Pengaruh penggunaan analogi model FAR (Focus, Action, Reflection) dalam pendekatan pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry-Leanring) terhadap pemahaman konsep siswa dengan kemampuan berpikir ilmiah berbeda pada materi laju reaksi / Musya'idah
Main Author: | Musya'idah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60186/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANMusyaidah.2017.PengaruhPenggunaanAnalogiModelFAR(FocusActionReflection)dalamPendekatanPembelajaranPOGIL(ProcessOrientedGuidedInquiryLearning)terhadapPemahamanKonsepSiswadenganKemampuanBerpikirIlmiahBerbedapadaMateriLajuReaksi.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.EffendyM.Pd.Ph.D.(II)Dr.AmanSantosoM.Si.KatakuncianalogimodelFARpendekatanpembelajaranPOGILpemahamankonsepKemampuanBerpikirIlmiahLajuReaksi.LajuReaksimerupakansalahsatutopikyangdiajarkanpadasiswakelasXISMKTeknikKimia.MateriLajuReaksimencakupkonsepabstrakperhitunganmatematisdangrafiksertamelibatkanrepresentasimakroskopiksubmikroskopikdansimbolik.UntukmempelajarimateriLajuReaksidibutuhkankemampuanberpikirilmiah(KBI)yangmemadai.NamunhasilpenelitianmelaporkanadanyaketerlambatanperkembanganKBIpadasebagianbesarsiswa.SebagaiakibatnyamateriLajuReaksiberpotensimenjadimateriyangsulitbagisiswayangmempelajarinya.OlehkarenaituperludipilihpendekatanpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikmaterilajureaksitersebutdenganmemperhatikanKBIsiswasehinggamemudahkansiswadalammemahamimateriLajuReaksi.ProcessOrientedGuidedInquiryLearning(POGIL)merupakanpendekatanpembelajarankolaboratifantarainkuiriterbimbingdansiklusbelajar3faseyangdiharapkanmemenuhikriteriatersebut.PersoalannyapendekatanpembelajaranPOGILmasihmemilikikelemahanterutamauntukmengajarkanmateriyangyangbersifatabstrak.Materiyangbersifatabstrakinidapatdikonkritkandenganmenggunakanmodel.Namunpenggunaanmodeliniseringkalitidakmencukupikarenaituperludibantudengananalogi.AnalogimodelFocusActionReflection(FAR)merupakansalahsatuanalogiyangmelibatkansiswadalammemetakanfiturantaraanalogdantargetsehinggasiswadiharapkanmemahamipersamaandanperbedaanantaraanalogdantargetdanpadaakhirnyasiswamenyadaribahwaanalogbukanlahkonseptarget.PenggunaananalogimodelFARdalampendekatanpembelajaranPOGILdiharapkandapatmempermudahsiswamemahamimateriLajuReaksisehinggasiswamemperolehhasilbelajaryangtinggi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILdenganbantuananalogimodelFARdansiswayangdibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILtanpabantuananalogimodelFARpadamateriLajuReaksidan(2)mengetahuiadaatautidaknyainteraksiantarapendekatanpembelajarandanKBIterhadaphasilbelajarsiswaPenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasyexperimental)denganrancanganfaktorial2x2.Subjekpenelitianterdiridariempatkelashomogen.Duakelasyangterdiridari65siswadibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILdenganbantuananalogimodelFAR.Duakelasyanglainyangterdiridari65siswadibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILtanpabantuananalogimodelFAR.DatapenelitianadalahviiiskortesKBIsiswaskorpretestdanskorhasilbelajarsiswapadatespemahamankonsepmateriLajuReaksi.SkortesKBIdikumpulkanmenggunakaninstrumenyangdikembangkanolehLawson.Tesiniterdiridari24butirsoalyangtelahditerjemahkandalambahasaIndonesiaolehRisaAsnawi.TesinimemilikikoefisienreliabilitasdiukurmenggunakanrumusCronbachsAlphasebesar079.Skorteshasilbelajarsiswadikumpulkanmenggunakantespemahamankonsepyangdikembangkanpeneliti.Tesiniberbentuktwotierdanterdiridari25soal.Tesinimemilikivaliditasisisebesar986%dankoefisienreliabilitasdiukurdenganCronbachsAlphasebesar092.Skorhasilbelajardariduakelompoksiswadianalisisdengananalisisvarianduajalur(Twowayanova).Hasilpenelitianadalahsebagaiberikut.PertamaAdaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILberbantuananalogimodelFARdenganhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILtanpabantuananalogimodelFARpadamateriLajuReaksi.SiswayangdibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILberbantuananalogimodelFARmemperolehhasilbelajarlebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandenganpendekatanpembelajaranPOGILtanpabantuananalogimodelFAR.KeduatidakadainteraksiantarapendekatanpembelajarandanKBIterhadaphasilbelajarsiswa.