasanilmiahyangmunculdimediamassa.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanprofilpemahamankonsepsiswaSMAdiMalangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram2)mendeskripsikankualitasargumentasisiswaSMAdiMalangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram3)mengujihubunganpemahamankonsepdanketerampilanberargumentasisiswaSMAdiMalangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansurvei.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIMIPASMANegeridiMalangpadatahunajaran2017/2018.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenteskonsepdanketerampilanberargumentasi.Teskonsepterdiridari35soalpilihangandadenganreliabilitas0901.Sedangkantesketerampilanberargumentasiterdiridari5soaluraiandenganreliabilitas0608.Penentuankualitasargumensiswadianalisisdengancarainter-raterreliabilitydenganmenggunakanujiKappadandiperolehpersentasecodingagreementsebesar0858dengankategorireliabilitassangattinggi.UjikorelasiantarapemahamankonsepdenganketerampilanberargumentasimenggunakanPearsonCorrelationdenganbantuanSPSS23Windows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)rata-ratajumlahsoalkonsepyangdijawabbenarolehsiswaadalah16dari35soalyangdisajikan2)kualitasketerampilanberargumentasisiswahanyamencapailevel1sampai3dan3)terdapathubungankuatantarapemahamankonsepdenganketerampilanberargumentasisiswaakantetapiantarvariabeltidaksalingmempengaruhi.