Pengaruh pembelajaran learning cycle 5E-scaffolding pada materi senyawa hidrokarbon terhadap hasil belajar kognitif siswa dan motivasi dengan kemampuan awal berbeda / Nurul Mawaridah

Main Author: Mawaridah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60179/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMawaridahNurul.2015.PengaruhPembelajaranLearningCycle5E-ScaffoldingpadaMateriSenyawaHidrokarbonterhadapHasilBelajarKognitifdanMotivasiBelajarditinjaudariKemampuanAwalBerbeda.TesisProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(2)Dra.SriRahayuM.EdPh.D.Kata-katakunciLearningCycle5EscaffoldinghasilbelajarkognitifmotivasibelajarSenyawaHidrokarbonmerupakansalahsatutopikdalammatapelajarankimiauntuksiswaSMAdanMAkelasXprogramIPA.Materiiniberisikonsepkonkritsepertikonseptentangfasezatdankonsepabstraksepertikonseptentangbentukmolekul.PembelajaranmateriSenyawaHidrokarbonmelibatkantigarepresentasiyaitumakroskopissubmikroskopisdansimbolik.Aspekmakroskopikberkaitandenganfenomenayangdapatdiamatisecaralangsung.Aspeksubmikroskopikberkaitandenganreaksi-reaksimolekulersenyawahidrokarbon.Aspeksimbolikberkaitandenganpenulisansecarasimbolikmolekul-molekulsenyawahidrokarbon.KemampuansiswadalammenghubungkantigarepresentasitersebutdiperlukanuntukmemahamimateriSenyawaHidrokarbonsecarautuh.NamunselamainipembelajaranmateriSenyawaHidrokarboncenderunghanyamelibatkanrepresentasimakroskopikdansimboliksaja.Pembelajaranyangtidakmelibatkanrepresentasisubmikroskopiktersebutberpotensiuntukmenimbulkankesulitansiswadalammemahamikonsep-konsepabstrakdalammateriSenyawaHidrokarbon.Akibatnyahasilbelajarkognitifsiswacenderungrendah.Hasilbelajarkognitifsiswajugadipengaruhiolehkemampuanawal.Siswayangmemilikikemampuanawaltinggicenderunglebihmudahmemahamidanmemecahkanmasalah-masalahyangkompleks.Selainitumotivasibelajarsiswayangrendahjugadapatmenghambatketercapaiantujuanpembelajarandanmengakibatkanrendahnyahasilbelajar.Salahsatupembelajaraninovatifyangdiharapkandapatdigunakanuntukmenghasilkanmotivasidanhasilbelajarkognitifyangtinggiadalahpembelajaranlearningcycle5E.Namunberdasarkanhasilpenelitian-penelitiansebelumnyapembelajarandenganlearningcycle5Ehanyamemberikanpengaruhpositifsekitar70%terhadaphasilbelajarsiswasehinggaperluditingkatkan.Salahsatuupayayangdiperkirakanmemberikanpengaruhyangoptimaladalahpenggunaanscaffolding.Scaffoldingmemberikesempatanbagiguruuntukmemfasilitasipembelajaransecaraterstrukturmelaluipemberianbantuan-bantuanyangbervariasi.Bantuan(Scaffolding)sangatdiperlukanuntukmenjadikanmaterisenyawahidrokarbonyangabstrakmenjadilebihkonkritdenganmenggunakanmediamolymood.SelainitudenganadanyaScaffoldingdiharapkandapatmenjadikansiswasemakinaktifdantermotivasidalampembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhpembelajaranLearningCycle5E-ScaffoldingdanpembelajaranLearningCycle5EtanpaScaffoldingterhadaphasilbelajarkognitifdanmotivasibelajarsiswaditinjaudarikemampuanawalberbeda.Penelitianinimenggunakanpre-test-post-testcontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXSMAAl-yasiniPasuruantahunpelajaran2013/2014denganduakelassampelyanghomogendandipilihdenganteknikClusterrandomsampling.SiswakelasX-G(32siswa)sebagaikelaskontroldibelajarkandenganLearningCycle5EtanpaScaffolding.SiswakelasX-H(32siswa)sebagaikelaseksperimendibelajarkandenganLearningCycle5E-Scaffolding.Instrumenpenelitianterdiridariinstrumenperlakuan(silabusRPPdanLKS)instrumentpengukuranhasilbelajarkognitifdanangketmotivasibelajar.Datayangdiperolehberupadatahasilbelajarkognitifdanmotivasibelajarsiswa.Datahasilbelajarkognitifdiperolehmelaluitespilihangandayangterdiridari23itemdenganvaliditasisisebesar907%dankoefisienreliabilitasdihitungdenganrumusKuderRichardson(KR20)sebesar083.DatamotivasibelajarsiswadiperolehmelaluiangketmotivasibelajaryangdisusunberdasarkanARCSyaituattention(perhatian)relevance(keterkaitan)confidence(keyakinandiri/percayadiri)dansatisfaction(kepuasan).Angketiniterdiridari36butiritemdengankoefisienreliabilitasyangdihitungdenganrumusKuderRichardson(KR20)sebesar0932.DatahasilbelajarkognitifdanmotivasibelajarsiswadianalisismenggunakanTwoWayAnovadandilanjutkandengant-testuntukmengetahuisejauhmanapengaruhpembelajaranLearningCycle5E-Scaffoldingterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)pembelajaranLearningCycle5E-ScaffoldingmemberikanhasilbelajarkognitifyanglebihtinggidibandingkanpembelajaranLearningCycle5EtanpaScaffolding2)hasilbelajarkognitifsiswaberkemampuanawaltinggilebihtinggidibandingkanhasilbelajarsiswaberkemampuanawalrendah3)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalsiswaterhadaphasilbelajarkognitifsiswa4)pembelajaranLearningCycle5E-ScaffoldingmemberikanmotivasibelajaryanglebihtinggidibandingkanpembelajaranLearningCycle5EtanpaScaffolding5)tidakadaperbedaanmotivasibelajarantarasiswaberkemampuanawaltinggidengansiswaberkemampuanawalrendah6)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalterhadapmotivasibelajarsiswa.