Efektivitas penggunaan media WA (WhatsApp) pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif dalam materi stoikiometri kelas X / Safi'isrofiyah
Main Author: | Safi'isrofiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60156/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIsrofiyahSafi.2017.EfektivitasPenggunaanMediaWA(WhatsApp)padaPembelajaranDenganModelProblemPosingterhadapMotivasidanHasilBelajarKognitifDalamMateriStoikiometriKelasX.TesisProdiS2.PendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.Hj.EndangBudiasihM.S(2)Dra.SurjaniWonoraharjoPh.DKata-katakunciStoikiometriProblemPosingWhatsAppMotivasiHasilBelajarKognitifMateristoikiometrimemilikikarakteristikperpaduankonsepdanalgoritmik.Halinimembuatsiswakurangbegitutertarikterhadapmateristoikiometri.Banyakkonsepyangharusdipelajarisiswadalammemahamimateristoikiometrisepertimaterimassaatomrelatif(Ar)danmassamolekulrelatif(Mr)persamaanreaksihukum-hukumdasarkimiakonsepmoldankadarzatsertaperhitungankimia.Pembelajaranyangmonotonmembuatsiswakurangtermotivasiuntukmempelajarimateristoikiometrilebihdalamsehinggaberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.HalinidibuktikandenganmasihbanyaksiswayangmendapatkannilaimateristoikiometridibawahKKM.Olehkarenaitusiswamembutuhkanmodelpembelajaranyangsesuaidengankarakteristikstoikiometri.ModelpembelajaranyangsesuaiadalahProblemPosing.ModelpembelajaranProblemPosingmenuntutsiswauntukmampumembuatsoalbesertajawabannya.AlokasiwaktupembelajarandikelasmasihkurangsehinggadigunakanmediajejaringsosialWhatsApp.MediaWhatsAppmemungkinkansebagaimediapembelajarandenganmembentukdiskusiantarasiswadengangurutanpaterhalangruangdanwaktu.IntegrasimodelpembelajaranProblemPosingmenggunakanWhatsApppadamateristoikiometridapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarkognitif.Rancanganpenelitianyangdigunakanuntukpenelitianiniadalaheksperimensemu(quasiexperiment)tipepost-testonlycontrolgroupdesignuntukhasilbelajarkognitifdantipepre-postcontrolgroupdesignuntukmotivasi.KelaseksperimendibelajarkandenganmodelProblemPosingberbantuanWhatsAppdankelaskontroldenganmodelProblemPosing.PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXSMANEGERI1PACIRANyangberjumlah223siswayangterbagidalam8kelas.SampeldiambilsecaraacakdaripopulasiyangrelatifsamakemampuannyakelasyangterpilihadalahkelasX-3sebagaikelaskontroldankelasX-4sebagaikelaseksperimen.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobservasiangketmotivasidansoalposttes.LembarobservasidigunakanuntukmengetahuiprosesketerlaksananpembelajaranmateristoikiometripadakelasPPdankelasPP-WA.Angketmotivasidigunakanuntukmengukurmotivasiawalsiswasebelumdiberiperlakuandanmotivasiakhirsiswasetelahdiberiperlakuan.SoalposttesdigunakanuntukmengukurhasilbelajarkognitifsiswasetelahrangkainmateriselesaidibelajarkanpadakelasPPdankelasPP-WA.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterlaksanaanpembelajaranpadamateristoikiometridenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemPosingberbantuanWhatsApplebihbaikdaripadamodelProblemPosing.Halinidapatdilihatdarinilairata-rataketerlaksanaanpembelajaranpadakelasPP-WAsebesar8724%sedangkankelasPPsebesar8203%.(2)terdapatperbedaanmotivasiantarakelasyangsiswanyadibelajarkandenganmodelProblemposingberbantukanWhatsAppdengankelasyangsiswanyadibelajarkandenganmodelProblemPosing.Nilairata-rataskormotivasiakhirpadasiswayangdibelajarkandenganmodelProblemPosingberbantuanWhatsApp(kelaseksperimen)adalah7967dannilairata-rataskormotivasiakhirpadasiswayangdibelajarkandenganProblemPosing(kelaskontrol)adalah7389.(3)TerdapatperbedaanhasilkognitifpadasiswayangdibelajarkandenganmodelProblemPosingberbantukanWhatsAppdenganhasilkognitifpadasiswayangdibelajarkandenganmodelProblemPosing.Nilairata-ratahasilbelajarkognitifpadasiswayangdibelajarkandenganmodelProblemPosingberbantukanWhatsApp(kelaseksperimen)adalah7925dannilairata-ratahasilbelajarkognitifpadasiswayangdibelajarkandenganProblemPosing(kelaskontrol)adalah7174.