Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses ilmiah pada materi larutan penyangga / Kartika
Main Author: | Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60180/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKartika.2017.PengaruhPendekatanInkuiriTerbimbingdanVerifikasiterhadapHasilBelajarKognitifdanKeterampilanProsesIlmiahpadaMateriLarutanPenyangga.Tesis.JurusanPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.EffendyM.PdPh.D.(2)Dr.H.YahminS.Pd.M.Si.KatakunciinkuiriterbimbingverifikasibermaknahasilbelajarkognitifketerampilanprosesilmiahkemampuanberpikirilmiahLarutanPenyanggamerupakansalahsatumaterikimiayangdianggapsulitolehsiswa.SiswadapatmemahamikonsepLarutanPenyanggaapabilasiswamemilikikemampuanberpikirilmiah(KBI)yangtinggi.Hasil-hasilpenelitianmenunjukkanbahwabelumsemuasiswaSMAmencapaiKBIyangtinggi.HalinimenyebabkansiswacenderungmengalamikesulitandalammemahamikonsepLarutanPenyangga.KesulitansiswamemahamikonsepLarutanPenyanggadapatmenyebabkanhasilbelajarkognitifsiswarendah.PembelajaranmateriLarutanPenyanggaselamainicenderungmenggunakanpendekatanverifikasi.Pendekataniniberpusatpadaguru.Semuakonsepdijelaskanolehgurukemudiandilanjutkandenganpraktikumuntukmemverifikasikonsepyangtelahdipelajari.PendekataninicenderungtidakmelibatkansiswadalammembangunkonsepdantidakefektifuntukmengembangkanKBIsehinggadapatdianggapsebagaipembelajaranyangkurangbermakna.Halinimengundangpemikiranpenelitiuntukmenjadikanverifikasimenjadipembelajaranyangbermakna.PendekatanverifikasitampaknyadapatdilakukansecarabermaknaapabilasiswadioptimalkandalammenggunakanKBInyadengancaramenambahkanbeberapalangkahpembelajaran.Pembelajaranverifikasimeliputitigalangkahyaitupenjelasanatauinformasiverifikasidankesimpulan.Penambahanlangkahorientasidiskusiaplikasidanrefleksidiharapkandapatmenjadikanpembelajaranverifikasimenjadilebihbermakna.PendekatanyangselamainidiyakinidapatmengembangkanKBIsiswaadalahinkuiriterbimbing.Inkuiriterbimbingterdiriataslangkah-langkahyangmemungkinkansiswalebihberperanaktifdalampembelajaransehinggamendukungsiswamengembangkanKBI.Selainsiswaharusmemahamikonsepsiswajugahendaknyamemilikiketerampilanprosesilmiahyangbaik.Ketikamenerapkanketerampilanprosesilmiahsiswaakanmengoperasikankemampuanberpikirilmiah.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)perkembanganKBIsiswa(2)perbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakaninkuiriterbimbingdanverifikasibermakna(3)hubunganKBIdenganhasilbelajarkognitifdan(4)hubunganKBIdenganketerampilanprosesilmiah.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudenganrancanganfaktorial2x2.SubjekpenelitianadalahsiswakelasKimiaAnalisis-1danKimiaAnalisis-3SMKN7Malang.Sampelpenelitianmerupakanpasangansiswadengankemampuanberpikirilmiahyangsamadariduakelas.BerdasarkanhasiltesKBIdiperoleh24pasangansiswa.KBIdiukurmenggunakantesberpikirilmiah.TesinihasilterjemahandariClassroomTestofScientificReasoning(CTSR)yangdikembangkanolehLawson.Tesiniberbentukpilihangandaterdiridari24itemdengankoefisienreliabilitassebesar074.Hasilbelajarkognitifsiswadiukurmenggunakansoalpilihangandaduatingkatsebanyak16item.Tesinimemilikivaliditasisisebesar96%dengankoefisienreliabilitassebesar055.DatahasilpenelitiandianalisisdenganujistatistikANOVAsatujalurdanujikorelasiProductMoment.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Sebanyak88%siswaprogramKimiaAnalisismasihberadapadatingkatkemampuanberpikirconcretedan12%beradapadatingkatkemampuanberpikirlowformal(2)AdaperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganpendekataninkuiriterbimbingdanverifikasibermaknapadamateriLarutanPenyangga(3)Kemampuanberpikirilmiahberkorelasirendahdenganhasilbelajarkognitifsiswadengankoefisienkorelasisebesar039yangartinyakontribusikemampuanberpikirilmiahterhadaphasilbelajarkognitifsebesar15%(4)Kemampuanberpikirilmiahberkorelasisedangdenganketerampilanprosesilmiahsiswadengankoefisienkorelasisebesar059yangartinyakontribusikemampuanberpikirilmiahterhadapketerampilanprosesilmiahsebesar35%.