Hubungan antara kemampuan berargumentasi dan pemahaman konsep siswa SMA dalam konteks socioscientific issues larutan penyangga dan hidrolisis garam / Elvi Nur Lailatus Sa'adah

Main Author: Sa'adah, Elvi Nur Lailatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60224/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANSaadahElviN.L.2018.HubunganantaraKemampuanBerargumentasidanPemahamanKonsepSiswaSMAdalamKonteksSocioscientificIssuesLarutanPenyanggadanHidrolisisGaram.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(II)Dr.FauziatulFajaroh.M.S.KataKuncipemahamankonsepketerampilanberargumentasilarutanpenyanggahidrolisisgaramLiterasisainsberhubungandenganbagaimanasiswamampumenggunakankemampuanberpikirsecarailmiahdanmenggunakanpengetahuansertaprosessainsdalammemahamisuatufenomenasehinggamampumengambilkeputusanuntukmemecahkanmasalah.Duaaspekyangmenyokongliterasisainsadalahpemahamankonsepdanketerampilanberargumentasisiswaterhadapmaterisains.Denganmengembangkanketerampilanberargumentasimelaluipembelajarankimiadiharapkansiswadapatmemahamidanmengevaluasipenjelasanilmiahyangmunculdimediamassa.Penelitianinibertujuanuntuk1)mendeskripsikanprofilpemahamankonsepsiswaSMAdiMalangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram2)mendeskripsikankualitasargumentasisiswaSMAdiMalangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram3)mengujihubunganpemahamankonsepdanketerampilanberargumentasisiswaSMAdiMalangpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiansurvei.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXIMIPASMANegeridiMalangpadatahunajaran2017/2018.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahinstrumenteskonsepdanketerampilanberargumentasi.Teskonsepterdiridari35soalpilihangandadenganreliabilitas0901.Sedangkantesketerampilanberargumentasiterdiridari5soaluraiandenganreliabilitas0608.Penentuankualitasargumensiswadianalisisdengancarainter-raterreliabilitydenganmenggunakanujiKappadandiperolehpersentasecodingagreementsebesar0858dengankategorireliabilitassangattinggi.UjikorelasiantarapemahamankonsepdenganketerampilanberargumentasimenggunakanPearsonCorrelationdenganbantuanSPSS23Windows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)rata-ratajumlahsoalkonsepyangdijawabbenarolehsiswaadalah16dari35soalyangdisajikan2)kualitasketerampilanberargumentasisiswahanyamencapailevel1sampai3dan3)terdapathubungankuatantarapemahamankonsepdenganketerampilanberargumentasisiswaakantetapiantarvariabeltidaksalingmempengaruhi.