Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis multi representasi terhadap peningkatan pengetahuan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat koligatif larutan / Yezhi Prisvitasari

Main Author: Prisvitasari, Yezhi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60223/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANPrisvitasariYezhi.2018.EfektivitasPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbasisMultiRepresentasiterhadapPeningkatanPengetahuanMetakognitifdanKemampuanBerpikirKritisSiswapadaMateriSifatKoligatifLarutan.TesisProgramstudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.EndangBudiasihM.S.(II)Dr.H.YudhiUtomoM.Si.KataKunciinkuiriterbimbingmultirepresentasipengetahuanmetakognitifkemampuanberpikirkritissifatkoligatiflarutan.Konseppadamaterisifatkoligatiflarutanbersifatkonseptualdanalgoritmik.Pemahamankonseptualdanalgoritmiktersebutdiinterpretasikanberdasarkantigadomainrepresentasiyaknimakroskopissubmikroskopisdansimbolik.SiswaSMAmengalamikesulitandalammengaitkanketigadomainrepresentasikimia.Siswaumumnyamemahamifenomenakimiapadalevelmakroskopikdandapatdiinterpretasikanpadalevelsimboliknamunsiswaseringkalitidakdapatmenghubungkankedualeveltersebutdenganlevelsubmikroskopik.ProsespembelajaransifatkoligatiflarutandiSMAlebihbanyakdilakukandenganpendekatankonvensionalatauberpusatpadagurudankurangmemunculkanketigadomainrepresentasi.Pembelajarankimiayangtidakditunjangdenganpemahamanpadarepresentasisubmikroskopikakanmenimbulkanbanyaksiswamengalamikesulitanbelajardanmemahamikonsep.Kesulitanbelajarsiswadalammempelajarimaterisifatkoligatiflarutandiharapkandapatdiatasidenganmenerapkanpembelajaranberbasiskonstruktivistikyaknipembelajaraninkuiriterbimbingberbasismultirepresentasi.Padaprosespembelajaransiswaaktifmembangunkonsepdanmenghubungkanketigalevelrepresentasikimiayangterdapatpadasub-materitersebut.Upayamemfasilitasisiswauntukmengaitkanpemahamankognitifmengenairepresentasimakroskopissubmikroskopisdansimboliksecarasadaryaitudenganmelibatkanmetakognisikedalamprosespembelajaran.Keterlibatanaktifitasmetakognitifdapatmeningkatkancapaianbelajarkognitifdanmerupakanfaktorpentingdalamperkembangankemampuanberpikirkritis.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)Untukmengetahuiadatidaknyaperbedaanpengetahuanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbasismultirepresentasidenganmetodepembelajarankonvensionalberbasismultirepresentasipadamaterisifatkoligatiflarutan(2)Untukmengetahuiefektivitasmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbasismultirepresentasidalammeningkatkanpengetahuanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissiswapadamaterisifatkoligatiflarutan.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganpenelitiankuantitatifeksperimentalsemudenganpretesdanpostesdalamduakelompok(quasiexperimentalpretest-posttest).PopulasipenelitianadalahsemuasiswakelasXIIMIPASMAN1Trenggalek.PengambilansampelditentukandenganteknikclusterrandomsamplingdanterpilihduakelasyaitukelasXIIMIPA6sebagaikelasekperimen(kelasyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranviinkuiriterbimbingberbasismultirepresentasi)yangberjumlah32siswadankelasXIIMIPA7sebagaikelaskontrol(kelasyangdibelajarkandenganmetodepembelajarankonvensionalberbasismultirepresentasi)yangberjumlah32siswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanmeliputiinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Instrumenperlakuanterdiridari(1)Silabus(2)RPP(3)LKSsedangkaninstrumenpengukuranterdiridari(1)Tespengetahuanmetakognitifyangmemilikivalidasiisi9333%dengankriteriasangatbaikdankoefisienreliabilitasAlphaCronbach0734dengankategoritinggi(2)Teskemampuanberpikirkritisyangmemilikivalidasiisi8999%dengankriteriasangatbaikdankoefisienreliabilitasAlphaCronbach0656dengankategoritinggi.AnalisisdatayangdigunakanialananalisisANCOVAsatujaluruntukmengujiapakahadaperbedaanpengetahuanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbasismultirepresentasidenganmetodepembelajarankonvensionalberbasismultirepresentasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Adaperbedaanpengetahuanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbasismultirepresentasidengansiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalberbasismultirepresentasipadamaterisifatkoligatiflarutan.Halinidapatditunjukkandarinilaipretespengetahuanmetakognitifdankemampuanberpikirkritiskeduakelassamanamunnilaipostesberbeda.Nilaipostespengetahuanmetakognitifsiswapadakelaseksperimen(8378)lebihtinggidibandingkankelaskontrol(7960)dannilaiposteskemampuanberpikirkritissiswapadakelaseksperimen(8506)lebihtinggidibandingkankelaskontrol(7950).(2)Modelpembelajaraninkuiriterbimbingberbasismultirepresentasiefektifuntukmeningkatkanpengetahuanmetakognitifdankemampuanberpikirkritissiswapadamaterisifatkoligatiflarutan.Haliniditunjukkandarirata-ratanilaiposteskelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontroljumlahsiswayangnilaipostesnyalebihdariKKMpadakelaseksperimen(27dari32siswa)lebihbanyakdibandingkankelaskontrol(22dari32siswa)nilairata-ratagainscorekelaseksperimen(2230)lebihtinggidibandingkankelaskontrol(1743)danrata-ratapersentasenilailatihansoalLKSkelaseksperimen(8882%)lebihtinggidibandingkankelaskontrol(8301%).